Apps4God

Submitted by admin on Fri, 04/22/2016 - 12:00

Kita dengan cepat telah berpindah ke era digital, dan sebagai pelayan pemuda dan tim-tim kepemimpinan, kita terus-menerus membuat keputusan yang sadar dan tidak sadar tentang teknologi yang kita gunakan dalam pelayanan pemuda kita. Beberapa masalah terkini termasuk:

Apakah kita harus membuatnya lebih mudah bagi orang-orang untuk mengakses firman Allah dengan menghapus Alkitab fisik dan meletakkan teks pada layar.

Bagaimana kita terlibat dengan pemuda di sepanjang minggu melalui media sosial, mempromosikan acara-acara yang akan diadakan, dan menantang pemuda untuk terus memikirkan apa yang telah mereka pelajari dalam kelompok pemuda.

Setiap kali teknologi baru datang, orang Kristen harus menyadari kemungkinan yang ditawarkannya untuk mengembangkan kerajaan Allah, selain menyadari setiap ancaman yang mungkin dimunculkannya.

Keuntungan Memiliki Alkitab pada Perangkat Digital

Ketika saatnya tiba untuk membaca Alkitab melalui ponsel dan tablet, kita perlu mengingat prinsip bahwa segala sesuatu diperbolehkan, tetapi bukan semuanya berguna. Tentu saja diperbolehkan untuk membaca Alkitab dari perangkat elektronik portabel, tetapi apakah itu menguntungkan dalam pengaturan kelompok?

Ada sejumlah situasi ketika Alkitab digital menjadi sebuah pengembangan atas teks yang dicetak:

  • Alkitab digital dengan cepat memberikan akses pribadi pada Alkitab kepada siapa pun
  • Lebih murah mengunduh daripada membeli sebuah Alkitab fisik, bahkan sering kali gratis
  • Alkitab digital sangat mudah dibawa ke mana-mana, dapat dibawa dalam saku Anda, yang tentunya sangat berguna ketika bepergian
  • Alkitab digital dapat dibaca dalam gelap
  • Keuntungan multibahasa membuka kesempatan untuk mempelajari firman Allah bersama orang-orang dari latar belakang bahasa yang berbeda
  • Orang-orang dalam kelompok dapat memastikan bahwa mereka membaca dari terjemahan yang sama (meskipun hal ini menjadi masalah dalam pengaturan yang masih digunakan NIV84 karena versi ini tidak lagi tersedia dalam bentuk digital)

Mengapa Kita Menggunakan Alkitab Kertas dalam Kelompok Pemuda Kita?

Meskipun ada keuntungan dengan versi digital, apakah berguna jika membiarkan pemuda membaca versi digital dalam kelompok pemuda? Kebijaksanaan rohani selalu dibutuhkan dalam membuat keputusan seperti ini, dan jawaban dari berbagai kelompok tentu berbeda-beda tergantung pada keadaan pribadi. Tim kepemimpinan pemuda kami sangat membantu para pemuda untuk berelasi dengan firman Allah -- tetapi bagaimana dengan pencapaian yang terbaik dalam suatu pengaturan kelompok? Yang mendorong kami adalah keinginan untuk melihat para pemuda tidak hanya membaca Alkitab, tetapi selalu terkait dengan Alkitab untuk memahaminya, dan menerapkannya dalam kehidupan mereka.

Akibatnya, ada sejumlah alasan mengapa tim kepemimpinan pemuda kami telah memutuskan bahwa menggunakan Alkitab cetak untuk membaca, berkhotbah, dan diskusi kelompok lebih berguna:

  • Kami telah mendapati bahwa remaja begitu mudah terganggu ketika perangkat mereka menyala, tergoda untuk memainkan berbagai aplikasi dan tidak fokus pada firman Tuhan.
  • Seorang remaja yang terganggu karena melihat aplikasi lain kemudian juga akan menciptakan gangguan bagi para pemuda di sekitarnya.
  • Ketika seseorang menjadi Kristen atau meminta Alkitab, kami memberikan kepada mereka Alkitab cetak daripada mengatakan kepada mereka untuk mengunduh aplikasi Alkitab. Demikianlah, kami mendorong mereka untuk menggunakan Alkitab yang telah diberikan kepada mereka.
  • Kita tidak bisa berasumsi bahwa setiap orang memiliki perangkat elektronik portabel, sehingga dengan semua orang menggunakan Alkitab cetak tidak ada yang yang merasa tertinggal. Seorang jemaat atau pemuda yang baru bergabung, yang tidak membawa Alkitab mereka sendiri juga dapat menggunakan salah satu "Alkitab yang tersedia di bangku".
  • Alkitab cetak tidak akan memiliki masalah kehabisan baterai.
  • Kami sengaja ingin mengajarkan generasi muda kami untuk terbiasa dengan Alkitab, termasuk mengetahui urutan kitab-kitab dan di mana pasal-pasal berada, baik dalam konteks kitabnya maupun dalam keseluruhan Alkitab.

Memutuskan Apa yang Terbaik untuk Kelompok Pemuda Anda

Sebagai pemimpin, kamis semua secara teratur menggunakan Alkitab versi digital dan cetak, jadi kami tidak menentang penggunaaan teknologi baru seperti ini. Namun, dalam terang keinginan utama kami untuk melakukan semua yang kami bisa untuk mendorong para pemuda, dalam kepedulian kami, untuk mengenal Allah melalui keterlibatan dengan Firman-Nya, kami telah memutuskan bahwa paling tidak untuk saat ini, kami akan terus menggunakan Alkitab cetak dalam kelompok pemuda. Kami percaya, itu merupakan cara yang paling berguna bagi remaja kami untuk terkait firman Tuhan.

Sementara saya mengerti mungkin ada masalah kepraktisan yang perlu dipertimbangkan untuk kelompok pemuda yang lebih besar, saya akan sangat tertarik mendengarkan apa yang dilakukan orang lain dalam kelompok pemuda mereka. Apakah Anda mendorong orang untuk membawa Alkitab mereka sendiri? Memberi mereka Alkitab gereja? Memberi tahu mereka untuk mengunduh aplikasi Alkitab dan menggunakannya? Apa yang Anda lakukan dalam pengaturan kelompok pemuda Anda dan mengapa Anda memilih opsi itu? (t/N. Risanti)

Diterjemahkan dari:
Alamat situs: Youth Works
Alamat URL: https://www.youthworks.net/articles/why-we-still-use-a-printed-bible-at-youth-group
Judul asli artikel: Why we still use a printed bible at youth group
Penulis artikel: Donny Kwan
Tanggal akses: 15 April 2016