Apps4God

App-✞alk: Diskusi Statistik Teknologi Digital dari We Are Social Hootsuite

Submitted by admin on Tue, 09/19/2017 - 12:48
Komunitas Apps4God kembali melakukan diskusi. Diskusi kali ini membahas salah satu statistik teknologi digital yang dikeluarkan oleh We Are Social - Hootsuite yang membahas perkembangan status dunia digital secara global selama kuartal tiga (Q3) tahun 2017.

App-✞alks: Diskusi: Pelayanan Digital Melalui Media Video

Submitted by admin on Tue, 09/12/2017 - 20:55
Dari fakta di atas, kita disadarkan bahwa media video sudah dan akan menjadi media yang paling strategis untuk menjangkau orang-orang, terutama mereka para generasi digital native yang juga disebut generasi multimedia. Pertanyaannya, apakah kita, orang-orang percaya dan gereja sudah siap dan memperlengkapi diri untuk menciptakan video-video yang dapat dipakai untuk menjangkau mereka?

App-✞alks: Diskusi: Facebook sebagai Ladang Pelayanan Digital Terbesar

Submitted by admin on Fri, 08/25/2017 - 12:00
Beberapa waktu lalu diberitakan bahwa Facebook telah menghubungkan lebih dari 2 miliar pengguna di dunia. Dari angka tersebut, Indonesia adalah pasar penting bagi Facebook. Menurut data kuartal kedua 2017 (per Juli), jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai 115 juta pengguna. Melihat fakta ini, kita dapat melihat bahwa Facebook adalah ladang pelayanan digital yang besar dan strategis pada era digital ini. Tantangannya sekarang, bagaimana menggunakan kesempatan ini untuk menjangkau mereka?

App-✞alks: Diskusi: Hubungan Kita dengan Firman Tuhan dan Teknologi

Submitted by admin on Fri, 06/16/2017 - 12:00
Bagaimana hubungan orang percaya Indonesia dengan firman Tuhan saat ini? Apakah alat-alat teknologi menolong kita membaca dan mendalami firman Tuhan secara disiplin? Berikut ini adalah beberapa tanggapan dan pendapat dari anggota komunitas #Ayo_PA! terhadap isu tersebut.

App-✞alks: Diskusi Pemanfaatkan Big Data dalam Pelayanan

Submitted by admin on Fri, 05/26/2017 - 12:00
Kini, kita hidup di dunia dalam big data. Informasi dan aktivitas yang kita lakukan dalam sistem internet terekam menjadi rekaman pola perilaku kita, dan diolah menjadi informasi yang menolong pengambilan keputusan sesuai minat kita. Pemanfaatan big data di Indonesia, yang menonjol sejauh ini tampak pada bidang perdagangan elektronik (e-commerce). Namun, sebenarnya big data amat bisa dioptimalkan untuk memecahkan masalah dalam berbagai bidang lain, seperti: pertanian, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, tidak terkecuali dalam pelayanan dan gereja. Dengan dukungan data, pengambilan keputusan bisa lebih akurat dan berdasar, bukan sekadar kira-kira atau mengandalkan perasaan.

App-✞alks: Diskusi: Menyikapi Dukungan Pemerintah dalam Teknologi

Submitted by admin on Fri, 05/12/2017 - 12:00
Pada 8 Mei 2017, komunitas Apps4God membagikan sebuah posting dari halaman Facebook Presiden Joko Widodo yang berisi foto diri beliau bersama Bpk. B.J. Habibie. Dari posting ini, kita bisa melihat bahwa pemerintah makin melihat kepentingan teknologi. Pintu kesempatan terbuka lebar. Namun, bukan hanya untuk kepentingan pribadi, terlebih bagi kemuliaan Tuhan. Berikut ini adalah tanggapan yang diberikan oleh beberapa anggota komunitas Apps4God mengenai hal ini.

App-✞alks: Diskusi: Apakah Jemaat Baca Alkitab, Sebanyak Memeriksa Ponsel?

Submitted by admin on Fri, 03/17/2017 - 12:00
Dalam misa Minggu pertama pra-Paskah yang digelar di alun-alun St. Petrus, Vatikan, Paus Fransiskus mendorong umat Katolik untuk memperlakukan Alkitab mereka sebagaimana mereka memperlakukan ponsel yang selalu dibawa ke mana pun dan kerap diperiksa sepanjang hari. Kemudian, Paus mengajukan pertanyaan yang tak terduga kepada jemaat, “Apa yang akan terjadi kalau kita memperlakukan Alkitab sebagaimana kita memperlakukan ponsel kita? Kalau kita selalu membawa Alkitab, setidaknya Alkitab berukuran kecil, apa yang akan terjadi?”

App-✞alks: Diskusi untuk Menyiasati Dampak Negatif Teknologi

Submitted by admin on Wed, 03/15/2017 - 12:00
Kita percaya bahwa teknologi adalah baik dan bisa kita pakai untuk memuliakan Tuhan. Namun kita pun perlu menyadari bahwa teknologi pun bisa dipakai untuk berbuat dosa dan merugikan orang lain. Seperti halnya yang kini marak terjadi di Indonesia: penyebaran berita tidak benar (hoax), penipuan via online, dan munculnya berbagai kecanduan seperti kecanduan Game Online, Screen Addicted, Nomophobia, dan masih banyak lagi.