Apps4God

Submitted by admin on Tue, 09/27/2022 - 12:54

Dalam sepanjang sejarah manusia, Alkitab telah mendesak perkembangan teknologi baru untuk merekam dan membagikan naskah suci Alkitab. Berbagai macam teknologi mulai dari papirus, gulungan, dan mesin cetak telah menolong orang Kristen selama berabad-abad. Sekarang, dengan berbagai perangkat elektronik dan teknologi digital, kita memiliki perangkat lunak dan aplikasi Alkitab untuk menolong kita mengakses Kitab Suci.

Melihat bagaimana beragam teknologi inovatif pada masa kini sedang mengubah kehidupan kita sehari-hari melalui aplikasi mobile dan konektivitas internet, teknologi juga dapat diciptakan untuk berinteraksi secara lebih jauh dengan konten Alkitab. Lagi pula, sebagai orang Kristen kita meyakini bahwa Alkitab adalah firman Allah yang dinapasi oleh-Nya. Alkitab mengubahkan hidup secara lebih berkuasa dibandingkan apa pun yang lain.

Di mana kita dapat memperoleh pandangan sekilas tentang ke arah mana teknologi Alkitab sedang menuju? [Podcast Future.Bible] (https://future.bible) menghadirkan orang-orang dan organisasi-organisasi yang diinspirasi oleh Alkitab, yang membuat perbedaan di dunia digital di persimpangan antara Alkitab dan teknologi.

Berikut ini sorotan dari lima episode yang perlu kita simak:

#1 -- Mempercepat Penerjemahan Alkitab untuk Semua Orang

Mart Green dan Todd Peterson berbagi tentang masa depan penerjemahan Alkitab dan misi untuk memberikan akses terhadap firman Allah kepada semua orang pada 2023 melalui illumiNations.Bible. Aliansi ini mengumpulkan 12 organisasi Alkitab untuk berkolaborasi dan mempercepat pekerjaan penerjemahan Alkitab. Lebih dari 3.000 bahasa belum memiliki Alkitab dalam bahasa mereka. Dengarkan atau tonton [episode ini] (https://future.bible/mart-green-and-todd-peterson-talk-about-2033) untuk mendengar bagaimana hal ini dapat dicapai dalam 13 tahun serta bagaimana Anda dapat bergabung dalam pergerakan ini.

#2 -- Menjadikan Alkitab Lebih Nyata Melalui Realitas Virtual

Nils Smith (dari Sonterra Labs) berbicara tentang perkembangan terkait realitas virtual dan bagaimana Alkitab dapat dieksplorasi melaluinya. Terdapat beberapa pengalaman realitas virtual yang dirancang untuk membawa orang mengikuti tur untuk menjelajah negeri-negeri dalam Alkitab, termasuk salah satunya yang tersedia saat ini di Museum of the Bible di Washington DC. Dengarkan atau tonton [episode ini] (https://future.bible/016-2) untuk mempelajari bagaimana realitas virtual membuat dunia Alkitab menjadi hidup.

#3 -- Humanisasi Teknologi

Alkitab mengubahkan hidup secara lebih berkuasa dibandingkan apa pun yang lain.

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Pendeta digerati (istilah untuk merujuk kepada seseorang yang ahli atau memiliki keterlibatan profesional dalam dunia komputer dan teknologi - Red.) Terry Storch di Life.Church berbagi tentang inovasi dari aplikasi Alkitab YouVersion dan bagaimana itu telah menolong jutaan orang berinteraksi dengan Alkitab di seluruh dunia. Terry memberikan dorongan kepada gereja tentang menggunakan alat-alat masa kini untuk menjangkau orang-orang yang hidup pada masa kini dan menjadi pengelola teknologi yang baik. Terkait masa depan, Terry merenungkan tentang bagaimana teknologi menjadi makin seperti manusia sekarang ini. Anda perlu mendengarkan atau menonton [episode ini] (https://future.bible/010-2) untuk mendengar bagaimana teknologi makin menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari dan apa artinya bagi masa depan gereja.

#4 -- Melihat Wawasan Alkitab melalui Visualisasi Data

Teknologi-teknologi baru telah memungkinkan analisis terhadap data besar untuk menjadikan informasi yang kompleks lebih mudah dipahami, sekaligus menyingkapkan berbagai wawasan seputar perilaku manusia, tren bisnis, dan banyak aspek lain dari kehidupan pada abad ke-21. Teknologi-teknologi ini dapat diterapkan juga terhadap teks Alkitab.

Robert Rouse telah membawa visualisasi data interaktif kepada Alkitab melalui sejumlah proyek pribadi, termasuk pohon keluarga dalam Alkitab, memvisualkan perjalanan misi Paulus secara interaktif, dan masih banyak lagi. Tujuannya adalah untuk "mengumpulkan fakta-fakta seputar orang, tempat, periode, dan bagian dalam Alkitab, kemudian menyusunnya sedemikian rupa sehingga memungkinkan lebih banyak orang menciptakan beragam penerapan inovatif dan cara-cara kreatif untuk mengomunikasikan data-data cerita tersebut."

Dengarkan atau tonton [episode ini] (https://future.bible/022-2) bersama Robert Rouse dari Viz.Bible untuk mempelajari bagaimana teknologi-teknologi data terkini dapat menolong orang berinteraksi dengan Alkitab dengan cara yang baru dan interaktif.

#5 -- Mempersonalkan Perjalanan Rohani Kita

Sementara teknologi masa kini memungkinkan kita untuk mendistribusikan konten yang sama kepada banyak orang, teknologi juga dapat berinteraksi dengan pengguna secara kuat dengan menyesuaikan pengalaman personal berdasarkan preferensi dan perilaku.

Chris Davis (Direktur Pelayanan Digital di Back to the Bible) berbagi tentang bagaimana aplikasi Alkitab goTandem memberikan penilaian personal terhadap penggunanya, lalu mengadaptasikan suatu pengalaman Alkitab yang sesuai dengan mereka. Selain itu, Chris menjelaskan bagaimana Back to the Bible dan goTandem menyediakan aplikasi khusus gratis mereka untuk lebih dari 1.000 gereja.

Dengarkan atau tonton [episode ini] (https://future.bible/025-2) untuk mempelajari bagaimana Alkitab dapat dialami secara lebih personal melalui aplikasi mereka.

Membentuk Masa Depan Alkitab Bersama-sama

Anda perlu tetap terinformasi tentang bagaimana teknologi digital dapat digunakan secara bersamaan dengan Alkitab, dan barangkali, bahkan berpartisipasi dalam menciptakan masa depan melalui pengembangan aplikasi. Mari berlangganan dan mendengarkan podcast Future.Bible, tempat Anda dapat mendengarkan profil dari orang-orang dan organisasi-organisasi yang diinspirasi oleh Alkitab yang sedang membuat perubahan di dunia digital. Silakan ikuti dua musim episode yang penuh dengan berbagai kisah tentang inovasi, kemajuan, dan perubahan di dunia nyata di Future.Bible. (t/Odysius)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Church Tech Today
Alamat situs : https://churchtechtoday.com/future-technology-bible
Judul asli artikel : The Future of Technology and the Bible
Penulis artikel : DJ Chuang