Apps4God

Submitted by admin on Tue, 09/27/2022 - 12:59

Studi State of the Bible 2018 ("Kondisi Alkitab 2018" - Red.) dari Barna Group berfokus pada tujuh penemuan kunci terkait pandangan terhadap Alkitab dari orang Kristen Amerika. Yang sangat penting di dalamnya adalah penemuannya tentang penggunaan teknologi untuk membaca Alkitab. Pengamatan mengungkapkan empat cara kunci teknologi memengaruhi penggunaan Alkitab di tengah masyarakat Amerika pada masa kini.

Pengaruh 1: Penggunaan Internet untuk Mencari Konten Alkitab

Meski hampir 9 dari 10 pengguna Alkitab menikmati Alkitab cetak (89%), format-format lain makin meningkat kepentingannya. Sebagai contoh, cobalah bertanya kepada siapa pun yang berusia di bawah 30 tahun tentang apa itu konkordansi Alkitab. Beberapa orang masih mengingat jilid-jilid buku mirip buku telepon yang memuat daftar di bagian mana saja suatu kata digunakan dalam Alkitab itu.

Pada masa kini, kebanyakan orang yang ingin mencari suatu istilah atau frasa dapat lebih mudah menemukannya dengan mengetikkan beberapa kata ke dalam mesin pencarian Google atau ke dalam situs Alkitab seperti BibleGateway.com. Ditambah lagi, pencarian kompleks dengan menggunakan alat seperti perangkat lunak Logos Bible menyediakan penelitian komparatif dengan banyak versi bahasa Inggris, bahasa lain, serta kata dalam bahasa Yunani dan Ibrani untuk penyelidikan yang lebih dalam.

Selain itu, orang-orang yang ingin mencari sumber bahan untuk mengajar Alkitab juga dapat menemukannya secara daring. Meski banyak toko buku Kristen berjuang untuk dapat bertumbuh, artikel, blog, buku elektronik, podcast, dan video dalam jumlah yang sangat besar terus bertambah secara daring. Kebutuhan besar pada masa kini bukan lagi informasi, melainkan kearifan terkait bagaimana menemukan informasi Alkitab yang paling bermanfaat.

Pengaruh 2: Penggunaan Ponsel Pintar untuk Mengakses Alkitab

Sebesar 55% dari populasi Amerika sekarang menggunakan ponsel pintar mereka untuk mengakses konten Alkitab. Ini mencakup teks Alkitab itu sendiri dan sumber-sumber bahan Alkitab lainnya.

Sebagai perbandingan, pada 2012, hanya 23% dari orang dewasa Amerika yang mengklaim menggunakan ponsel pintar untuk mengakses Alkitab. Dalam 6 tahun, angka ini telah meningkat lebih dari dua kali lipat sehingga menjadikan ponsel pintar sebagai salah satu bidang teknologi yang paling cepat berubah terkait penggunaan Alkitab.

Di bangku-bangku jemaat pada Minggu pagi, lebih banyak orang menggunakan ponsel mereka untuk membuka ayat Alkitab, mencatat, dan melakukan penyelidikan Alkitab mereka sendiri. Para pendeta akan makin tertantang untuk mengajarkan Alkitab secara akurat, sebab jemaat dapat dengan cepat menguji apa yang sedang diajarkan.

Pengaruh 3: Peningkatan Jumlah Orang yang Mendengarkan Alkitab Audio

Studi dari Barna mencatat, "Lebih dari 1/3 mendengarkan suatu pengajaran lewat podcast (35%) atau Alkitab dalam bentuk audio (36%)." Angka ini meningkat dari angka 30% pada 2012, sebuah peningkatan yang cukup terlihat.

Sebagian dari pergeseran ini mungkin dikarenakan meningkatnya ketersediaan Alkitab audio. Meski Alkitab audio sekarang tersedia hampir dalam 1.200 bahasa secara daring, orang Amerika menemukan versi-versi yang lebih mereka pilih di Bible.is, Bible.com, BibleGateway.com, dan destinasi-destinasi lain yang menawarkan Alkitab audio secara gratis.

Faktor lainnya mencakup meningkatnya penggunaan ponsel pintar dengan paket data yang lebih besar. Alkitab audio cenderung menghabiskan data untuk didengarkan secara streaming, tetapi paket-paket data yang baru sekarang menawarkan batasan kuota yang lebih besar atau paket tak terbatas yang tidak lagi memberi dampak terhadap streaming dengan cara yang sama.

Alih-alih menyuruh orang untuk "membaca" Alkitab pada waktu-waktu ibadah, kita makin dapat mendorong mereka untuk "mendengarkan" Alkitab. Baik membaca ataupun mendengarkan (atau keduanya) dapat menjadi metode yang efektif untuk merenungkan firman Allah siang dan malam (Mazmur 1).

Pengaruh 4: Pentingnya Aplikasi Alkitab

Teknologi dapat menawarkan manfaat besar guna menolong kita menggunakan dan menerapkan Alkitab, tetapi tujuannya adalah untuk menggunakan teknologi demi kebaikan.

Facebook Twitter WhatsApp Telegram

Sebanyak 42% dari pengguna Alkitab di Amerika sekarang mengakses Alkitab melalui aplikasi Alkitab. YouVersion menawarkan aplikasi yang paling populer, tetapi tersedia banyak pilihan lainnya (seperti Bible.is, BibleHub, BibleGateway). Faithlife.com, misalnya, menawarkan akses terhadap segala jenis alat baca dan studi Alkitab melalui aplikasi mereka. Anda dapat secara harfiah mengakses ribuan sumber bahan, mulai dari teks bahasa Ibrani hingga peta Alkitab, semuanya dari genggaman tangan Anda.

Bahkan, Anda dapat melihat statistik penggunaan real time dari aplikasi Alkitab YouVersion. Sebagai contoh, saat artikel ini ditulis, lebih dari 10 triliun permintaan ayat Alkitab telah dilakukan, dengan Yeremia 29:11 merupakan "ayat Alkitab yang paling sering dibagikan".

Teknologi dapat menawarkan manfaat besar guna menolong kita menggunakan dan menerapkan Alkitab, tetapi tujuannya adalah untuk menggunakan teknologi demi kebaikan. Orang-orang yang mengajarkan Alkitab makin perlu memahami bagaimana pembaca mengonsumsi Alkitab dan bahan-bahan studi Alkitab agar dapat mengomunikasikannya secara lebih efektif.

Pengguna Alkitab dapat mengambil manfaat dari berbagai macam alat teknologi yang tersedia -- jika mereka dapat menggunakannya tanpa teralihkan oleh aspek-aspek teknologi lainnya. Pada akhirnya, tujuan kita haruslah untuk bertumbuh dalam pemahaman dan menghidupi firman Allah terlepas dari bagaimana kita menerimanya, dan terus mencari cara untuk mengasihi Allah dan mengasihi sesama seperti diri kita sendiri. (t/Odysius)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : The John Ankerberg Show
Alamat situs : https://jashow.org/articles/the-influence-of-technology-on-bible-usage
Judul asli artikel : The Influence of Technology on Bible Usage
Penulis artikel : Beth Lamberson