Apps4God

Submitted by admin on Fri, 01/22/2016 - 12:00

"Startup teknologi akan jadi masa depan Indonesia."
(Jokowi, Presiden RI)

Dalam sebuah acara dialog industri kreatif, Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), mengatakan bahwa industri kreatif, termasuk bisnis Startup berbasis teknologi, akan menjadi bagian penting dari pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Apa yang diungkapkan oleh beliau perlu dipikirkan pula oleh dunia kekristenan. Apakah pelayanan Kristen yang berbasis teknologi juga akan menjadi bagian penting dari pertumbuhan iman orang percaya pada era teknologi ini? Mau tidak mau, gereja Tuhan harus bergumul pula dengan hal ini. Sebab, bagaimana gereja memandang teknologi saat ini akan menjadi salah satu kunci penting dalam melihat perkembangan gereja pada masa depan.

Agar bermanfaat dan berkelanjutan, pelayanan membutuhkan strategi. Strategi itu harus menjawab tantangan zaman dan memiliki fondasi yang kokoh sehingga dapat memberi buah pada tiap generasi. Dalam dunia teknologi, perusahaan-perusahaan rintisan atau "startup" sedang berkembang dan mewarnai perekonomian tanah air tahun 2015 -- 2016 ini, mulai dari layanan servis ojek GoJek, direktori toko daring Tokopedia, dan layanan pemesanan tiket Traveloka. Perusahaan-perusahaan ini baru berdiri dalam 1 -- 2 tahun, tetapi sudah memberikan manfaat besar bagi masyarakat yang memerlukan fasilitas dari aplikasi-aplikasi tersebut. Apakah yang membuat startup ini unik dan berdampak besar? Apa yang bisa kita pelajari dari mereka untuk pelayanan dan kehidupan Kristen?

Ada 3 ciri startup yang membuatnya berbeda dengan perusahaan pada umumnya:

1. Berorientasi nilai & inovasi, bukan profit

Startup mengutamakan nilai tambah yang diwujudkan dalam bisnis mereka, yaitu untuk memecahkan masalah nyata yang ada dalam masyarakat dan memberi manfaat, tidak berupaya mencari untung. Startup tidak berniat untuk berkompetisi dengan bisnis yang sudah ada, namun selalu mencari pasar yang unik.

2. Mengedepankan Kepercayaan

Stabilitas finansialnya tidaklah tergantung dari pemasukan, tapi dari pendanaan para investor yang meyakini ide bisnis mereka. Maka, pendanaan yang diberikan itu dipersiapkan dalam jangka waktu yang cukup panjang, misalnya 6 - 24 bulan. Dalam jangka waktu tersebut, startup harus mampu membuktikan kesuksesan bisnis mereka melalui hasil & dampak yang diharapkan.

3. Memobilisasi Generasi Muda & Teknologi.

Satu lagi yang unik dari startup bahwa mereka menggandeng anak-anak muda dari berbagai bidang untuk bergabung dan membentuk produk mereka. Produk yang dihasilkan biasanya adalah produk digital atau berbasis teknologi informasi berupa app, situs, ataupun sistem informasi yang menyentuh kebutuhan yang unik.

Gereja dan Startup rupanya memiliki kemiripan, terutama dalam poin 1 & 2 sebagai sebuah pelayanan yang diwahyukan Tuhan untuk mewujudkan kerajaan-Nya, bukan materi atau diri sendiri (Mat. 20:28), dan juga bergantung pada kepercayaan dari Tuhan & jemaat untuk kelayakannya dalam melayani. Namun, poin ke-3 inilah yang masih sering gereja lupakan, bagaimana mewujudkan teknologi dalam kehidupan Kristen. Sebagian orang menganggap bahwa teknologi adalah sarang kejahatan karena dampak negatif yang ditimbulkannya, baik dari tayangan tak mendidik di televisi, pornografi di internet, sampai fenomena kecanduan gawai. Hal-hal ini jelas terjadi karena dosa manusia, tapi hal ini mungkin terus berlangsung karena sedikit orang Kristen yang menggumuli penggunaan teknologi untuk kemuliaan Tuhan, khususnya teknologi informasi.

Generasi muda dan teknologi adalah dua hal yang tak bisa dipisahkan. Melihat fakta bahwa generasi muda adalah penerus gereja masa depan, bagaimana kita menggumulinya?

Dirangkum dari:
Izzati, P. (2014). Working at Startup: Are You In for the Money or for the Values?. http://www.ziliun.com/what-we-thinkworking-startup-are-you-money-or-values/
Mudo, S. (2015). Apa Itu bisnis Startup? Dan Bagaimana Perkembangannya?. https://id.techinasia.com/talk/apa-itu-bisnis-startup-dan-bagaimana-perkembangannya/
Noor II, A. R. (2015). Gojek dkk Diajak Ikut Jokowi ke Silicon Valley. http://inet.detik.com/read/2015/10/20/191940/3048931/398/gojek-dkk-diajak-ikut-jokowi-ke-silicon-valley
Rumajar, S. (2015). Pengaruh Perkembangan Teknologi Modern Bagi Masyarakat Khususnya Generasi Muda. http://komunikasi.us/index.php/course/2727-pengaruh-perkembangan-teknologi-modern-bagi-masyarakat-khususnya-generasi-muda