Apps4God

IT FOR GOD, IT FROM GOD

Submitted by admin on Thu, 11/02/2017 - 12:00
Salah satu moto pelayanan Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) adalah IT 4 God, yaitu Teknologi Informasi untuk Kemuliaan Tuhan. Motto YLSA, demikian juga visi dan misi YLSA, menginformasikan kepada kita bahwa Tuhan berhak memakai teknologi demi pelebaran Kerajaan Allah. Mengapa memakai kata "IT" (Information Technology) dan bukan hanya kata "teknologi"? Sebab, zaman ini adalah zaman informasi. Zaman sudah bergeser, dari zaman agraris ke zaman industri, dan sekarang memasuki zaman informasi. Pada konteks digital zaman ini, pelayanan YLSA ada untuk menebus dunia informasi bagi terang kebenaran firman Tuhan. Ketika memikirkan pengertian IT 4 God, sebenarnya kita harus lebih dahulu memahami bahwa IT adalah dari Allah. Bila tidak, hal itu akan sia-sia. Bagaimana mempersembahkan sesuatu yang bukan dari Tuhan untuk memuliakan nama-Nya?

Perkembangan Proyek Alkitab Pintar

Submitted by admin on Mon, 10/16/2017 - 16:59
Seperti yang sudah dibahas dalam artikel sebelumnya, proyek Alkitab Pintar sesungguhnya bukanlah hal yang baru saja dikerjakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Alkitab Pintar sudah dirintis sejak 1994 dan pada 1996, lahirlah Software SABDA v. 1. Proyek ini akan terus akan terus dikembangkan oleh Yayasan Lembaga SABDA untuk memperlengkapi masyarakat Kristen Indonesia menggali Alkitab lebih smart lagi. Berikut ini adalah transkrip presentasi mengenai perkembangan Alkitab Pintar yang dibawakan oleh Yohanes Chandra (YoChan) dan Hadi Pramono dalam ✞ED Alkitab Pintar yang lalu.

Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Gereja Anda Mulai Menggunakan Media Sosial

Submitted by admin on Wed, 09/20/2017 - 12:00
Ketika sebuah gereja mencari bantuan tentang bagaimana memulai, hal ini biasanya tentang meluncurkan atau mendesain ulang situs web gereja, membuat sebuah halaman Facebook untuk gereja, dan kemungkinan membuat akun Instagram dan/atau Twitter. Namun, usaha-usaha ini setiap kali hanya sia-sia karena kesalahpahaman tentang sifat media sosial.

Empat Cara Mudah Membuat Tayangan Video di Facebook

Submitted by admin on Mon, 09/11/2017 - 12:00
Ada begitu banyak pilihan ketika berbicara tentang dunia pembuatan konten. Bagi para hamba Tuhan, mencoba mencari tahu, bahkan dari mana harus memulai, bisa menjadi tugas yang menakutkan. Mungkin beberapa hamba Tuhan merasa tidak punya banyak waktu yang bisa dipakai untuk membuat video dokumenter yang panjang atau mendesain infografis yang rumit. Namun, membuat konten seharusnya tidak perlu menjadi proses yang sedemikian menakutkan.

Pengguna Internet Mobile Dunia Tembus 3,5 Miliar

Submitted by admin on Tue, 08/22/2017 - 12:00
Dominasi perangkat mobile di ranah internet sudah menjadi rahasia umum. Kini menurut laporan Global Statshot: Digital In Q3 2017 oleh We Are Social dan Hootsuite, jumlah pengguna internet mobile menguasai 92 persen dari total pengguna internet dunia. Berdasarkan data tersebut, total pengguna internet aktif pada kuartal III (Q3) 2017 berkisar 3,8 miliar dengan 92 persen di antaranya adalah pengguna internet mobile sebanyak 3,5 miliar. Selain itu, trafik web dari ponsel juga lebih besar dibandingkan perangkat lain.

Video Diprediksi Sumbang 75 Persen Trafik Data Pada 2022

Submitted by admin on Tue, 08/22/2017 - 12:00
Pengguna internet di Indonesia maupun di seluruh dunia makin banyak menghabiskan datanya untuk menonton video. Tren ini diprediksi terus meningkat hingga 2022. Demikian menurut hasil Ericsson Mobility Report 2017 yang dipaparkan oleh Vice President, Head of Network Product Unit Ericsson Indonesia & Timor Leste Ronni Nurmal dalam acara media update di Jakarta, Kamis (6/7/2017).

Karunia Konektivitas

Submitted by admin on Mon, 08/21/2017 - 12:00
"Kenallah baik-baik keadaan kawanan dombamu, dan perhatikanlah kawanan ternakmu." (Amsal 27:23, AYT) Dalam dunia yang sibuk sekarang ini, terkadang sulit untuk mengetahui cara menemukan kawanan domba Anda, apalagi memberikan perhatian yang mereka butuhkan. Di sinilah, teknologi menjadi teman sejati untuk pelayanan. Dengan adanya lebih dari tiga perempat orang Amerika yang saat ini menggunakan ponsel cerdas, gereja tidak bisa menolak lagi alat yang penting itu untuk menjangkau mereka secara lebih luas. Gereja sering berjuang untuk memahami betapa revolusioner dan kritisnya teknologi seluler bisa dipakai untuk misi gereja. Dengan menawarkan alat-alat yang mereka perlukan untuk mereka bisa tetap terhubung dengan gereja, supaya benar-benar menggunakan ponsel mereka, hal ini akan membuktikan bahwa gereja benar-benar paham akan jemaat mereka dan memiliki keinginan yang nyata untuk memenuhi kebutuhan mereka kapan saja dan di mana saja.

Facebook dan Penginjilan: Inikah Kesempatan Digital Terbesar Kita?

Submitted by admin on Wed, 08/16/2017 - 12:00
Setelah beberapa tahun mengalami pertumbuhan pesat, Facebook menembus 800 juta pengguna pada 2011. Hal ini mewakili satu dari tiga pengguna internet (dengan tidak memperhitungkan Cina, tempat Facebook dibrendel). Jika kita membandingkan pengguna Facebook dengan populasi negara, pengguna Facebook adalah "negara" ketiga terbesar di dunia.

Facebook Kini Punya 115 Juta Pengguna Aktif di Indonesia

Submitted by admin on Tue, 08/15/2017 - 12:00
Facebook beberapa waktu lalu mengumumkan telah menghubungkan lebih dari 2 miliar pengguna di dunia. Dari angka tersebut, Indonesia jadi pasar penting bagi Facebook. Bagaimana tidak, menurut data kuartal kedua 2017 (per Juli), jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai 115 juta user. Padahal menurut Country Director Facebook Indonesia, Sri Widowati, saat dirinya bergabung dengan Facebook pada Maret 2016, jumlah pengguna Facebook di Indonesia baru sebanyak 82 juta user per bulannya.

Teknologi untuk Penuhi Kebutuhan Dasar

Submitted by admin on Mon, 08/14/2017 - 13:00
MAKASSAR, KOMPAS — Indonesia telah merdeka selama 72 tahun, tetapi hingga kini masih berkutat dengan masalah memenuhi kebutuhan dasar, seperti garam, gula, dan beras. Semestinya hal ini dapat diatasi karena negeri ini memiliki sumber daya manusia dan sumber daya alam melimpah. Karena itu, solusinya adalah mengembangkan teknologi dan semua pihak terkait harus bersinergi untuk memenuhi kebutuhan dasar ini.