Artikel

Gen Z Si Warga Asli "Kampung Digital"

Belum selesai dengan pembahasan Generasi Y atau millineal, kini hadir lagi Generasi Z (iGen) dan Generasi A. Kabarnya, keduanya adalah digital native alias penduduk asli digital. Mereka lebih akrab dan mahir menggunakan teknologi, sehingga dapat multitasking. Sayangnya, mereka mudah menyerah ketika dalam kesulitan.

Selengkapnya

Rencana Tuhan yang Indah dalam Code for The Kingdom 2016 di Jakarta

Pada tanggal 21 -- 23 Oktober 2016 tim SABDA mengikuti Hackhaton Code For the Kingdom di Jakarta. Bersyukur karena ini kali kedua SABDA mengikuti acara ini. Untuk saya pribadi, ini adalah kali pertama saya mengikutinya. Saya senang dan bersyukur diberi kesempatan untuk ikut. Tahun ini, ada 7 orang yang mewakili SABDA, yaitu saya, Bara, Hadi, Benny, Teddy, Jaya, dan Ibu Yulia. Acara ini dihadiri lebih dari 100 orang dari berbagai kota, Surabaya, Jakarta, Bandung, Solo, Makassar, dan Papua. Acara ini dibuka dengan puji-pujian untuk Tuhan dan kata sambutan oleh Pak Andy Zain, Ketua Panitia, pada pkl. 19.00, 21 Oktober 2016. Pak Andy terlihat sangat antusias ketika membuka acara yang diadakan 1 tahun sekali ini.

Selengkapnya

10 Cara Internet Mengubah Penginjilan dan Pelayanan Misi

Saat ini, ada kira-kira 1,7 juta pengguna internet yang aktif, dan 3 juta lainnya diharapkan akan ditambahkan dalam nominal itu dalam lima tahun ke depan. Dunia yang semakin berkembang ini akan segera terhubung secara online ketika telepon genggam berubah menjadi telepon pintar (smartphone) dan barang-barang elektronik yang murah seperti netbook dan e-reader semakin tersebar di masyarakat. Peluncuran kabel serat optik di Afrika dan proyek-proyek komunikasi satelit dalam jumlah besar juga akan meningkatkan ketersediaan "bandwidth" dan capaian yang lebih besar.

Selengkapnya

Turunnya Popularitas Agama di Amerika, Ada Aplikasi untuk Itu

Menyalahkan smartphone untuk penurunan agama dan munculnya "ketiadaan kepercayaan" tentu saja konyol, tetapi sulit untuk tidak berpikir bahwa kesukaan kita terhadap benda persegi panjang bersinar di saku kita itu, tidak memberi sedikitnya sejumlah pengaruh dalam pergeseran budaya ini.

Selengkapnya

App-Interview: Septhianto Diga Chandra dan Code for The Kingdom 2015

Event hackathon Code for The Kingdom Jakarta 2016 sudah semakin dekat. Kesuksesan event C4TK pada tahun sebelumnya telah melahirkan berbagai inovasi dan proyek-proyek yang ditujukan untuk menolong orang-orang Kristen masa kini untuk semakin memuliakan Tuhan melalui teknologi. Hal ini tentunya menjadi penyulut semangat kita untuk semakin kreatif dan berinovasi untuk menciptakan berbagai karya yang lebih baik untuk kemuliaan Tuhan. Dari sekian banyak orang yang terlibat dalam event C4TK 2015, tim Apps4God berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan sdr. Septhianto Diga Chandra, salah satu peserta C4TK 2015 yang merupakan seorang Founder dan Web Developer di digachandra.com. Berikut ini isi perbincangan kami.

Selengkapnya

Code for the Kingdom (C4TK) Kembali Mengadakan Hackathon Global Berbasis Kristen Terbesar yang Kedua

Setelah sukses mengadakan acara hackathon global berbasis Kristen terbesar pertama secara serentak di 13 negara di seluruh dunia pada bulan Oktober 2015 lalu, Code for the Kingdom (C4TK) akan kembali menyelenggarakan acara hackathon global Kristiani kedua pada tanggal 21-23 Oktober 2016 mendatang.

Selengkapnya

Remaja Kurang Tidur Karena Hormon dan Ponsel

Para pakar di Skotlandia mengatakan lebih dari separuh remaja kekurangan tidur, yang disebabkan oleh perubahan hormon dan pemakaian piranti seperti ponsel dan komputer tablet. Padahal untuk bisa tumbuh secara maksimal remaja perlu tidur sekitar sembilan jam per hari. "Tidur jelas sangat penting. Sayangnya banyak remaja yang mengabaikannya," kata Russell Foster, guru besar di Universitas Oxford. "Bagi remaja, waktu tidur yang cukup bisa meningkatkan kualitas hidup dan prestasi pendidikan," jelas Foster.

Selengkapnya

5 Bahaya Menggunakan Teknologi dalam Kehidupan Kristen

Akhir pekan lalu saya menyajikan sebuah seminar di akhir pekan gereja saya, dengan topik 'Menggunakan teknologi dalam Kehidupan Kekristenan Anda'. Saya merapikan catatan-catatan ini untuk dimasukkan dalam postingan mendatang. Sementara itu, saya ingin mengeksplorasi bahaya teknologi. Jelas, saya seorang pecinta berat teknologi, tetapi itu memiliki bahayanya sendiri. Kita perlu menyadari hal-hal ini untuk memastikan agar kita tidak menjadi korban, dan sebagai gantinya menggunakan teknologi demi kemuliaan Allah. Berikut adalah lima bahaya yang dibahas di dalam seminar, atau apa yang saya sudah pikirkan. Apa yang akan Anda tambahkan ke dalam daftar ini?

Selengkapnya

Lima Cara untuk Gereja Anda Dapat Beradaptasi terhadap Orang-Orang "Digital Native"

Pertanyaan yang seharusnya ditanyakan oleh para pemimpin gereja terkait dengan orang-orang Digital Native adalah, "Apakah gereja kita telah diperlengkapi untuk secara sengaja mengikutsertakan Digital Native?" Injil selalu adalah pesan dari gereja lokal, tetapi metode yang kita gunakan untuk mengomunikasikan pesan ini terus berganti seiring berjalannya waktu.

Selengkapnya

Aplikasi Alkitab di Gereja: Ide Baik atau Buruk?

Kritik yang paling umum tentang Alkitab digital yang kami terima adalah bahwa itu merupakan trend kaum muda, bahwa itu sangat impersonal, dan bahwa itu mengganggu. Pengkritik mengatakan bahwa kebanyakan orang yang menggunakan aplikasi Alkitab menjadi cepat teralihkan dari khotbah pendeta dan mulai melihat aplikasi lain di smartphone mereka. Apakah mereka benar?

Selengkapnya