Apps4God

Submitted by admin on Mon, 09/11/2017 - 12:00
Ada begitu banyak pilihan ketika berbicara tentang dunia pembuatan konten. Bagi para hamba Tuhan, mencoba mencari tahu, bahkan dari mana harus memulai, bisa menjadi tugas yang menakutkan. Mungkin beberapa hamba Tuhan merasa tidak punya banyak waktu yang bisa dipakai untuk membuat video dokumenter yang panjang atau mendesain infografis yang rumit. Namun, membuat konten seharusnya tidak perlu menjadi proses yang sedemikian menakutkan.
 
Sebagai murid Kristus, kita memiliki pesan yang paling penting untuk dibagikan. Karena itu, kita perlu memakai setiap kesempatan untuk bisa membagikannya. Jadi, memang kualitas itu penting, tetapi tidak berarti apa yang kita bagikan harus sebagus karya da Vinci. Sering kali, semakin sederhana konten Anda, semakin relevan dengan komunitas Anda. Berikut ini ada beberapa cara mudah untuk memasang konten di Facebook dengan menggunakan video.

Merekam Renungan Pagi

Belakangan ini, saya melihat beberapa pendeta melakukannya dan saya pikir ini ide yang cemerlang! Banyak pendeta menulis renungan dan hasil pemahaman Alkitab (PA) dan mengirimkannya lewat email setiap hari. Setiap pagi, ketika Anda berangkat kerja atau ketika sedang berada di meja makan, ambillah ponsel Anda dan siapkan untuk membuat tayangan langsung di Facebook. Anda bisa membaca atau langsung berbicara tentang PA atau renungan yang Anda dapat hari ini. Anda bisa membagikan pelajaran yang didapat dari ayat-ayat yang Anda baca, bahkan tentang kejadian-kejadian terbaru, atau bagaimana Anda akan menghadapi hari ini melalui kacamata ayat-ayat yang dibaca itu. Ini adalah cara yang sangat sederhana untuk teman-teman Facebook Anda mendengar firman Tuhan setiap pagi.

Tayangan Tanya-Jawab Langsung dengan Pendeta

Terkadang, jemaat memiliki pertanyaan-pertanyaan tentang iman mereka dan tentang apa yang dikatakan Alkitab tentang topik-topik hangat yang sedang terjadi, tetapi mereka tidak punya kesempatan baik untuk menanyakan pertanyaan-pertanyaan tersebut. Melakukan tayangan sesi tanya-jawab secara langsung dengan pendeta di Facebook akan memungkinkan kesempatan itu terjadi. Umumkan jauh-jauh hari kepada jemaat bahwa Anda akan melakukan hal ini dan beritahukan agar mereka memikirkan beberapa pertanyaan yang selama ini mereka ingin tahu jawabannya. Ketika Anda sedang online, mereka bisa mengirimkan pertanyaan-pertanyaan mereka lewat kiriman chatting dan Anda akan meluangkan waktu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Namun, sebaiknya ada beberapa topik yang sudah siap dibicarakan, untuk jaga-jaga kalau tidak ada pertanyaan yang muncul dari pengikut Anda.

Membagikan Kisah Hidup Jemaat

Setiap orang dalam jemaat Anda memiliki cerita. Mereka semua punya cara-cara yang melaluinya Allah membentuk dan mengarahkan hidup mereka. Terkadang yang diperlukan hanyalah Anda berbicara kepada mereka dan meminta apakah mereka bisa berbagi cerita. Secara umum, kita adalah manusia yang suka berbicara tentang diri kita sendiri. Jadi, kemungkinan besar Anda akan berhasil meminta mereka bercerita. Cara mudah untuk mewujudkannya adalah dengan menarik salah satu jemaat Anda ke bagian gereja yang sepi sepulang dari ibadah dan dengan ponsel Anda, tanyakan beberapa pertanyaan sambil Anda merekam jawaban mereka. Dari rekaman itu, Anda bisa melakukan beberapa suntingan kecil dengan aplikasi seperti iMovie untuk iPhone. Bisa juga Anda membagikan seluruh wawancara tersebut. Yang penting rekaman itu benar-benar jujur.

Mem-posting Cuplikan Khotbah Minggu Lalu

Banyak gereja sudah merekam khotbah dalam ibadah gereja mereka. Satu lagi cara mudah untuk membagikan konten di media sosial adalah dengan mengambil cuplikan-cuplikan khotbah yang sudah ada dan membagikannya menjadi video-video pendek di Facebook. Kemungkinan besar orang akan menonton video berdurasi 2 menit yang berisi satu poin khotbah daripada menonton ulang khotbah utuh selama 40 menit. Potong khotbah dalam beberapa bagian yang kunci dan bagikan masing-masing satu bagian sepanjang minggu itu untuk menolong jemaat Anda ingat apa yang mereka pelajari dari khotbah Minggu lalu. Namun, pastikan dahulu Anda tahu kalau ada bagian-bagian dalam khotbah Anda yang memiliki hak cipta.
 
Ada banyak cara menggunakan video untuk membagikan pesan Injil. Menemukan cara-cara mudah dan cepat untuk melakukan hal ini akan memberi nilai tambahan bagi PA dan ibadah yang diberikan oleh para pendeta. Cara-cara apa lagi yang Anda lihat untuk menggunakan video di gereja? Bagikan ide Anda di bagian komentar. (t/Odysius)
 
Diterjemahkan dari:
Nama situs: Concordia Technology Solutions
Judul asli artikel: 4 Easy Ways to Use Video on Facebook
Penulis artikel: Andrew Osborne
Tanggal akses: 22 Mei 2017