Apps4God

IT-4-GOD Edisi 22 | Februari 2018
APPPS Live : App-✞alks: Diskusi Pelayanan Tubuh Kristus Zaman Now
App-✞alks: Reportase Pelayanan Digital untuk Generasi Digital di Tana Toraja
ICD Watch : Bahan-Bahan Paskah
Digi Min : Bagaimana Gereja Anda Bisa Menggunakan Teknologi untuk Mempromosikan Hari Minggu Paskah
[IT-4-GOD] Edisi 22 - Februari 2018
EDITORIAL

IT-4-GOD edisi Februari menyajikan berita dan informasi untuk menambah wawasan Sahabat terkait penggunaan teknologi bagi kemuliaan Allah. Membuka edisi kali ini, redaksi menyajikan cuplikan diskusi dari komunitas App Sabda seputar ide mengenai Industri Zaman Now dalam kaitannya dengan Pelayanan Tubuh Kristus Zaman Now. Selanjutnya, redaksi juga menyajikan reportase pelayanan Yayasan Lembaga SABDA di Tana Toraja bertajuk Pelayanan Digital untuk Generasi Digital. Simak selengkapnya dalam kolom APPPS Live.

Selain itu, dalam rangka menyambut masa raya Paskah, edisi ini juga memuat konten bertema Paskah. Di kolom ICDW, redaksi memuat ulasan sumber-sumber bahan Paskah yang tentunya sangat bermanfaat untuk menolong Sahabat menemukan berbagai jenis bahan yang berhubungan dengan Paskah. Di kolom Digital Ministry, redaksi juga memuat sebuah artikel menarik berjudul Bagaimana Gereja Anda Bisa Menggunakan Teknologi untuk Mempromosikan Hari Minggu Paskah yang kami harap dapat menginspirasi kita semua dalam memanfaatkan teknologi untuk mempersiapkan pelayanan Paskah.

Akhir kata, selamat menikmati sajian kami. Tuhan Yesus memberkati.

In Christ,

Odysius Pemimpin Redaksi IT-4-GOD, Odysius
 

INDONESIA CHRISTIAN DIGITAL WATCH (ICDW)

Bahan-Bahan Paskah

Pada Februari ini, kita mulai memasuki masa-masa pra-Paskah. Mari memanfaatkan momen ini untuk semakin menghayati makna cinta kasih Allah kepada kita, yang dinyatakan melalui pengorbanan Putera-Nya di kayu salib. Sumber-sumber digital Paskah di bawah ini kiranya dapat membantu Anda untuk mendapatkan makna Paskah bagi hidup Anda.

1. Situs TOP Paskah

Situs TOP Paskah

Situs TOP Paskah adalah sebuah situs yang merangkum bahan-bahan Paskah terbaik yang ada di internet. Melalui situs ini, Anda akan mendapatkan bahan-bahan Paskah yang sudah dikelompokkan ke dalam tiga kategori. Kategori pertama adalah bahan-bahan Paskah berdasarkan kitab dalam Alkitab (Matius, Markus, Lukas, Yohanes), kategori kedua berdasarkan jenis media (teks, audio, dan video), dan kategori ketiga berdasarkan jenis bahan (mulai dari pertanyaan-pertanyaan seputar Paskah, artikel, renungan, khotbah, lagu, dan lain-lain). ... Dengan banyaknya bahan yang tersaji, kiranya situs ini bisa menjadi jawaban bagi setiap orang percaya yang memerlukan bahan-bahan Paskah yang alkitabiah dan berkualitas.

2. Bahan-Bahan Video dari Situs Paskah Indonesia

Bahan-Bahan Video dari Situs Paskah Indonesia

Melalui halaman video situs Paskah, Anda bisa mendapatkan beragam video Paskah yang dikompilasi dari situs YouTube. Tema video pun cukup bervariatif, meliputi renungan Paskah, nubuatan para nabi tentang kedatangan Mesias, serta kisah hidup Yesus sebelum dan sesudah kematian-Nya. Di sebelah kanan setiap thumbnail video, sudah tersedia deskripsi pendek yang akan membantu Anda mengetahui garis besar isi video. ... Semoga video-video yang sudah disediakan bisa membantu Anda mempersiapkan diri dalam menyambut perayaan Paskah.

Selengkapnya »

 

APPPS LIVE

App-alks: Diskusi Pelayanan Tubuh Kristus Zaman Now

Belum lama ini, Kementerian Perindustrian mencetuskan ide mengenai "Industri Zaman Now". Industri Zaman Now adalah industri yang terintegrasi dengan infrastruktur digital. Oleh karena itu, Kementerian Perindustrian terus berupaya menumbuhkan wirausaha industri baru dalam negeri dengan menggandeng generasi muda untuk memanfaatkan teknologi digital terkini.
(Sumber: https://jamaninfo.com/2018/01/11/manfaatkan-perkembangan-teknologi-digital-pemerintah-dorong-tumbuhnya-industri-zaman-now/)

Pemerintah kita selalu berupaya untuk mengintegrasikan bidang-bidang strategis dalam kehidupan masyarakat dengan teknologi. Hal ini penting karena mau tidak mau, perkembangan teknologi akan makin merambah masuk dalam kehidupan setiap orang, tidak terkecuali tubuh Kristus. Bagaimana tanggapan Sahabat Apps4God mengenai ide tentang "industri zaman now" dalam hubungannya dengan "pelayanan tubuh Kristus zaman now". Seberapa penting hal ini menurut Anda? Berikut ini adalah sharing dari Sahabat Apps4God dalam komunitas App Sabda.

Komentar:

Arief Kristianto

"Semestinya, gereja dan lembaga pelayanan mampu menjawab kebutuhan semua jemaat, semua generasi. ... Nah, menjadi tantangan tersendiri saat ini ketika gereja dan lembaga pelayanan dihadapkan dengan generasi baru, zaman now, yang memiliki perilaku digital-minded yang semakin asyik dengan dunia maya. Semoga gereja dan semua lembaga pelayanan mampu memahami karakter perilaku dan kebutuhan generasi now sehingga generasi ini dapat tetap terjangkau oleh rencana keselamatan dan kasih Tuhan."

— Arief Kristianto

Be Ba Li Gea

"Gereja tidak bisa tidak harus menjangkau generasi digital. Dimulai [dari] ketersediaan website gereja, Facebook, IG, YouTube. Pelayanan terintegrasi dengan internet dalam balutan kekinian sehingga dapat diterima oleh generasi digital, baik digital native maupun digital immigrant. ..."

— Be Ba Li Gea

Evie Wisnubroto

"... Pelayanan gereja zaman now adalah pelayanan gereja yang mengintegrasikan teknologi dalam pelayanannya. Saya membayangkan salah satu contohnya adalah gereja menjadi gereja yang ramah dengan digital native, yang dimulai dari gereja tidak antiteknologi, gereja terkoneksi dengan generasi digital native di dunianya, gereja menjadi penggerak bagi jemaatnya untuk menggunakan gadget bagi kemuliaan Tuhan, dsb.. Gereja zaman now adalah gereja yang menjangkau generasi digital native agar tidak terhilang di tengah derasnya arus perkembangan teknologi."

— Evie Wisnubroto

Kami masih menantikan ide-ide tentang "pelayanan tubuh Kristus zaman now" dalam komunitas App Sabda. Pastinya ini akan menjadi kontribusi yang positif bagi gereja-gereja pada era digital ini. Terima kasih.

Komunitas Apps4God


App-alks: Reportase Pelayanan Digital untuk Generasi Digital di Tana Toraja

Pelayanan Digital untuk Generasi Digital di Tana Toraja

Pada 22 Februari 2018, tim Apps4God dari Yayasan Lembaga SABDA mendapat kesempatan untuk menyampaikan materi mengenai Pelayanan Digital untuk Generasi Digital dalam Pertemuan Nasional Pekerja Gereja KIBAID Tahun 2018. Acara ini diadakan di Makale, Tana Toraja, dan dihadiri oleh lebih dari 280 hamba Tuhan gereja KIBAID. Melalui kesempatan ini, kami berbagi tentang perkembangan teknologi digital yang begitu pesat dan yang mengubah kebutuhan hidup manusia. Perkembangan teknologi digital juga melahirkan generasi digital native. Generasi inilah yang belum begitu serius dipikirkan oleh gereja dalam beberapa programnya. Apakah gereja sudah siap menggembalakan dan memuridkan generasi digital native? Apakah gereja sudah menjadi gereja yang ramah digital native? Hal-hal apa saja yang dapat dilakukan oleh gereja untuk menjangkau generasi ini? Tantangan ini kami berikan kepada peserta yang hadir.

Selengkapnya »

 

DIGITAL MINISTRY

Bagaimana Gereja Anda Bisa Menggunakan Teknologi untuk Mempromosikan Hari Minggu Paskah

Menggunakan Teknologi untuk Mempromosikan Hari Minggu Paskah

Saya tidak pernah lupa dengan sebuah statistik yang saya baca bertahun-tahun yang lalu oleh organisasi Barna yang menyatakan bahwa dari orang-orang non-Kristen yang ditanyai mengapa orang Kristen merayakan Paskah, 46% tidak bisa memberikan jawaban yang benar. Statistik ini memiliki implikasi yang sangat besar ketika kita membuat rencana untuk komunikasi gereja kita pada masa Paskah. Dalam artikel berikut ini, saya akan berbicara tentang mengapa hal ini terjadi dan bagaimana kita menggunakan alat yang kita miliki pada zaman ini untuk menolong orang-orang memahami arti Paskah yang sebenarnya.

Mengapa kita menghadapi tantangan ini?

Sebagai permulaan, istilah Paskah itu sendiri bagi orang-orang yang tidak ke gereja hari ini berarti cokelat berbentuk kelinci, gula-gula berbentuk telur, dan kelinci Paskah. Lihatlah toko-toko yang dipenuhi dengan barang-barang bernuansa Paskah. Anda jarang melihat cokelat berbentuk salib yang pada zaman dahulu biasa dijual -- sekarang, semua adalah tentang kelinci dan anak ayam dan permen-permen kecil berbentuk telur. Bahkan, lebih daripada ketika Natal, kita perlu mengingatkan komunitas kita bahwa Yesus adalah alasan di balik perayaan ini.

Menjelaskan arti Paskah.

Ketika Anda memakai istilah Paskah seperti dalam frasa Konser Paskah, itu tidak berarti apa pun bagi orang yang tidak ke gereja pada tahun ini. Hanya karena istilah Paskah adalah hal penting bagi Anda, bukan berarti itu penting bagi masyarakat di komunitas Anda. Alih-alih memakai istilah Paskah, banyak gereja menyebutnya Minggu Kebangkitan. Hal itu setidaknya memberi petunjuk kepada orang-orang tentang apa yang sedang kita rayakan.

Gunakan semua alat media sosial dan teknologi untuk mengimplementasikan saran-saran ini.

  1. Situs web
  2. YouTube
  3. Instagram dan Pinterest
  4. Facebook dan Twitter

Selengkapnya »