Apps4God

IT-4-GOD Edisi 10 | Juni 2017
ICD Watch : Aplikasi dan Situs Tanya-Jawab Alkitab
APPPS Live : App-✞alks: Diskusi Pemanfaatkan Big Data dalam Pelayanan
App-✞ech: Lima Inovasi Penting dalam Acara Google I/O 2017
Digi Min : Empat Manfaat Pembelajaran Daring
[IT-4-GOD] Edisi 10 - Juni 2017
EDITORIAL

Shalom,

Setiap pelayan Tuhan seyogianya mulai belajar dan berupaya mengikuti arus kemajuan teknologi karena teknologi terbukti dapat membantu kita mengerjakan pelayanan dan memudahkan kita menjangkau orang-orang. Melalui Publikasi IT-4-GOD edisi ke-10 ini, redaksi mengajak Sahabat memikirkan lagi peluang teknologi yang bisa diaplikasikan untuk kemajuan dunia pelayanan. Anda dapat memulainya dengan ulasan acara raksasa teknologi Google, yaitu Google I/O, yang bisa Anda simak pada kolom APPPS Live. Pada kolom yang sama, kami juga mengulas diskusi yang mengangkat isu mengenai big data dan potensi penggunaannya dalam pelayanan gereja. Mari kita dengan terbuka mendiskusikannya dalam komunitas Apps4God, bagaimana kita memanfaatkan peluang IT untuk memuliakan Tuhan.

Bagi Sahabat yang ingin belajar dan memperkaya pengetahuan dalam bidang apologetika iman Kristen, kami mengulas sumber-sumber bahan digitalnya dalam kolom ICDW. Sahabat juga bisa menyimak artikel Digital Ministry yang berjudul Empat Manfaat Pembelajaran Daring untuk melihat bagaimana teknologi memengaruhi cara orang belajar pada era digital ini. Semoga bahan-bahan yang kami sajikan dapat menggugah motivasi Anda mengeksplorasi berbagai teknologi yang berguna untuk pelayanan. Salam IT 4 God!

In Christ,

Staf Redaksi IT-4-GOD, Aji
 

INDONESIAN CHRISTIAN DIGITAL WATCH (ICDW)

Aplikasi dan Situs Tanya-Jawab Alkitab

Kita percaya, Alkitab adalah firman Allah, pedoman bagi kita orang percaya untuk mengenal Pribadi dan kehendak Allah. Namun, dalam memahami firman-Nya, kita sering mengalami kesulitan yang akhirnya menimbulkan pertanyaan-pertanyaan yang kadang dapat menggoyahkan iman kita. Bersyukur karena pada era digital ini telah tersedia berbagai sumber bahan digital yang dapat menolong kita untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Kiranya sumber bahan berikut ini dapat menolong Anda dalam berapologetika dan memberi jawaban kepada mereka sehingga banyak orang dapat dibawa kepada kebenaran-Nya.

1. Situs 1001jawaban

Jika Anda memiliki pertanyaan-pertanyaan, baik tentang isi Alkitab maupun pergumulan hidup orang Kristen, situs 1001jawaban.com adalah situs yang sangat layak untuk Anda jadikan referensi. 1001jawaban adalah situs Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) yang dikembangkan oleh mitra dari Code for The Kingdom untuk memberikan jawaban-jawaban praktis atas berbagai pertanyaan seputar Alkitab dan kekristenan. Setiap pertanyaan diberikan jawaban singkat dan lugas, dan dilengkapi dengan ayat sebagai dasar alkitabiah yang jelas. Pertanyaan dan jawaban yang di-posting, mencakup sub-subtema yang cukup luas. Anda juga bisa melihat secara lebih mendetail melalui beberapa kategori dengan menekan menu Kategori. Situs ini juga menyediakan fitur pencarian jika Anda ingin mencari pertanyaan tertentu atau spesifik. Jika Anda memiliki pertanyaan yang belum termuat dalam situs ini, Anda bisa mengirim pertanyaan tambahan kepada webmaster melalui menu Kirim Pertanyaan. Selamat berkunjung.

Situs 1001jawaban

2. Aplikasi Got Questions?

Aplikasi Got Questions? dari GotQuestions.org menyediakan lebih dari 5100 pertanyaan yang paling sering diajukan tentang Alkitab, yang dibagi menurut topik, seperti: Allah, Yesus, Roh Kudus, keselamatan, gereja, dan berbagai topik rohani lainnya. Seluruh pertanyaan dan jawaban disusun oleh orang-orang berdedikasi dalam mempelajari firman Tuhan serta dilengkapi dengan dasar firman Allah untuk menguatkan jawaban yang diberikan. Anda bisa melakukan bookmark untuk menandai artikel-artikel menarik serta membagikannya ke berbagai aplikasi chatting atau media sosial. Selain itu, Anda juga bisa mencari pertanyaan tertentu dengan search bar atau melihat ayat dalam berbagai versi Alkitab. Aplikasi ini juga telah tersedia dalam berbagai bahasa seperti bahasa Indonesia, Filipina, Arab, dll.. Anda bisa menggunakannya secara GRATIS dan tanpa koneksi internet. Namun, untuk melakukan update bahan terbaru, melihat ayat, dan mengajukan pertanyaan baru, Anda tetap memerlukan koneksi internet.

Aplikasi Got Questions?
 

APPPS LIVE

App-alks: Diskusi Pemanfaatkan Big Data dalam Pelayanan

Kini, kita hidup di dunia dalam big data. Informasi dan aktivitas yang kita lakukan dalam sistem internet terekam menjadi rekaman pola perilaku kita, dan diolah menjadi informasi yang menolong pengambilan keputusan sesuai minat kita. Pemanfaatan big data di Indonesia, yang menonjol sejauh ini tampak pada bidang perdagangan elektronik (e-commerce). Namun, sebenarnya big data amat bisa dioptimalkan untuk memecahkan masalah dalam berbagai bidang lain, seperti: pertanian, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, tidak terkecuali dalam pelayanan dan gereja. Dengan dukungan data, pengambilan keputusan bisa lebih akurat dan berdasar, bukan sekadar kira-kira atau mengandalkan perasaan.

[Simak artikel selengkapnya di http://apps4god.org/artikel/Dunia-dalam-Big-Data.php]

Melihat potensi ini, langkah apa yang bisa kita dan gereja lakukan untuk dapat mengoptimalkan pemanfaatan big data dalam pelayanan? Apakah Sahabat memiliki ide-ide yang bisa dikembangkan terkait dengan pemanfaatan big data dalam pelayanan, baik di gereja, misi, konseling, maupun pelayanan parachurch? Mari bagikan ide dan opini Anda dalam komunitas Apps4God!

Komunitas Apps4God

App-ech: Lima Inovasi Penting dalam Acara Google I/O 2017

GOOGLE kembali menggelar perhelatan tahunan terbesar mereka yang bertajuk Google I/O 2017. Acara ini digelar pada 17 -- 19 Mei 2017 di markas mereka, Mountain View, California, Amerika Serikat. Dalam acara ini, Google memperkenalkan teknologi terbaru mereka kepada khalayak dunia, mulai dari perangkat keras hingga perangkat lunak terbaru dihadirkan oleh tim Google. Dari sekian banyak teknologi yang diperkenalkan, berikut ini adalah lima inovasi penting yang menarik untuk dibahas.

1. Android O Beta: Salah satu yang menjadi sorotan pastinya adalah generasi terbaru sistem operasi Android. (....)

2. Google Lens: Kamera smartphone Anda nantinya bukan cuman sekadar kamera gambar. (....)

3. Daydream Makin Dalam: Google mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan headset Daydream ... yang tidak memerlukan telepon untuk menggunakannya. (....)

4. Asisten yang Lebih Cerdas: Google Assistant yang sempat mencuri perhatian pada presentasi tahun lalu, tahun ini pun kembali mencuri perhatian. Kini, Google Assitant dengan dukungan Google Lens dapat melakukan beberapa hal baru. (....)

5. Android Go: Google mengumumkan bahwa mereka sedang mengembangkan versi Android ringan, Android Go, yang akan memungkinkan smartphone dengan RAM kecil untuk menggunakan perangkat lunak Android terbaru dan terbaik. (....)

[Sumber: http://bola.inilah.com/.../lima-inovasi-penting-dalam-event-google-io-2017]

Dari kelima inovasi di atas, inovasi mana yang paling menarik bagi Anda? Adakah yang bisa dimanfaatkan oleh orang-orang Kristen dan gereja agar memperluas penjangkauan sehingga semakin banyak orang mendengar Injil dan mengakses Alkitab? Apa ide Anda untuk pemanfaatannya dalam kekristenan? Mari diskusikan topik ini lebih lanjut dalam komunitas Apps4God.

Komunitas Apps4God
 

DIGITAL MINISTRY

Empat Manfaat Pembelajaran Daring

Teknologi informasi mengubah pola dan proses kegiatan pendidikan. Sebagai contoh, kegiatan pembelajaran tradisional yang biasa dilakukan secara tatap muka di dalam kelas sekarang sudah mulai beralih ke pembelajaran daring dengan memanfaatkan internet. Perubahan ini tentu membawa dampak positif karena memberikan solusi untuk masalah-masalah keterbatasan geografis, waktu, dan biaya yang dihadapi oleh kegiatan pembelajaran tradisional. Lalu, bagaimana dengan gereja? Apa saja aplikasi praktis yang bisa gereja lakukan untuk memanfaatkan sistem pembelajaran daring ini guna mendukung misinya? Berikut ini kami sajikan sebuah artikel berjudul Empat Manfaat Pembelajaran Daring oleh Katy Munson yang kiranya dapat menambah wawasan kita tentang hal ini. Selamat menikmati sajian kami.

Saya melihat banyak sekali kemungkinan untuk menerapkan prinsip-prinsip ini dalam komunikasi dan usaha membangun komunitas.

  • Membangun relasi yang sudah ada dalam jemaat kita, kita mungkin harus menjelajahi kemungkinan belajar Alkitab tengah minggu dengan memanfaatkan platform gratis, seperti Google Hangouts.
  • Terus melanjutkan percakapan pembacaan ayat Alkitab dan khotbah hari Minggu melalui postingan-postingan blog atau percakapan di media sosial.
  • Terlibat dengan tubuh Kristus dari seluruh dunia! Barangkali jemaat Anda mendukung misionaris atau mitra-mitra dari organisasi yang beroperasi di wilayah geografis yang berbeda. Terlibatlah dalam percakapan tentang cara-cara untuk secara daring terhubung dengan mereka, misalnya melalui umpan-umpan video streaming pada acara Pemahaman Alkitab, obrolan tanya-jawab di Twitter atau chatting, atau platform digital lainnya.
  • Mendorong dan memperlengkapi para anggota melalui kursus-kursus daring. Manfaatkan kesempatan-kesempatan seperti Online Mission Trips pada acara pelayanan Lutheran, atau membentuk kelas daring sendiri. (Saya akan sangat senang mendengarkan/belajar dari Anda jika jemaat Anda melakukan hal ini!)
Empat Manfaat Pembelajaran Daring