Apps4God

IT-4-GOD Edisi 11 | Juli 2017
ICD Watch : Bahan-Bahan Ensiklopedia Alkitab
APPPS Live : App-✞alks: Diskusi: Hubungan Kita dengan Firman Tuhan dan Teknologi
App-✞alks: Tim IT-4-GOD dalam Rapat Kerja Mini Yayasan Lembaga SABDA 2017
App-✞ech: Restrukturisasi dan Redesain Situs Apps4God
App-✞ech: Tim Yayasan Lembaga SABDA dalam Acara HACK7
Digi Min : Bagaimana Menggunakan Ponsel Pintar untuk Belajar Alkitab bagi Kaum Muda?
[IT-4-GOD] Edisi 11 - Juli 2017
EDITORIAL

Kebiasaan membaca firman Tuhan merupakan bagian dari gaya hidup seorang pengikut Kristus sejati. Ketika membaca, kita pun mulai haus untuk semakin memahami maksud Allah dalam firman-Nya dan mulai melakukan penggalian yang lebih dalam. Bersyukur, pada era digital ini telah hadir banyak teknologi dan sumber informasi yang dapat diakses dengan mudah dan menolong kita untuk melakukan penggalian firman Tuhan dengan baik. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan berbagai sumber bahan ensiklopedia Alkitab yang bisa Sahabat ketahui dari kolom ICDW. Simak pula diskusi Hubungan Kita dengan Firman Tuhan dan Teknologi pada kolom APPPS Live serta artikel pada kolom DigiMin yang membahas tentang Ponsel Pintar dalam Studi Alkitab Kaum Muda. Kiranya bisa menolong Sahabat untuk semakin berhikmat dalam memanfaatkan ponsel pintar untuk menjangkau kaum muda melakukan studi Alkitab.

Tidak terasa, publikasi IT-4-GOD telah melayani dan menginformasikan tentang teknologi bagi kemuliaan Tuhan bersama Sahabat semua selama satu semester. Silakan simak laporan dari pelayanan IT-4-GOD selama semester ganjil kemarin dan rencana yang dikerjakan selama semester genap nanti yang telah kami rangkum dalam kolom APPPS Live.

In Christ,

Hilda Pemimpin Redaksi IT-4-GOD, Hilda
 

INDONESIAN CHRISTIAN DIGITAL WATCH (ICDW)

Bahan-Bahan Ensiklopedia Alkitab

Orang percaya perlu belajar dan menggali kekayaan firman Tuhan yang sangat luas dan dalam. Untuk itu, dibutuhkan alat-alat bantu supaya kekayaan itu dapat ditemukan dan dipahami. Jika edisi-edisi yang lalu telah dibahas alat-alat bantu teknologi, seperti: aplikasi, situs Alkitab, dll., pada edisi ini redaksi IT-4-GOD akan mengulas satu lagi alat bantu belajar, yaitu Ensiklopedia Alkitab. Fungsinya mirip seperti ensiklopedia pada umumnya, yaitu memberi informasi dasar dan fakta-fakta umum mengenai suatu subjek yang kita pelajari, yang dalam konteks ini adalah 66 kitab PL dan PB. Kiranya dua sumber bahan berikut dapat menolong Anda menganalisis firman Tuhan dengan lebih jauh.

1. Situs Sejarah Alkitab Indonesia

Situs Sejarah Alkitab Indonesia (SAI) merupakan satu dari sekian banyak situs Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) yang khusus membahas sejarah perkembangan terjemahan Alkitab dan biografi para penerjemahnya. Namun, selain itu, tersedia juga halaman khusus yang memuat Ensiklopedia Alkitab. Isinya adalah saduran dari artikel yang ditulis oleh D.D., Frank Charles Thompson, Ph.D. Cara memakainya mudah, silakan klik menu dropdown PL atau PB pada bagian atas halaman, lalu pilih kitab yang ingin Anda telusuri. Di dalamnya, Anda akan menemukan beberapa data penting, di antaranya penulis kitab, tokoh utama, tema utama, analisis kitab, dan peristiwa-peristiwa penting. Disediakan juga tautan-tautan dalam daftar "peristiwa penting" yang jika diklik akan mengarahkan Anda ke Alkitab online, situs SABDA Alkitab. Untuk melihat ensiklopedia kitab sebelum/sesudahnya, Anda bisa klik tombol "sebelumnya" dan "sesudahnya" pada awal dan akhir artikel. Silakan mencoba.

Situs Sejarah Alkitab Indonesia

2. AlkiPEDIA

Sejauh ini, aplikasi AlkiPEDIA adalah satu-satunya aplikasi Ensiklopedia Alkitab berbahasa Indonesia. Perpustakaan Elektronik Dan Informasi Alkitab (PEDIA) akan membawa pengguna kepada fakta, latar belakang, garis besar, tujuan, tema-tema kunci, survei, dan ciri khas kitab-kitab dan pasal-pasal dalam Alkitab. Aplikasi ini juga terintegrasi dengan aplikasi Kamus Alkitab yang menolong Anda mencari definisi kata-kata penting yang muncul dalam penjelasan tiap pasal. Anda juga dapat mengeklik kata yang memiliki hyperlink, yang secara otomatis akan membuka aplikasi Kamus Alkitab. Aplikasi AlkiPEDIA tersedia secara GRATIS dan bisa digunakan dalam mode luring (offline). Selain dengan aplikasi, Anda juga dapat mengakses bahan-bahan AlkiPEDIA melalui halaman PEDIA di situs Alkitab SABDA, yang juga dilengkapi dengan halaman MEDIA untuk semakin memperkaya pembelajaran Alkitab Anda dengan berbagai bahan multimedia, seperti: infografis, audio, dan video. Selamat menggali firman Tuhan.

Aplikasi AlkiPEDIA Halaman PEDIA Halaman MEDIA

Selain melalui dua sumber bahan di atas, Anda juga bisa mendapatkan berbagai informasi seputar Alkitab untuk penggalian Alkitab dalam:

 

APPPS LIVE

App-alks: Diskusi: Hubungan Kita dengan Firman Tuhan dan Teknologi

Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh Barna Group dan American Bible Society mengenai hubungan orang Amerika dengan Alkitab, ditemukan fakta-fakta menarik, di antaranya:

  1. Dua pertiga orang Amerika membaca, mendengarkan, atau berdoa menggunakan Alkitab (16% setiap hari, 21% seminggu sekali atau lebih, 7% sebulan sekali, 6% beberapa kali dalam setahun).
  2. Pembacaan Alkitab meningkat bila Alkitab dilihat sebagai bagian penting dari perjalanan iman seseorang.
  3. Pembacaan Alkitab menurun ketika orang terlalu sibuk dengan tanggung jawab dalam hidup, mulai meragukan iman mereka, menghadapi trauma, atau meninggalkan gereja.
  4. Ada penurunan dalam pembacaan Alkitab di antara kaum milenium.
  5. Kebanyakan orang lebih suka menggunakan Alkitab cetak (91%) untuk membaca Kitab Suci, tetapi mereka juga menggunakan format-format noncetak (ponsel cerdas, aplikasi, podcast, internet, dan audio) untuk membaca Alkitab (92%).

Sumber: http://www.jumpintotheword.com/…/24/state-of-the-bible-2017/

Melihat fakta-fakta ini, bagaimana hubungan orang percaya Indonesia dengan firman Tuhan saat ini? Apakah alat-alat teknologi menolong kita membaca dan mendalami firman Tuhan secara disiplin? Berikut ini adalah beberapa tanggapan dan pendapat dari anggota komunitas #Ayo_PA! terhadap isu tersebut.

"Alat-alat teknologi sangat menolong saya untuk melakukan PA. Sekarang, saya membaca Alkitab bukan sekadar membaca. Dengan aplikasi-aplikasi yang mendukung untuk studi Alkitab, pemahaman mengenai ayat firman Tuhan bisa lebih mendalam. Roh Kudus menuntun kita menggunakan dengan bijak semua aplikasi yang ada." — Evie Wisnubroto

"Saya lebih suka pakai SABDA Android, sebab mudah dibawa ke mana saja dan bisa dibaca di mana saja. Sering kali, orang malu ketika membaca Alkitab di tempat umum, bahkan banyak yang malu kalau baca Alkitab di gereja saat sebelum ibadah mulai, banyak orang lebih suka main HP atau ngobrol sambil menunggu ibadah mulai. Artikel di atas pun memang benar, biasanya orang akan menjadi malas baca Alkitab saat mengalami kekecewaan. Saya pun pernah mengalaminya, untungnya sekarang sudah ada Alkitab audio. Saat malas baca, ya tinggal putar saja MP3 Alkitab di HP." — Dedy Yanuar

Lalu, bagaimana dengan pendapat Sahabat IT-4-GOD? Apakah setuju atau Sahabat memiliki pendapat lain? Mari ikut berpartisipasi dalam diskusi ini di komunitas #ayo_PA!

Komunitas #Ayo_PA!

App-alks: Tim IT-4-GOD dalam Rapat Kerja Mini Yayasan Lembaga SABDA 2017

Pada 7 -- 8 Juni 2017, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) kembali mengadakan Rapat Kerja (Raker) Mini untuk mengevaluasi pelayanan semester I/2017 dan membuat rencana semester II. Tim Aplikasi Pelayanan dan Teknologi (ApTek) juga melaporkan pelayanan digital IT-4-GOD selama semester I. Kami bersyukur karena hasil pelayanan menggembirakan, khususnya yang telah kami kerjakan melalui publikasi IT-4-GOD, situs Apps4God, dan komunitas Apps4God. Kiranya semakin banyak gereja dan orang-orang Kristen Indonesia terbuka dengan isu-isu digital dan perkembangan teknologi yang dapat dimanfaatkan bagi pelayanan. Meskipun dalam prosesnya, redaksi sempat mengalami beberapa hambatan, tetapi pada pertengahan semester, akhirnya kami menemukan strategi kerja yang lebih baik untuk mengejar setiap ketinggalan yang ada.

Pada semester II/2017, tim ApTek akan terus melaksanakan program kerja rutin yang telah direncanakan pada awal tahun kemarin. Untuk program khusus, kami akan mengadakan grup diskusi App-Tech yang bertujuan untuk mengumpulkan orang-orang Kristen yang terbeban memikirkan ide-ide dan isu-isu yang dapat dikerjakan bersama-sama, salah satu contohnya di Code for the Kingdom. Komitmen kami untuk semester ini adalah untuk menjajaki lebih banyak jalur multimedia. Kami akan serahkan rencana-rencana ini kepada Tuhan dan doakan kiranya Tuhan menolong tim ApTek untuk dapat mengerjakan dengan baik. Doakan juga agar Tuhan mengirim sumber daya manusia yang memiliki keterampilan yang kami butuhkan untuk memajukan pelayanan IT-4-GOD.

Let us do our best, let GOD do the rest! Salam IT for God!


App-ech: Restrukturisasi dan Redesain Situs Apps4God

Pada Juni 2017, pelayanan ApTek akhirnya dapat meluncurkan situs Apps4God dengan wadah dan wajah baru. Situs Apps4God yang baru ini memiliki navigasi yang lebih baik dan informatif. Selain itu, struktur situs ini telah didesain ulang dengan memanfaatkan CMS Drupal sehingga lebih memudahkan pemeliharaannya ke depan. Karena lebih ramah untuk pengguna, peningkatan ini juga memudahkan pengunjung situs menjelajahi dan mengakses bahan-bahan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dengan wadah dan wajah baru ini, kami berharap pengunjung situs Apps4God dapat lebih mudah mengakses semua bahan seperti layaknya membuka situs berita, dan berselancar dengan leluasa karena ada banyak tambahan bahan dan artikel baru di dalamnya. Kiranya gereja semakin diberkati dengan informasi tentang teknologi yang dapat dipakai untuk mendorong kemajuan Kerajaan Tuhan. Selamat berselancar di situs Apps4God (http://apps4god.org/) dan jangan lupa memberi testimoni atau pendapat Anda dengan mengirimkan email ke live@apps4god.org.

Situs Apps4God

App-ech: Tim Yayasan Lembaga SABDA dalam Acara HACK7

Pada 7 -- 9 Juli 2017, Yayasan Lembaga SABDA mengikuti acara hackathon HACK7 yang diadakan oleh IMAGO Planet diwakili oleh Jeffrey Lim. HACK7 adalah sebuah ajang berkumpulnya orang-orang yang disatukan oleh kerinduan yang sama untuk menghasilkan sesuatu yang berdampak langsung dalam hidup banyak orang melalui karya-karya yang mereka ciptakan. Bersyukur pada acara tersebut, YLSA yang terbentuk dalam tim ABBA berhasil menjadi juara runner up dengan proyek mereka, Alkitab Bicara (ABBA). Simak liputan selengkapnya dalam IT-4-GOD edisi 12 mendatang.

 

DIGITAL MINISTRY

Bagaimana Menggunakan Ponsel Pintar untuk Belajar Alkitab bagi Kaum Muda?

.... Penggunaan ponsel pintar untuk belajar Alkitab untuk kelompok kaum muda adalah topik yang tidak mudah mendapat kesepakatan -- haruskah remaja diperbolehkan untuk belajar secara daring (online), membuka ayat-ayat Alkitab melalui aplikasi, atau menulis catatan di ponsel mereka? Bagi sebagian orang, kelebihannya mengatasi kekurangannya. Namun, bagi sebagian yang lain, ponsel pintar adalah gangguan bagi pertumbuhan iman.

Menurut saya, ponsel pintar bisa dipakai dengan efektif, yaitu ketika ponsel membantu murid-murid lebih terlibat untuk bertumbuh dalam iman mereka melebihi cara yang lain. Tentu saja, Anda perlu menimbang pro dan kontra dari penggunaannya.

Pro penggunaan ponsel pintar dalam studi Alkitab:

  • Ponsel memampukan mereka mencari pengertian kata-kata dengan lebih mudah.
  • Anda bisa menyorot dan menyimpan ayat-ayat.
  • Anda bisa mencari kata tertentu di seluruh Alkitab hanya dengan beberapa klik.
  • Beberapa murid lebih memilih untuk mencatat secara elektronis.

Kontra penggunaan ponsel pintar dalam studi Alkitab:

  • Membaca Alkitab di ponsel bisa menimbulkan gangguan ekstra.
  • Beberapa murid lebih memilih salinan cetak.
  • Tidak semua murid memiliki ponsel. Karena itu, beberapa mungkin merasa tidak dilibatkan.
Selengkapnya: Bagaimana Menggunakan Ponsel Pintar ...