Apps4God

IT-4-GOD Edisi 16 | September 2017
ICD Watch : Renungan Alkitab
APPPS Live : App-✞alks: Diskusi Statistik Perkembangan Dunia Digital
App-✞ech: Alkitab Suara Anak
Digi Min : Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Gereja Anda Mulai Menggunakan Media Sosial
[IT-4-GOD] Edisi 16 - September 2017
EDITORIAL

Baru-baru ini, komunitas Apps4God membuka diskusi mengenai statistik teknologi digital yang dikeluarkan oleh We Are Social - Hootsuite. Dalam statistik tersebut, disebutkan fakta bahwa 3,8 miliar orang atau sekitar 51% populasi manusia di dunia terhubung dengan internet. Hal ini menunjukkan bahwa saat ini dunia digital merupakan ladang pelayanan yang sangat besar dan benar-benar strategis. Pertanyaannya, apakah Sahabat IT-4-GOD dan gereja Anda siap terjun di dalamnya untuk menggarami dunia digital dengan Kabar Baik?

Edisi kali ini akan menyajikan beberapa referensi yang bisa Sahabat IT-4-GOD manfaatkan untuk menggarap ladang pelayanan digital di gereja Anda. Kiranya sajian kami dapat menolong jemaat di gereja Anda untuk memulai pelayanan digital, bahkan melalui hal terkecil yang bisa kita lakukan. Salah satunya, melalui media sosial. Bagaimana mempersiapkannya? Sahabat bisa menemukan jawabannya dalam artikel Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Gereja Anda Mulai Menggunakan Media Sosial. Salam IT-4-GOD!

In Christ,

Hilda Pemimpin Redaksi IT-4-GOD, Hilda
 

INDONESIAN CHRISTIAN DIGITAL WATCH (ICDW)

Renungan Alkitab

Melakukan saat teduh adalah salah satu cara untuk membangun hubungan yang intim dengan Allah. Untuk menjalankan saat teduh, cara yang paling umum dilakukan adalah dengan membaca bahan-bahan renungan Alkitab setiap hari. Berikut ini, kami sajikan bahan-bahan renungan digital untuk membantu pemahaman Alkitab Anda ketika bersaat teduh.

1. Publikasi e-SH dan e-RH

Publikasi e-Santapan Harian (e-SH) oleh Scripture Union dan e-Renungan Harian (e-RH) oleh Yayasan Gloria. Sejak 20 tahun (1997) yang lalu, kedua publikasi ini dikirimkan secara digital kepada pelanggannya dengan sistem Internet-Komputer Alkitab Network (I-KAN) yang dibangun Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Jika Anda ingin melakukan saat teduh dengan merenungkan firman Tuhan secara berurutan pasal demi pasal, Anda dapat berlangganan e-SH. Bagi Anda yang ingin merenungkan firman Tuhan dengan kitab yang berbeda setiap harinya, Anda dapat berlangganan e-RH. Dapatkan kedua publikasi ini dalam email Anda setiap hari dengan cara berlangganan: admin e-RH (rh@sabda.org) dan e-SH (sh@sabda.org). Kedua renungan ini juga bisa diakses melalui aplikasi Alkitab SABDA/Yuku, aplikasi Renungan PSM, aplikasi e-SH, atau Alkitab Mobi. Anda juga bisa berdiskusi dan membagikan hasil renungan Anda dalam komunitas e-SH dan komunitas e-RH. Silakan bergabung dan menjadi berkat.

Publikasi e-SH Publikasi e-RH

2. Aplikasi Renungan Oswald Chambers (ROC)

Renungan Oswald Chambers (ROC) merupakan renungan yang disusun dari khotbah-khotbah Oswald Chambers, seorang penginjil dari Skotlandia yang hidup pada awal abad ke-20. Pada masa hidupnya, Biddy Chambers, istri Oswald, membuat catatan-catatan singkat dengan sangat cepat dari setiap khotbah dan ceramah-ceramah panjang Oswald ketika ia masih berpraktik sebagai dosen teologi dan hamba Tuhan. Hasil catatan itu beliau rangkum dalam buku yang berjudul My Utmost for His Highest.

Bahan ini kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh M. Agustinus Purba, dan kemudian didigitalisasi oleh Yayasan Lembaga SABDA ke dalam aplikasi Renungan Oswald Chambers (ROC). Dalam aplikasi ini, terdapat 366 renungan untuk bersaat teduh setiap hari dalam setahun; masing-masing terdiri dari dua bagian utama, yaitu ayat dan renungan. Untuk menggunakan ROC, silakan pilih tanggal renungan yang diinginkan untuk melakukan saat teduh. Aplikasi ROC juga dilengkapi dengan audio. Silakan unduh audionya terlebih dahulu dengan menekan ikon speaker pada menu sebelah atas. Selain melalui aplikasi ini, Anda bisa mendapatkan bahan-bahan digital ROC melalui: aplikasi Alkitab SABDA Android, Alkitab Mobi, Renungan.co, dan SABDA Bot (Telegram).

Aplikasi ROC (Android) Audio ROC

Kabar gembira! Kini, aplikasi Renungan Oswald Chambers (ROC) tersedia dalam versi iOS. Silakan mengunduhnya.

Aplikasi ROC (iOS)
 

APPPS LIVE

App-alks: Diskusi Statistik Perkembangan Dunia Digital

Komunitas Apps4God kali ini melakukan diskusi mengenai statistik perkembangan status dunia digital secara global selama kuartal tiga (Q3) 2017 yang dikeluarkan oleh We Are Social - Hootsuite. Diskusi yang dilaksanakan selama satu minggu (11 -- 19 September 2017) dibagi dalam tiga topik statistik berikut.

1. Global Overview: Gambaran global perkembangan dunia digital saat ini bahwa ada 7 miliar orang di dunia dan 3,8 miliar dari mereka terhubung dengan internet.
2. Global Internet Use: Statistik penggunaan internet secara global, yaitu 92% pengguna mengakses internet melalui perangkat mobile.
3. Global Social Media Use: Statistik penggunaan media sosial secara global sebanyak 3 miliar pengguna.

Diskusi kemudian ditutup dengan mengajak peserta untuk merenungkan betapa besarnya ladang yang telah siap untuk digarap ini. Ada 3,8 miliar orang yang siap mengakses Kabar Baik dan mengenal sang Juru Selamat, Yesus Kristus, melalui dunia digital. Tidakkah Sahabat melihat kesempatan ini? Bisa saja mereka saat ini mengakses internet untuk mencari Tuhan dan kebetulan menemukan situs, blog, atau akun media sosial Sahabat IT-4-GOD. Berikut ini tanggapan dari salah satu peserta:

"Teknologi memudahkan pelayanan; lebih cepat, lebih efisien, sebaiknya gereja menambah ruang pelayanan digital ministry."

Theofani Angguk Kongasa

Mari memulai pelayanan digital melalui hal terkecil yang kita bisa lakukan! Contohnya melalui kiriman yang kita bagikan dalam akun media sosial kita. Bisa saja hal yang kita anggap kecil ini berdampak besar bagi kehidupan orang lain di balik layar sudut dunia yang lain. Jadi, apa penerapan yang bisa Sahabat IT-4-GOD lakukan? Langkah praktis apa yang akan Sahabat lakukan untuk menanggapi fakta-fakta dari statistik tersebut? Mari bagikan dalam komunitas Apps4God.

Komunitas Apps4God

App-ech: Alkitab Suara Anak

Alkitab Suara adalah salah satu mitra Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) dan gerakan Apps4God yang memiliki kerinduan untuk membantu sebanyak mungkin orang mendengar, memahami, dan mencintai firman Tuhan. Proyek yang mereka kerjakan adalah Alkitab audio drama berbahasa Indonesia yang didukung oleh penokohan, musik latar yang diciptakan secara khusus, dan efek suara. Setiap pasal dalam Alkitab dikemas secara menarik seperti layaknya sandiwara radio sehingga membantu pendengar membayangkan setiap peristiwa atau keadaan yang sesuai dengan cerita.

Pada Februari 2016, Alkitab Suara berhasil menyelesaikan proyek Alkitab audio mereka secara lengkap, baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Dan, pada Agustus 2017, Alkitab Suara kembali membagikan kabar gembira, yaitu selesainya proyek Alkitab Suara Anak. Selain dilengkapi dengan musik latar, penokohan, dan efek suara yang menarik, ada pula berbagai pertanyaan yang dapat dijadikan bahan diskusi bersama si kecil. Berbeda dengan sistem Alkitab audio yang dibagi ke dalam tiap kitab, sistem Alkitab Suara Anak ini dibagi ke dalam cerita-cerita dari Alkitab (200+ file audio) yang akan menolong anak memahami firman Tuhan. Alkitab Suara Anak ini dapat Anda akses melalui streaming dan mengunduh secara GRATIS di SoundCloud Alkitab Suara atau kunjungi www.alkitabsuara.com.

 

DIGITAL MINISTRY

Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Gereja Anda Mulai Menggunakan Media Sosial

Ketika sebuah gereja mencari bantuan tentang bagaimana memulai pelayanan media sosial, hal ini biasanya tentang meluncurkan atau mendesain ulang situs web gereja, membuat sebuah halaman Facebook untuk gereja, dan kemungkinan membuat akun Instagram dan/atau Twitter. Namun, usaha-usaha ini setiap kali hanya sia-sia karena kesalahpahaman tentang sifat media sosial.

Berikut ini penjelasan sederhananya. Media sosial adalah media (informasi, kebenaran, semacam pesan) yang bersifat sosial (menyebar dari individu ke individu atau individu ke masyarakat melalui relasi). Namun, kita yang dibesarkan pada zaman televisi, radio, media cetak, dan bahkan hari-hari awal internet berharap hal itu sesederhana seperti pada dua dekade yang lalu ketika institusi atau organisasi apa pun bisa mendistribusikan pesannya secara luas dan mengandalkan respons yang layak dari khalayak umum.

Berikut ini adalah kenyataan berat, atau kesempatan indah jika kita bisa melihatnya demikian, yang sedang kita hadapi:

  • Masyarakat tidak lagi memercayai institusi, termasuk gereja, untuk bersikap jujur terhadap pesan mereka.
  • Masyarakat tidak mendengarkan bahasa institusional, tetapi sebaliknya, menuntut suara manusia secara autentik.
  • Masyarakat tidak memilih sesuatu berdasarkan iklan, tetapi berdasarkan pendapat teman.

Jadi, memiliki situs gereja, atau halaman Facebook gereja, atau apa pun yang milik gereja, sangat tidak efektif jika tidak bersifat personal, manusiawi, dan relasional.

Selengkapnya: Hal-hal yang Harus Dilakukan Sebelum Gereja Anda Mulai ...