Apps4God

IT-4-GOD Edisi 17 | Oktober 2017
ICD Watch : Mengenal YLSA
APPPS Live : App-✞alks: ✞ED Alkitab Pintar
App-✞ech: Hadiah Ulang Tahun YLSA: Enam DVD Media Baru
Digi Min : Perkembangan Proyek Alkitab Pintar
[IT-4-GOD] Edisi 17 - Oktober 2017
EDITORIAL

Shalom,

IT-4-GOD edisi 17 ini menyajikan garis besar topik-topik yang dibahas pada ✞ED ulang tahun Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) pada Oktober 2017 yang lalu. Tujuannya untuk menolong Sahabat sekalian mengenal proyek besar yang sudah, sedang, dan akan dikerjakan oleh YLSA, yaitu proyek Alkitab Pintar. Kiranya melalui sajian-sajian ini, Sahabat tergerak untuk mendoakan YLSA dan proyek besar ini. Selain itu, kami berharap segala hal yang dikerjakan YLSA juga menjadi inspirasi bagi banyak anak Tuhan untuk berkarya melalui teknologi bagi kemajuan pelayanan Tuhan di Indonesia. Mari kita memakai teknologi untuk menolong orang mengenal Tuhan dan mengasihi Dia.

Selamat menikmati sajian kami. Tuhan Yesus memberkati.

In Christ,

Odysius Redaksi tamu, Yulia Oeniyati
 

INDONESIAN CHRISTIAN DIGITAL WATCH (ICDW)

Mengenal YLSA

Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) adalah yayasan Kristen nonprofit dan nonkomersial yang berfokus pada penyediaan Alkitab, alat-alat biblika, dan sumber-sumber bahan kekristenan digital yang bermutu bagi masyarakat Kristen Indonesia. Lahirnya publikasi IT-4-GOD juga tidak terlepas dari peranan YLSA sebagai lembaga yang menaunginya. Namun, mungkin, masih ada di antara Sahabat IT-4-GOD yang belum cukup mengenal YLSA, baik secara organisasi maupun bidang pelayanan yang dikerjakannya. Berikut ini adalah dua portal utama yang dapat menolong Sahabat untuk semakin mengenal pelayanan YLSA.

1. Situs YLSA.org

YLSA.org

Melalui situs YLSA.org, Sahabat akan mengenal lebih dalam tentang pelayanan YLSA sebagai yayasan Kristen nonprofit yang bergerak di bidang biblical computing. Pada menu Tentang dan FAQ, Anda dapat mengetahui latar belakang berdirinya YLSA, visi-misi, sejarah, filosofi pelayanan, dll.. Untuk mendapatkan produk-produk YLSA, silakan buka menu Produk dan Anda akan menjumpai beberapa tautan yang mengarah ke produk dan pelayanan utama YLSA, seperti: Software SABDA, Alkitab Audio, Publikasi, PESTA, dan masih banyak lagi. Kunjungi pula menu Berita YLSA untuk mendapatkan berita-berita terkini seputar perkembangan pelayanan di YLSA yang dibagikan melalui publikasi Berita YLSA setiap tengah bulan. Anda bisa berlangganan publikasi ini dengan mengirimkan e-mail ke subscribe-i-kan-berita-ylsa@hub.xc.org. YLSA sebagai yayasan Kristen yang melayani di bidang teknologi, tentu tidak dapat mengerjakan pelayanannya sendiri. Karena itu, silakan Anda buka menu Partisipasi untuk melihat apa yang bisa Anda lakukan untuk mendukung pelayanan YLSA.

YLSA.org

2. Situs SABDA.org

SABDA.org

Situs SABDA.org adalah situs portal Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) yang dibangun dengan visi menjadi jembatan antara masyarakat Kristen Indonesia dan sumber-sumber informasi kekristenan yang tersedia di dunia internet. Berbagai informasi tersebut dapat dengan mudah Anda akses melalui menu Alkitab, Referensi, Publikasi, dan Komunitas yang terletak di bawah bagian header. Situs SABDA.org dilengkapi dengan fasilitas pencarian untuk membantu Anda mencari bahan Alkitab dan bahan-bahan lain yang dimuat dalam situs-situs YLSA. Melalui situs SABDA.org, Anda bisa langsung mendaftarkan diri untuk berlangganan berbagai publikasi yang dirilis oleh YLSA dan terhubung ke semua situs dan komunitas yang dikelola oleh YLSA. Seluruh informasi tentang update produk YLSA yang terbaru juga akan diinformasikan melalui situs ini pada halaman muka. Selamat berselancar dan mendapatkan berkat-berkat dari portal SABDA.org.

SABDA.org

YLSA memiliki banyak sekali bahan-bahan digital yang mendukung pelayanan Anda, terutama untuk melakukan penggalian Alkitab. Di bawah ini, kami kategorikan berbagai software dan bahan-bahan digital YLSA yang bisa Anda gunakan.

Situs Alkitab

  1. Alkitab SABDA: situs belajar Alkitab online terlengkap dengan berbagai alat dan fasilitas pendukung.
  2. SABDAweb: situs Alkitab online yang lebih sederhana dengan cara-cara menarik untuk menggali Alkitab.
  3. Alkitab.mobi: Alkitab online untuk perangkat mobile.
  4. SABDA Zoom: situs Alkitab yang memiliki navigasi per kitab dan per judul perikop dalam Alkitab bahasa Indonesia versi TB.

Software dan aplikasi SABDA

  1. Software SABDA: program Alkitab dan Biblika yang menolong mempelajari Alkitab dengan lebih dalam, menyenangkan dan tuntas.
  2. Android SABDA: katalog aplikasi Android SABDA.

Studi Alkitab

  1. Pendidikan Elektronik Studi Teologia Awam: kelas online untuk memperlengkapi orang Kristen awam dengan pendidikan teologia.
  2. e-Learning: pusat download sumber bahan pelajaran Kristen dan pendidikan elektronik.
 

APPPS LIVE

App-alks: ✞ED Alkitab Pintar

✞ED Alkitab Pintar

Acara ✞ED @SABDA yang diselenggarakan Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) Oktober lalu mengusung tema Alkitab Pintar karena presentasi yang dibawakan adalah tentang perkembangan pelayanan Alkitab digital di YLSA. Ada tiga sesi perkembangan: Alkitab Pintar (Past), Alkitab Pintar (Present), dan Alkitab Pintar (Future).

Bagian pertama dari tema Alkitab Pintar ini membawa pengunjung yang hadir untuk melihat ke belakang, khususnya apa yang sudah dikerjakan YLSA sejak berdiri, tahun 1994. Jadi, sebenarnya proyek Alkitab Pintar telah dimulai cukup lama. Untuk lebih jelasnya, silakan menyimak pemaparan presentasi ini pada kolom Digital Ministry.

Pembicara Sesi 2

Bagian kedua berisi sepuluh presentasi singkat (@3 menit) yang menjelaskan tentang proyek-proyek Alkitab Pintar yang saat ini sedang dan akan terus dikerjakan YLSA:

  1. Alkitab Pintar dalam Platform Mobile (Odysius Bio Temara)
  2. SABDA Bot (Elizabeth Nathania Witanto)
  3. Komunitas Alkitab (Santi Titik Lestari)
  4. Support and Training (Rostika Surya Novantina)
  5. Publikasi PA21 (Abraham Aji)
  6. Media DVD (Danang Dwi Kristiyanto)
  7. Biblical Recommendation System (Agus Setiawan)
  8. Media Alkitab (Hadi Pramono)
  9. Google Home - Bible Man (Jeffrey Lim)
  10. Talk 2 Me Bible (Jeffrey Lim)

Bagian terakhir, adalah presentasi dari Ketua YLSA, Ibu Yulia, yang membagikan tentang Alkitab Yang Terbuka, proyek penerjemahan Alkitab yang dikerjakan YLSA untuk menjadi bagian dasar dari Alkitab Pintar. Acara ditutup dengan diskusi panel untuk memberi kesempatan kepada peserta yang hadir untuk mengajukan pertanyaan mengenai proyek Alkitab Pintar pada masa depan kepada para pembawa materi.

Secara keseluruhan, acara +TED @SABDA ini memberikan angin segar karena di tengah kemajuan teknologi, anak-anak Tuhan ternyata tidak tinggal diam. Mereka terus berkarya agar jemaat Tuhan diperlengkapi dan nama Tuhan dimuliakan.


App-ech: Hadiah Ulang Tahun YLSA: Enam DVD Media Baru

Enam DVD Media Baru

Pada acara ✞ED @SABDA Alkitab Pintar, Yayasan Lembaga SABDA juga mengumumkan hadiah ulang tahun SABDA bagi masyarakat Kristen, yaitu produk baru berupa enam DVD Media yang akan mendukung ekosistem dari proyek Alkitab Pintar. Berikut ini adalah keenam DVD Media tersebut:

  1. DVD Video Alkitab Gambar Perjanjian Lama :: Berisi Alkitab Perjanjian Lama (Kejadian s.d. Maleakhi) dalam format video bergambar, disertai subtitle teks per ayat, dan audio berdrama yang disertai dengan penokohan, musik latar belakang, dan efek suara yang menolong pengguna melihat, mendengar, dan mencermati setiap hal dalam Alkitab.

  2. DVD Video Alkitab Gambar Perjanjian Baru :: Berisi Alkitab Perjanjian Baru (Matius sampai Wahyu) dalam format video bergambar, disertai subtitle teks per ayat, dan audio drama yang disertai dengan penokohan, musik latar belakang, dan efek suara yang menolong pengguna melihat, mendengar, dan mencermati setiap hal dalam Alkitab.

  3. DVD The Bible Project - Alkitab Proyek Indonesia :: DVD TBP-API adalah kumpulan video animasi yang dirilis oleh The Bible Project (TBP)-Alkitab Proyek Indonesia (API) yang menarasikan 66 kitab dan tema-tema khusus dalam Alkitab. Video-video ini dibuat untuk menjelaskan Alkitab berdasarkan konteks sejarah dan sangat membantu masyakarat pada era digital ini untuk memahami Alkitab secara komprehensif.

  4. DVD Drama Audio Alkitab Suara :: Drama Audio Alkitab Suara adalah kumpulan bahan-bahan biblika yang terdiri dari audio Alkitab dramatis, renungan audio Renungan Oswald Chambers untuk membantu saat teduh Anda serta kartu program Anda Punya Waktu yang menolong Anda disiplin membaca Alkitab secara urut.

  5. DVD Tafsiran Audio Kebenaran Abadi :: Tafsiran Audio "Kebenaran Abadi" adalah pengajaran Alkitab dari Kejadian sampai Wahyu dalam format audio yang dapat Anda dengar setiap hari secara sistematis, berdurasi 30 menit per sesi.

  6. DVD Sekolah Alkitab Audio :: DVD Sekolah Alkitab adalah kumpulan bahan biblika yang sangat bagus untuk menolong Anda mendalami firman Tuhan dalam format audio.

Semua DVD di atas dapat menjadi perpustakaan sumber-sumber bahan digital yang ditujukan untuk memperlengkapi masyarakat Kristen Indonesia dalam melakukan penggalian Alkitab dengan memanfaatkan berbagai media audio, visual, dan audiovisual. Sahabat IT-4-GOD bisa mendapatkan produk ini dengan melakukan pemesanan melalui berbagai komunitas yang dikerjakan YLSA ataupun mengirimkan email ke ylsa@sabda.org. Kiranya menjadi berkat.

 

DIGITAL MINISTRY

Perkembangan Proyek Alkitab Pintar Yayasan Lembaga SABDA

Proyek Alkitab Pintar

Seperti yang sudah dibahas dalam artikel sebelumnya, proyek Alkitab Pintar sesungguhnya bukanlah hal yang baru saja dikerjakan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA). Alkitab Pintar sudah dirintis sejak 1994 dan pada 1996, lahirlah Software SABDA v.1. Proyek ini akan terus dikembangkan oleh Yayasan Lembaga SABDA untuk memperlengkapi masyarakat Kristen Indonesia menggali Alkitab dengan lebih smart lagi. Berikut ini adalah transkrip presentasi mengenai perkembangan Alkitab Pintar yang dibawakan oleh Yohanes Chandra (YoChan) dan Hadi Pramono dalam ✞ED Alkitab Pintar yang lalu.

Alkitab Pintar Generasi Awal

Apa bayangan Anda tentang Alkitab Pintar? Apakah sebuah Alkitab yang bisa membaca pikiran? Yang sedemikian pintarnya sehingga ketika kita sedang mengalami masalah, ia akan langsung memberikan respons berupa ayat yang cocok dengan masalah kita? Atau seperti apa?

Apa itu Pintar?

Frasa Alkitab Pintar, mungkin sedikit sulit dipahami dari segi bahasa Indonesia. Namun, jika kita menggunakan istilah bahasa Inggris, Smart Bible, menjadi lebih mudah dipahami. Apalagi karena kita sudah familiar dengan yang namanya smartphone. Pintar yang dimaksud di sini adalah bisa melakukan lebih dari biasanya. Sebagai contoh, ketika kita mengatakan seorang anak pintar, karena kita membandingkannya dengan anak-anak yang lain. Anak yang pintar ini bisa melakukan sesuatu yang lebih dibandingkan dengan anak-anak lain pada umumnya. Misalnya, anak itu pintar membaca, artinya ia memiliki kemampuan membaca yang lebih daripada umumnya. Jadi, kata pintar digunakan untuk menunjukkan kualitas yang lebih dari yang hanya biasa.

...

Bagaimana dengan Alkitab?

Bagaimana dengan Alkitab cetak konvensional? Kita hanya bisa membaca ayat. Kalau beruntung, kita bisa mendapatkan sejumlah referensi silang, kamus kecil, serta peta sederhana (yang biasa ada di halaman Alkitab cetak paling belakang). Ini hal-hal standar yang bisa kita lakukan dengan Alkitab konvensional. Kelebihan-kelebihan apa yang bisa kita dapatkan dengan Alkitab Pintar yang tidak dimiliki oleh pendahulunya?

Selengkapnya: Alkitab Pintar Generasi Awal

Yohanes Chandra

SABDA It Ministry - Proyek Alkitab

Saya ingin menjelaskan secara singkat tentang proses pengembangan Alkitab Pintar yang saya ketahui selama saya melayani di Yayasan Lembaga SABDA.

Thanks God!

Pertama-tama, saya mengucap syukur kepada Tuhan karena kesempatan yang Ia berikan kepada kami untuk bisa mengerjakan proyek Alkitab Pintar. Mungkin tidak banyak organisasi atau orang yang dipanggil Tuhan untuk bisa terlibat dalam pekerjaan yang luar biasa ini, khususnya pada era digital. Kami ingin memakai pelayanan ini untuk memberikan dampak yang maksimal. Kami sungguh mengucap syukur kepada Tuhan.

Proyek Alkitab

Saya sudah bekerja di Yayasan Lembaga SABDA selama 5 tahun. Selama 5 tahun ini, saya bersama tim SABDA telah banyak mengembangkan proyek Alkitab. Yang mendorong dan memotivasi kami melakukan projek ini adalah Alkitab sendiri. Dan, hingga hari ini kami terus berusaha mengembangkannya.

Selengkapnya: SABDA It Ministry - Proyek Alkitab

Hadi Pramono