Apps4God

IT-4-GOD Edisi 5 | April 2017
ICD Watch : Bahan-Bahan Digital Paskah
APPPS Talks : Diskusi: Apakah Jemaat Baca Alkitab, Sebanyak Memeriksa Ponsel?
APPPS Talks : Kesaksian Pdt. Erwin Panggabean: Pelayanan Teknologi bagi Anak-Anak di Gereja
Digi Min : Empat Aturan Menulis Judul Blog untuk Situs Gereja
[IT-4-GOD] Edisi 5 - Maret 2017
EDITORIAL

Dengan kemajuan teknologi, kita semakin mudah mengakses lebih banyak bahan kekristenan yang akan menguatkan iman kita. Misalnya, dengan mengetik kata "Paskah" pada kotak penelusuran Google, dalam sekejap kita bisa mendapatkan artikel, renungan, khotbah, dan berbagai bahan lain bertema Paskah untuk kita nikmati. Bahan-bahan tersebut juga bervariasi jenisnya, mulai dari teks, visual, audio, video, semuanya ada. Karena itu, teknologi, yang dianugerahkan Tuhan kepada kita, bisa dan sudah seharusnya digunakan untuk menolong kita berelasi semakin dekat dengan Tuhan dan melayani sesama.

Pada IT-4-GOD edisi spesial Paskah ini, redaksi kembali menyajikan berita-berita seputar teknologi dan penggunaannya untuk mendukung pelayanan gereja, khususnya untuk menyambut peringatan Paskah. Simak sajian khusus kami tentang bahan-bahan digital Paskah dari SABDA Bot Paskah dan Situs Top Paskah di kolom ICDW. Simak pula kolom APPPS LIVE yang menyajikan informasi seputar wejangan Paus Fransiskus bagi umat Katolik, serta kesaksian Pdt. Erwin Panggabean dengan pelayanan teknologi bagi anak-anak di gerejanya. Sebagai penutup, kami juga menyajikan artikel berjudul Empat Aturan Menulis Judul Blog untuk Situs Gereja di kolom Digital Ministry.

Akhir kata, segenap redaksi IT-4-GOD mengucapkan: "Selamat Paskah 2017". Kiranya setiap kita senantiasa diingatkan untuk tidak menyia-nyiakan hidup yang telah dianugerahkan Tuhan kepada kita, yang telah dibayar mahal oleh darah Anak Domba Allah sendiri. Bagi Dialah kemuliaan sampai selama-lamanya!"

In Christ,

Odysius Staf Redaksi IT-4-GOD, Odysius
 

INDONESIAN CHRISTIAN DIGITAL WATCH (ICDW)

Bahan-Bahan Digital Paskah

Masa Paskah selalu mengingatkan kita tentang betapa besarnya pengorbanan Kristus untuk menebus dosa manusia. Bagaimanakah respons yang tepat atas kasih Allah tersebut? Mari menyambut Paskah tahun ini, tidak hanya dengan melakukan perayaan secara rutin, melainkan juga dengan menghayati, belajar, serta membagikan kabar keselamatan Kristus kepada sesama. Apalagi, kemajuan teknologi pada era informasi sekarang ini memungkinkan tersedianya materi/bahan Paskah yang melimpah dalam format digital yang bisa dibagikan dengan sangat mudah. Pada edisi ini, redaksi IT-4-GOD mengulas sumber-sumber bahan Paskah dalam format digital yang diharapkan membantu kita semakin memaknai karya penebusan Kristus di kayu salib sehingga mendorong kita untuk hidup menjadi saksi Kristus bagi sesama.

1. SABDA Bot Paskah

Aplikasi Tafsiran

Bagi Anda yang memiliki aplikasi chatting Telegram, bahan-bahan Paskah dari YLSA dapat diperoleh melalui SABDA Bot. SABDA Bot adalah pelayanan mesin otomatis berbasis chat yang dapat memberikan ayat Alkitab, bahan-bahan biblika, dan bahan-bahan Paskah. Di antaranya, cerita Alkitab bergambar (kisah Yesus dikhianati sampai kisah Yesus bangkit), video paskah berdasar kitab Injil, audio khotbah, Sekolah Alkitab Audio (SAA), artikel Paskah, nas Alkitab, kumpulan himne Paskah, dan renungan Paskah. Pastikan Anda menginstal aplikasi Telegram dalam gadget Anda dan menambahkan @sabdabot sebagai teman. Atau, silakan membuka URL berikut ini: http://telegram.me/sabdabot/. Ketik "/Paskah" dalam kotak obrolan untuk melihat bahan-bahan Paskah yang telah tersedia bagi Anda. Jika Anda masih menemui kesulitan untuk menginstal SABDA Bot, silakan pelajari cara instalasi dan cara penggunaannya melalui halaman berikut ini. Kiranya menjadi berkat!

SABDA Bot

2. Situs TOP Paskah

Aplikasi Tafsiran

Situs TOP Paskah adalah salah satu situs direktori yang dikelola oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) yang akan mengarahkan pengunjung ke bahan-bahan Paskah terbaik, baik dari situs-situs YLSA maupun situs-situs lain yang khusus mengangkat tema Paskah, seperti situs SABDA Alkitab, situs Paskah Indonesia, dan situs-situs gereja. Tidak hanya itu, dalam situs ini juga terdapat banyak rangkuman peristiwa ataupun tema-tema besar Paskah yang membantu kita mempelajari sejarah dan makna peristiwa Paskah. Untuk memudahkan Anda mencari bahan, silakan perhatikan tiga kategori utama situs ini pada sidebar kanan, yaitu pada menu sidebar Injil, Media, dan Kategori. Situs TOP Paskah juga menautkan banyak sekali bahan multimedia yang menarik, seperti video dan audio. Jika Anda memiliki bahan-bahan seputar Paskah, Anda juga dapat berpartisipasi dan mengusulkannya agar dimuat dalam situs ini dengan mengirimkan e-mail ke paskah@sabda.org. Selamat berkunjung!

Situs TOP Paskah

 

APPPS LIVE

App-alks: Diskusi: Apakah Jemaat Baca Alkitab, Sebanyak Memeriksa Ponsel?

Dalam misa Minggu pertama pra-Paskah yang digelar di alun-alun St. Petrus, Vatikan, Paus Fransiskus mendorong umat Katolik untuk memperlakukan Alkitab mereka sebagaimana mereka memperlakukan ponsel yang selalu dibawa ke mana pun dan kerap diperiksa sepanjang hari. Karena itu, Paus meminta supaya jemaat tetap rajin membaca firman Tuhan karena dengan Firmanlah orang-orang percaya bisa melawan dosa dan tipu muslihat si Iblis. Kemudian, Paus mengajukan pertanyaan yang tak terduga kepada jemaat, “Apa yang akan terjadi kalau kita memperlakukan Alkitab sebagaimana kita memperlakukan ponsel kita? Kalau kita selalu membawa Alkitab, setidaknya Alkitab berukuran kecil, apa yang akan terjadi?”

Meskipun Paus Fransiskus tergolong pribadi yang menyambut teknologi saat ini dengan baik, tetapi dia tetap berpesan supaya teknologi itu tidak menggantikan peran penting Alkitab dalam hidup orang percaya. Dia menyebut perbandingan membaca Alkitab dan memeriksa ponsel adalah sesuatu yang "serius". Pada akhir pidatonya, Paus menegaskan supaya jemaat benar-benar bisa memperlakukan Alkitab sebagaimana banyak orang yang sudah kecanduan dengan ponselnya. “Pikirkan tentang hal ini. Alkitab selalu bersama kita, dekat dengan kita!” tandasnya.

Berikut ini adalah beberapa tanggapan dari Sahabat Apps4God yang telah bergabung dalam komunitas Apps4God mengenai hal ini.

Voni Yuniati

"Sebagian besar orang lebih tertarik menggunakan smartphone supaya bisa update (baca medsos dan berita), tetapi lupa untuk meng-upgrade diri lewat pembacaan dan perenungan firman Tuhan. Sebagian orang pun malas membawa Alkitab karena ukurannya yang tebal dijadikan alasan. Melalui smartphone diharapkan bisa mempermudah jemaat dalam mengakses Alkitab digital di mana pun dan kapan pun. Namun, harus disiplin tidak "mampir" akses medsos saat membaca Alkitab digital karena tiba-tiba muncul notification."

[Voni Yuniati]

Linda Cheang Yue Lin

"Ponsel pintar sekarang punya fasilitas untuk blok notifikasi. Jadi, bagi saya tidak ada alasan bisa tiba-tiba muncul notifikasi. Itu berarti si pengguna ponsel tidak teliti. Paling aman, biasanya saya pasang mode pesawat terbang saat ibadah, jadi semua koneksi tidak bisa masuk. Kendalanya, jika dibuat airplane mode, buka aplikasi Alkitab jadi lebih lambat, kecuali kalo aplikasi tersebut sering dipakai sebelumnya."

[Linda Cheang Yue Lin]

Bagaimana pendapat Saudara menanggapi pertanyaan dan perenungan yang disampaikan oleh Paus Fransiskus ini? Mari ikut berdiskusi. Salam IT 4 GOD!

Komunitas Apps4God

App-alks: Kesaksian Pdt. Erwin Panggabean: Pelayanan Teknologi bagi Anak-Anak di Gereja

Puji Tuhan, redaksi IT-4-GOD bersyukur untuk kesaksian Pdt. Erwin Panggabean, HKBP Hutagodang, Labuhanbatu Selatan, tentang gerejanya yang menyadari kepentingan teknologi pada era digital ini.

Kesaksian Pdt. Erwin Panggabean

"Sekarang, zaman digital baru. Seharusnya, anak-anak sudah tidak gagap lagi dengan berbagai macam teknologi, termasuk komputer. Namun, masih banyak anak di daerah yang buta akan teknologi, termasuk keterampilan komputer, sedangkan pemerintah pusat mewajibkan ujian sekolah secara digital. Keterbatasan sarana dan prasarana membuat mereka terkendala menghadapi perkembangan zaman. Oleh karena itu, gereja berupaya memberikan pelayanan kepada anak-anak agar tidak terkikis oleh zaman. #kursuskomputer"

[Erwin Panggabean, Pendeta HKBP Hutagodang]

Pdt. Erwin Panggabean mendorong gerejanya untuk memberikan pelayanan dan prasarana bagi anak-anak untuk belajar teknologi di gereja. Kiranya program ini dapat berjalan baik dan menolong lebih banyak generasi muda di gereja untuk mengenal teknologi sehingga mereka dapat menggunakannya dengan baik dan bijaksana.

Bagaimana dengan gereja Sahabat IT-4-GOD? Mari berbagi cerita Sahabat di Komunitas Apps4God. Biarlah cerita Anda menjadi dorongan bagi Sahabat IT-4-GOD lainnya agar mulai mendorong generasi muda mengenal teknologi terutama untuk pelayanan, dan bagaimana gereja menolong mereka menggunakannya bagi kemuliaan nama Tuhan.

Komunitas Apps4God

 

DIGITAL MINISTRY

Empat Aturan Menulis Judul Blog untuk Situs Gereja

Empat Aturan Menulis Judul Blog untuk Situs Gereja

Anda telah menulis sebuah blog yang bagus dan bermanfaat untuk situs gereja Anda. Blog Anda solid dan tidak akan ada kesalahan-kesalahan yang berarti. Anda sudah siap menekan tombol Go. Namun, blog Anda masih membutuhkan sebuah judul. Dan, itu penting.

Berbicara tentang membaca blog, enam dari sepuluh pembaca hanya akan membaca judul utama blog Anda dahulu, dan judul utama itulah yang akan benar-benar memengaruhi orang, apakah ia akan membaca isi blog Anda. Jadi, judul blog penting sekali. Jika judul blog begitu penting, Anda butuh strategi untuk menulis judul-judul yang bisa memikat setiap waktu. Judul blog Anda akan memainkan peranan besar bagaimana gereja Anda melayani secara daring, apakah Anda hanya akan menginformasikan berita terakhir tentang piknik gereja, atau memberi mereka daftar untuk mendapatkan bahan pelajaran sekolah minggu secara daring.

Ini adalah daftar panduan yang perlu Anda ingat ketika Anda sedang menulis judul blog untuk situs gereja Anda.

  1. Judul postingan blog harus berjumlah 69 karakter atau kurang (termasuk spasi).
  2. Judul postingan blog harus deskriptif, tidak tersirat.
  3. Perlakukan dua kata pertama sebagai yang utama.
  4. Buatlah sedikitnya lima pilihan, lalu pilihlah yang terbaik.

Selengkapnya