Apps4God

Submitted by admin on Thu, 09/22/2016 - 12:00

Setelah sukses mengadakan acara hackathon global berbasis Kristen terbesar pertama secara serentak di 13 negara di seluruh dunia pada bulan Oktober 2015 lalu, Code for the Kingdom (C4TK) akan kembali menyelenggarakan acara hackathon global Kristiani kedua pada tanggal 21-23 Oktober 2016 mendatang.

C4TK melalui situs leadnet.org pada hari Kamis (30/6/2016) mengumumkan 14 kota pertama dari 8 negara di seluruh dunia yang akan ikut berpartisipasi dalam kegiatan hackathon kali ini. Kota-kota tersebut adalah: Atlanta, AS / Austin, AS / Bengaluru, India / Chicago, AS / Dallas-Ft. Worth, AS / Denver, AS / Guatemala City, Guatemala / Jakarta, Indonesia / La Paz, Bolivia / London, Inggris / Manila, Filipina / Seattle, AS / Tarija, Bolivia / Warsaw, Polandia.

Sama seperti sebelumnya, acara hackathon Code for the Kingdom ini diadakan dengan tujuan mengajak para enterpreneur dan pakar teknologi untuk menggunakan karunia mereka untuk memberikan dampak pada budaya global dari persepektif kristiani. Kegiatan ini ditujukan untuk memajukan Injil melalui peniptaan teknologi baru untuk memberikan solusi terhadap masalah-masalah penting yang dialami masyarakat, komunitas, keluarga, dan kehidupan spiritual setiap orang.

Seperti dilansir dari situs resmi Code for the Kingdom Indonesia, tema C4TK Jakarta 2016 adalah "DISRUPT" yang artinya terobosan, keluar dari kebiasaan lama, dan dari cara pikir yang lama. Tema ini didasari oleh ayat firman Tuhan yang diambil dari kitab Wahyu 21:5 yang berbunyi, "Ia yang duduk di atas takhta itu berkata: "Lihatlah, Aku menjadikan segala sesuatu baru!" Dan firman-Nya:"Tuliskanlah, karena segala perkataan ini adalah tepat dan benar." "New, True, Faithful" atau "Baru, Kebenaran, Setia", ketiga hal inilah yang menjadi panduan C4TK Jakarta 2016.

Kegiatan hackathon global Kristen terbesar di dunia ini diharapkan dapat terus mengaktifkan para pakar teknologi dan orang-orang kreatif lainnya untuk menyumbangkan keterampilan dan waktu mereka sebagai kontribusi mereka terhadap ladang misi. Kegiatan ini diharapkan bisa menghasilkan output berupa terciptanya ide dan aplikasi dari para programmer, developer, dan desainer Kristen di seluruh dunia sehingga dapat dimanfaatkan untuk memperluas Kerajaan Allah di bumi.

Dirangkum dari:
1. _____. "Code for the Kingdom: About Community". Dalam https://plus.google.com/communities/112803271040533425213/
2. _____. "Code for the Kingdom Global Hackathon 2016". Dalam http://codeforthekingdom.org/global-hackathon-2016.html#about.md
3. _____. "Code for the Kingdom Jakarta 2016". Dalam https://codeforthekingdom.id/
4. _____. "World’s Largest Faith-Inspired Hacker Movement Announces first 14 Cities for 2nd Global Christian Hackathon". Dalam http://leadnet.org/announce-first-14-cities-for-2nd-global-christian-hackathon/