Apps4God

Submitted by admin on Fri, 09/25/2015 - 12:00

PENDAHULUAN

Teknologi telah menjadi kebutuhan manusia modern yang tak tergantikan, karena manusia modern secara praktis tidak lagi dapat hidup tanpa teknologi. Dalam banyak hal memang terbukti bahwa tekonologi telah merevolusi gaya hidup manusia menjadi lebih mudah, efisien, efektif dan nyaman.

TEKNOLOGI INFORMASI

Diantara berbagai jenis teknologi yang berkembang saat ini, maka teknologi informasi telah menjadi teknologi yang paling populer dan dipentingkan. Namun pertanyaannya, Apakah orang Kristen boleh memakai IT? Ada 4 tanggapan yang hisa diberikan:

  1. Orang Kristen dilarang memakai IT, karena IT adalah musuh dan lawan Tuhan sehingga harus dihindari sejauh mungkin.
  2. Orang Kristen tidak boleh memakai IT, karena IT telah merancuni hidup manusia dan membuat IT dianggap lebih penting dari pada Tuhan.
  3. Orang Kristen tidak boleh memakai IT, karena IT telah dianggap sama dengan Tuhan. IT menjadi sesuatu yang disembah dan diagungkan sehingga dapat menggantikan kebutuhan manusia akan Tuhan.
  4. Orang Kristen boleh memakai IT, karena IT dapat dipakai untuk memuliakan Tuhan.

PRINSIP DASAR ALKITAB

Prinsip dasar Alkitab yang perlu kita perhatikan untuk menjadi pedoman:

  1. Man is created in the image of God (Kejadian 1:26-27). Manusia diciptakan Tuhan dengan segala kelebihannya yaitu kepandaian dan kreatif yang sempurna.
  2. Man has fallen to sin (Roma 3:23). Tapi karena setiap manusia telah jatuh dalam dosa, maka manusia tidak lagi dapat menilai apa yang baik dan benar menurut standard Allah. Apa yang seharusnya baik telah dimanipulasi manusia untuk menjadi kepentingan kedagingan.
  3. Man in Christ is a new creation (2 Korintus 5:17). Atas anugerah Tuhan, manusia telah ditebus dan dijadikan ciptaan baru yang sekali lagi diberikan kesempatan oleh Tuhan untuk melakukan apa yang baik dan berkenan kepada Allah.

Teknologi komputer dan internet adalah alat dan benda mati. Karena itu komputer dan internet tidak memiliki nilai moral. Yang membuat komputer atau baik atau tidak baik adalah manusia yang memakai dan menjalankannya. Jika pmakai komputer dan internet adalah seorang penjahat maka komputer dan internet akan dipakai sebagai alat untuk melakukan kejahatan. Hasilnya adalah tindak kejahatan. Sebaliknya, jika komputer dan internet dipakai oleh seorang anak Tuhan yang mengasihi Tuhan dan sesama maka hasilnya adalah sesuatu yang berguna dan memuliakan nama Tuhan.

KESIMPULAN

Prinsip hidup yang harus dimiliki oleh seorang Remaja Kristen:

  1. Do everything for the glory of God. Tanyakan pada diri sendiri: Apakah yang aku lakukan ini akan menjadi sesuatu yang memuliaan nama Tuhan atau memalukan nama Tuhan? Kalau akan memalukan nama Tuhan, jangan lakukan.
  2. Do everything for the goodness of mankind. Tanyakan pada diri sendiri: Apakah yang aku lakukan ini akan menjadi sesuatu yang berguna dan bermanfaat bagi orang lain dan diri sendiri? Kalau ternyata hasilnya justu akan merugikan orang lain atau diri sendiri janan lakukan.
  3. Do everything for the advancement of the Gospel. Tanyakan pada diri sendiri: Apakah yang aku lakukan ini akan menjadi kemajuan Injil sehingga lebih banyak orang mendengar kabar sukacita keselamatan Yesus Kristus? Jika ya, lakukanlah dengan sebaik, seefisien dan seefektif mungkin.

Diambil dari:
Nama situs: in-Christ.net
Alamat URL: http://www.in-christ.net/artikel/ywav/memanfaatkan_internet_dan_multimedia_dengan_benar_dan_bertanggungjawab
Judul artikel: Memanfaatkan Internet dan Multimedia dengan Benar dan Bertanggung Jawab
Tanggal akses: 25 September 2015