Apps4God

Submitted by admin on Tue, 04/11/2017 - 12:00

Paskah + Media Sosial = Potensi

AddThis Sharing Buttons

Share to FacebookShare to TwitterShare to Google+Share to WhatsAppShare to LINEShare to More

Image removed.

credit: Salsa Creativa

Media sosial memiliki potensi serupa virus ("viral") yang sangat besar. Jangan takut! Hal ini semata-mata menggambarkan potensi berita/informasi/hiburan untuk menyebar begitu cepat -- seperti sebuah virus.

Ada begitu banyak contoh efek viral yang sedang berlangsung -- mulai dari [penyanyi] Susan Boyle yang terkenal lewat acara Britain's Got Talent (ditonton oleh 87 juta orang) hingga video Kony yang dirilis minggu lalu [2012] (ditonton oleh 83 juta orang). Ketika seseorang menonton sesuatu dan membagikannya, mereka membagikannya kepada semua teman mereka, yang membagikannya kepada teman-teman mereka, dan seterusnya. Anda pasti menangkap maksudnya!

Media sosial pun memiliki potensi besar dalam gereja -- yakni ketika orang-orang Kristen berbagi dalam jejaring sosial mereka yang luas, yang banyak di antaranya belum mengenal Yesus. Saya rindu melihat ada sebuah video pendek yang menceritakan tentang Injil, dan bisa dibagikan dengan mudah oleh orang-orang Kristen kepada teman-teman mereka. Jika rata-rata pengguna Facebook memiliki 190 orang teman, itu berarti ada potensi jumlah penonton yang besar dari sebuah video penginjilan per orang Kristen!

Sementara itu, ada banyak cara lain yang bisa orang-orang Kristen lakukan dengan menggunakan media sosial. Menjelang masa perayaan Paskah, saya mempunyai sebuah ide yang terinspirasi dari Highpoint Church. Saya telah mengumpulkan sejumlah pesan dan saran supaya orang-orang di gereja saya dapat menggunakan media sosial untuk mempromosikan acara-acara Paskah gereja kami kepada teman-teman mereka.

Contoh [dari situs < http://cbtb.org.au/easter > tahun 2012]:

"Saya senang sekali jika Anda bisa datang ke gereja saya pada perayaan Paskah kali ini. Kematian dan kebangkitan Yesus mengubah hidup saya selamanya. Biarlah kematian dan kebangkitan Yesus ini mengubah hidup Anda."

 

"Bagaimana cara Anda merayakan Paskah tahun ini? Jika Anda ada di kota Sydney, datanglah ke gereja saya!"

Ini adalah cara-cara sederhana agar orang-orang Kristen dapat menyampaikan sebuah undangan yang berpotensi mengubah hidup (orang lain). Sebagai sebuah gereja, kita cenderung ingin memudahkan orang-orang ketika mereka mengundang teman-temannya -- dan media sosial menjadi salah satu sarana untuk kita bisa menolong (memudahkan) mereka.

Anda bisa melihat contoh-contoh undangan tersebut di sini.

Cara apa lagi yang dapat orang-orang Kristen kerjakan dengan menggunakan media sosial untuk memperkenalkan Yesus pada perayaan Paskah kali ini? Silakan mengirimkan ide Anda ke < live@apps4god.org >

Diterjemahkan dari:
Nama situs: Sydney Anglicans
Alamat URL: http://sydneyanglicans.net/blogs/technology/easter-social-media-potential
Judul artikel: Easter + social media = potential
Penulis artikel: Steve Kryger
Tanggal akses: 5 April 2017