Apps4God

Submitted by admin on Wed, 12/14/2016 - 12:00
Apps4God  |  #Ayo_PA!
APPPS Live / #Ayo_PA!
Edisi 27 [Desember 2016]

DAFTAR ISI

1. REPORTASE

[#Ayo_PA!] #Ayo_PA! di Persekutuan Alumni Perkantas Karanganyar

[APPPS Live] App-ech: Firman Tuhan dalam Handphone Baru

2. KOMUNITAS

[#Ayo_PA!] Sharing Sdr. Ayub tentang PA Digital

[APPPS Live] App-ech: Pelayanan Natal Digital melalui Fan Page Natal

3. PELAYANAN / PROYEK / PROGRAM

[#Ayo_PA!] Sekolah Alkitab Audio Mini

[APPPS Live] App-ech: Mengabarkan Kebenaran Sejati Natal Melalui Media Situs

4. ARTIKEL+

Teknologi dan Cerita Natal

EDITORIAL

Sahabat Apps4God,

Pada bulan Desember ini, umat Kristen di seluruh dunia akan merayakan Natal. Kiranya kesempatan merayakan Natal tahun ini dapat memberi arti yang semakin mendalam bagi hidup Anda. APPPS Live / #Ayo_PA! juga ingin memakai kesempatan Natal ini untuk menambah berbagai informasi seputar Natal, terutama untuk bidang Multimedia. Untuk itu, silakan simak program pelajaran Natal dari Sekolah Alkitab Audio (SAA) dan konten-konten Natal yang bermutu dari situs Campus Crusade Filipina. Artikel yang kami sajikan pada edisi ini semoga dapat menolong Anda mengevaluasi apakah di era teknologi yang makin canggih ini, Anda tidak kehilangan arti dari Natal yang sebenarnya itu?

Pada kesempatan yang indah ini, kami segenap pengurus Apps4God dan redaksi APPPS Live / #Ayo_PA! mengucapkan, "Selamat menyambut Natal 2016 dan Tahun Baru 2017" kepada semua Sahabat Apps4God. Seperti para malaikat yang dipakai Tuhan untuk mengabarkan berita Natal kepada para gembala, marilah kita menyediakan diri dipakai Tuhan untuk mengabarkan kebenaran firman-Nya kepada lebih banyak orang melalui alat-alat digital yang ada. Ya, teknologi harus dapat kita pakai bagi kemuliaan-Nya.

Salam IT 4 God!

In Christ,

Ariel,
Staf Redaksi APPPS Live / #Ayo_PA!
ariel@in-christ.net

REPORTASE

[#Ayo_PA!] #Ayo_PA! di Persekutuan Alumni Perkantas Karanganyar

#Ayo_PA! di Persekutuan Alumni Perkantas Karanganyar

Persekutuan Alumni Perkantas Karanganyar mengundang tim SABDA, yang diwakili oleh Ibu Yulia, Ayub, dan Aji untuk membawakan presentasi seputar internet dan media sosial. Poin-poin pembahasan yang diminta, antara lain tentang:

  • Internet dalam kehidupan manusia di zaman ini.
  • Potensi bahaya-bahaya yang terkandung dalam internet dan media sosial.
  • Bagaimana bijak dalam berinternet atau bersosial media?
  • Bagaimana internet dimanfaatkan bagi pertumbuhan diri dan pekerjaan Tuhan (pelatihan singkat PA dengan gadget/aplikasi)?

Acara yang diadakan pada tgl. 30 Oktober 2016, pkl. 11.30 ini dihadiri oleh 35 alumni, baik dari Perkantas Solo maupun Perkantas Karanganyar. Tempat pertemuan adalah di GKJ Papahan, yang berada di jalan raya/batas kota Karanganyar. Acara berjalan cukup lancar, walaupun disayangkan tidak ada respons pertanyaan dari para peserta. Selain menyampaikan presentasi, tim SABDA juga membawa produk-produk SABDA, seperti CD Alkitab Audio dalam berbagai bahasa, DVD-DVD bahan pelayanan, traktat PI, dll. yang dapat alumni gunakan untuk memajukan pelayanan mereka.

Dari beberapa pembicaraan dengan alumni, jemaat di Karanganyar sebenarnya sudah cukup melek dengan teknologi smartphone walaupun gereja-gereja pada umumnya masih mengharapkan jemaatnya membawa Alkitab cetak. Pemahaman Alkitab di Persekutuan Alumni juga masih dilakukan hanya dengan Alkitab cetak. Selain aksesibilitas terhadap bahan-bahan digital yang sangat mudah, pembelajaran Alkitab dengan alat-alat teknologi akan menjadi lebih praktis dan semakin menyenangkan. Melalui presentasi ini, terutama pelatihan singkat PA dengan aplikasi Android, diharapkan alumni menjadi lebih terbuka untuk alih teknologi, dari teknologi kertas ke teknologi digital.

[APPPS Live] App-ech: Firman Tuhan dalam Handphone Baru

Pada 16 November 2016 kemarin, tim Apps4God mendapat kunjungan dari Bapak Pdt. Amos Sugito. Beliau adalah salah satu pelayan Tuhan yang melayani di GBI Dagen, Jaten, Karanganyar. Kedatangannya kali itu adalah untuk meminta tolong kepada tim Apps4God agar handphone yang dimilikinya bisa diisi dengan bahan-bahan kekristenan, seperti aplikasi Alkitab dan berbagai aplikasi yang menolongnya untuk melakukan penggalian Alkitab. Beliau juga berharap handphone-nya bisa diisi dengan Alkitab Audio karena beliau memiliki masalah penglihatan yang membuatnya sulit untuk membaca.

Setelah tim Apps4God berbincang-bincang, beliau bercerita bahwa sebenarnya ia dulu mempunyai bahan-bahan kekristenan di handphone lamanya yang sangat memberkati. Namun, ketika handphone-nya diberikan kepada sahabatnya, dan ia mendapatkan handphone baru, beliau tidak lagi memiliki bahan-bahan tersebut. Sekarang, ia teringat dengan bahan-bahan yang dulu sangat memberkatinya dan memutuskan untuk memilikinya lagi. Karena itu, ia menemui tim Apps4God untuk minta di-instal-kan lagi bahan-bahan itu. Kami bersyukur, Pak Amos telah mengalami berkat melalui teknologi digital sehingga ia tertolong untuk semakin dekat dengan firman Tuhan. Setelah bertemu dengan tim Apps4God, Pak Amos pulang dengan membawa bahan-bahan Alkitab digital, termasuk Alkitab Audio PB dan Sekolah Alkitab Audio (SAA). Kiranya berkat yang dialami oleh Pak Amos dapat juga dialami oleh rekan-rekan beliau yang lain. (Hilda)

KOMUNITAS

[#Ayo_PA!] Sharing Sdr. Ayub tentang PA Digital

PA (Pemahaman Alkitab) adalah kebutuhan mendesak bagi orang Kristen yang ingin bertumbuh secara rohani. Melalui PA, jiwa dan roh kita mendapat makanan yang tepat dan bergizi. Masalah yang dihadapi dalam melakukan PA adalah metode yang kadang membosankan, karena hanya membaca teks tanpa alat-alat/bahan pendukung lain. Berikut ini, sharing sahabat #Ayo_PA! dari sdr. Ayub Arifin yang melayani di Yayasan Lembaga SABDA.

Ayub

"Beberapa bulan ini, staf YLSA belajar melakukan PA dengan cara yang inovatif dan menarik, yaitu dengan menggunakan bahan-bahan multimedia, seperti audio, grafis, video, aplikasi, dll.. Secara pribadi, saya sangat senang karena PA bisa lebih menarik, efisien, dan efektif. Dengan melihat ayat-ayat firman Tuhan secara visual, kita dapat memperoleh hasil yang maksimal karena kita dapat memahami Alkitab dengan jauh lebih jelas. PA di YLSA dilakukan dalam kelompok kecil dan dengan waktu yang singkat karena mengambil waktu jam kerja. Karena itu, saran saya, melakukan PA dengan bahan-bahan multimedia harus menyesuaikan dengan waktu yang dimiliki. Ada banyak cara yang Tuhan sediakan agar kita bisa berelasi (enggage) dengan Alkitab, dan salah satu cara terbaru yang relevan dengan kehidupan di era digital ini adalah teknologi multimedia. Mari memiliki sikap yang inovatif untuk bertumbuh dalam Kristus. Soli Deo Gloria!"

Bagaimana dengan Sahabat Apps4God yang lain? Sudahkah Sahabat mencoba berinovasi dalam melakukan PA di era digital ini? Semoga melalui sharing sdr. Ayub ini, kita termotivasi untuk memulai PA dengan cara-cara baru. Melakukan PA sebenarnya bisa sangat menyenangkan, terlebih saat ini sudah banyak sekali alat dan teknologi digital yang tersedia. Dapatkan informasi lebih lengkap tentang PA digital melalui situs Ayo-PA.org. Salam #Ayo_PA!

Situs Ayo-PA.org

[APPPS Live] App-ech: Pelayanan Natal Digital melalui Fan Page Natal

App-Tech: Pelayanan Natal Digital melalui Fan Page Natal

Tim Pembinaan YLSA membuat fan page khusus yang memuat pesan-pesan Natal dan bahan-bahan Natal yang bisa digunakan oleh Tubuh Kristus dalam merayakan kelahiran Tuhan kita, Yesus Kristus. Apa latar belakang pelayanan Natal melalui Facebook Natal ini? Dan, bagaimana perkembangannya saat ini? Berikut adalah sharing dari Santi, salah satu admin yang terlibat dalam pembuatan fan page ini.

Santi

"Komunitas Facebook Natal dibentuk pada Oktober 2010 dengan kesadaran bahwa media sosial dapat menjadi alat yang penting untuk menolong dan memperlengkapi umat kristiani dengan bahan-bahan dan informasi seputar Natal. Selain itu, dalam komunitas ini, mereka dapat saling menjalin relasi dan berbagi dalam merayakan hari kelahiran Yesus Kristus, Sang Juru Selamat. Meski baru terbentuk tahun 2010, perkembangan Facebook Natal mengalami kemajuan yang signifikan. Salah satu indikatornya bisa kita lihat dari jumlah penggemar yang telah mencapai lebih dari 22.000 orang. Selama 6 tahun ini, Facebook Natal telah memberkati banyak orang, baik melalui bahan-bahan Natal yang di-posting secara berkala maupun melalui jalinan relasi yang terbina di komunitas ini. Kami berharap Facebook Natal semakin menjadi berkat, khususnya bagi orang Kristen yang ingin belajar lebih dalam tentang esensi dan makna Natal yang sejati. Kami berdoa kiranya Kristus yang lahir dalam hati kita selalu menjadi fokus utama dalam hidup setiap umat kristiani."

[Santi, staf Komunitas YLSA]

Fan Page Natal

PELAYANAN / PROYEK / PROGRAM

[#Ayo_PA!] Sekolah Alkitab Audio Mini

#Ayo_PA! Sekolah Alkitab Audio Mini

Tidak terasa Natal kembali menjelang. Alangkah baiknya, apabila dalam menyambut Natal kali ini, kita tidak menyibukkan diri dengan berbagai persiapan seperti hadiah-hadiah, pakaian baru, dekorasi, dan seterusnya, melainkan mengisi waktu-waktu ini dengan merenungkan kembali makna kelahiran Kristus dan kedatangan-Nya ke dalam dunia. Cara merenungkan yang paling tepat adalah dengan melakukan PA. Dan, salah satu cara yang menyenangkan untuk melakukan PA adalah dengan menggunakan bahan-bahan audio dari SAA (Sekolah Alkitab Audio). Bahan-bahan ini akan menuntun kita untuk mempelajari dan memahami firman Tuhan dengan lebih mendalam. Selain secara pribadi, Anda juga dapat melakukannya secara berkelompok.

SAA adalah program audio untuk mempelajari firman Tuhan secara fleksibel, di mana saja, dan kapan saja. Berisi 10 kursus program Survey Perjanjian Lama (90 topik), Survey Perjanjian Baru (90 topik), 172 topik penggalian Alkitab dari 4 kitab (172 topik — Yohanes, Roma, 1 Korintus, dan Matius 4-7), serta Seri-Seri Hidup Kristen (75 topik). Sehubungan dengan persiapan Natal, Anda bisa mendapatkan bahan-bahan Natal melalui subkategori Seri Natal dan Paskah dalam kategori besar Seri-Seri Hidup Kristen. Selain itu, dalam kategori yang sama, terdapat juga subkategori Seri Nilai-Nilai Kristus yang dapat membantu Anda mengenal lebih dalam karakter Kristus, pengajaran-Nya, dan karya-Nya. (Ody)

Silakan mengakses bahan-bahan ini di situs Sekolah Alkitab Audio dengan memakai tautan berikut:

Sekolah Alkitab Audio

[APPPS Live] App-ech: Mengabarkan Kebenaran Sejati Natal Melalui Media Situs

Mengabarkan Kebenaran Sejati Natal Melalui Media Situs

Hari Natal adalah peringatan akan lahirnya Sang Juru Selamat, Tuhan Yesus Kristus, ke dunia. Ini adalah momen yang sangat spesial, bukan hanya untuk merayakan kelahiran itu sendiri, tetapi memaknai kebenaran akan rencana keselamatan melalui kedatangan-Nya ke dunia ini. Natal adalah wujud cinta kasih Allah dan kerinduan-Nya untuk mendekat kepada ciptaan-Nya. Banyak cara yang bisa kita pakai untuk menceritakan kebenaran ini, misalnya dengan media drama, panggung boneka, film pendek, lagu-lagu Natal, bahkan melalui kesaksian pribadi kita.

Berikut ini adalah salah satu inovasi yang dipakai oleh pelayanan Campus Crusade Filipina yang sangat menarik dan kreatif. Mereka mencoba membagikan kebenaran tentang Natal dengan menggunakan media halaman situs. Pada halaman situs ini, pengunjung tidak hanya disuguhi dengan artikel, tetapi juga dengan memanfaatkan animasi web. Dimulai dari poin apa arti Natal yang sesungguhnya; empat prinsip kebenaran tentang Allah, manusia, dosa, dan kasih-Nya; sebuah video berjudul "Falling Plate" berisi keadaan manusia yang bak piring pecah; terakhir, ditutup dengan tantangan serta doa untuk menerima Kristus sebagai Juru Selamat dan membiarkan Dia menuntun kita dalam rencana-Nya yang indah. Semua poin di halaman ini merupakan adaptasi dari buku "Have You Heard of the Four Spiritual Laws" dan "Would You Like to Know God Personally" oleh Dr. Bill Bright, pendiri Campus Crusade for Christ.

Kami mengajak Sahabat Apps4God menggunakan halaman situs ini untuk membagikan kebenaran tentang makna Natal kepada orang-orang terkasih dengan mengaksesnya di http://www.movementlife.org/christmas2015/. Kiranya pada Natal tahun 2016 ini, semakin banyak orang menyadari makna Natal yang sesungguhnya. Bukan hanya untuk bersukacita merayakannya, tetapi terlebih lagi untuk giat melaksanakan Amanat Agung-Nya. (Hilda)

Lihat Situs

ARTIKEL+

 

Teknologi dan Cerita Natal

Teknologi dan Cerita Natal

"Teknologi abad ke-21 telah menghapus pemandangan indah yang digambarkan dalam lagu 'Dalam Palungan' dan 'Malam Kudus', yaitu palungan, para gembala, para malaikat, bintang, orang-orang Majus, dan persembahan mereka."

[Monica Dutton]

.... Kemajuan pesat teknologi dan kemudahan akses dengan alat-alat komunikasi instan ke seluruh dunia jelas telah mengubah cara kita hidup dan juga cara kita merayakan Natal. Desember 2012 menandai 20 tahun dikirimnya pesan teks (SMS) pertama. Apa bunyi pesan tersebut? Selamat Natal! Menurut koran The Australian, diprediksi bahwa orang-orang Australia akan membelanjakan $32 milyar untuk Natal tahun ini; $5,4 milyar akan habis hanya pada minggu pertama Desember dan $767 juta dari jumlah itu dibelanjakan secara daring. Untungnya, i-friend kita, Tuan Apple, datang untuk menyelamatkan dengan berbagai aplikasi guna membantu orang-orang yang suka berbelanja untuk melacak pengeluaran Natal mereka!

Setelah membuka ucapan Natal daring saya yang berteknologi super tinggi, saya memutuskan untuk menyelidiki sendiri beberapa situs e-card Natal -- ternyata saya menemukan bahwa situs-situs itu sama sekali tidak memuat apa pun yang memiliki simbol-simbol tradisi yang biasa dikaitkan dengan cerita Natal. Jadi, kita tidak menemukan palungan, gembala, malaikat, atau orang Majus -- apalagi Maria, Yusuf, atau tanda-tanda adanya bayi. Hal ini membuat saya berpikir. Dengan kemajuan teknologi dalam cerita Natal, semua benda Natal yang kita sudah sangat terbiasa, terlihat sangat berbeda ....

Selengkapnya