Apps4God

Submitted by admin on Fri, 04/15/2016 - 12:00

Dekade terakhir telah melihat, baik longsoran inovasi digital maupun banjirnya tanggapan dari diskusi tentang bagaimana inovasi meningkatkan -- atau menurunkan -- hidup kita. Anda mungkin pernah membaca atau berpartisipasi dalam banyak diskusi tentang apakah e-books "lebih baik" daripada buku cetak. Sebagai seorang karyawan sebuah perusahaan penerbitan buku, saya telah melihat penerbit berjuang, tidak selalu berhasil, untuk mengidentifikasi perilaku yang berhubungan dengan buku mana yang dapat direplikasi (atau bahkan ditingkatkan) dalam konteks digital.

Namun, diskusi tentang kegunaan teknologi digital tidak lebih berarti daripada ketika kita membahas Alkitab.

Adalah baik untuk berdebat apakah novel Tom Clancy dipahami lebih baik dengan Kindle atau buku yang dijilid. Namun, ketika kita mendiskusikan hal yang sama ini tentang Alkitab, taruhannya amat tinggi. Jika format di mana kita mempelajari Alkitab membuat kita lebih sulit untuk membacanya, atau menjauhkan kita dari refleksi yang terfokus seperti yang dituntut oleh Kitab Suci, maka bahaya besar sedang terjadi. Sebaliknya, jika teknologi atau format baru itu memungkinkan kita untuk terlibat lebih bermakna dengan Alkitab, maka kita semua harus memperhatikan dengan cermat. Sebuah pencarian Google dengan cepat memunculkan banyak esai dan posting blog perdebatan selama beberapa tahun terakhir tentang apakah menggunakan waktu Anda untuk studi Alkitab digital berguna atau tidak, dengan memberikan poin-poin yang bagus tentang keduanya.

Namun, saya pikir kita telah mencapai titik di mana kita dengan yakin bisa mengatakan bahwa studi Alkitab digital adalah pengalaman yang sangat berharga, dan bahwa hal itu tidak lagi terhambat oleh banyak keterbatasan yang membuatnya sulit di masa lalu. Berikut ini, saya pikir adalah lima alasan bagi Anda untuk sebaiknya melakukan studi Alkitab digital pada tahun 2016.

1. Anda Memiliki Akses ke Perpustakaan yang Menakjubkan tentang Wawasan Kristen

Jika Anda belum melihat sumber gratis studi Alkitab yang tersedia secara daring untuk Anda akhir-akhir ini, lihatlah. Dengan sedikit googling atau kunjungan ke situs besar Alkitab, Anda memiliki akses ke referensi perpustakaan Alkitab digital yang akan sangat mahal jika dikumpulkan secara pribadi.

Pemikiran Kristen selama berabad-abad dan tafsiran Alkitab tersedia secara bebas untuk siapa saja dengan koneksi internet. Website seperti Christian Classics Ethereal Library telah ada selama bertahun-tahun dan tetap merupakan perpustakaan yang sangat baik untuk literatur Kristen. Tetapi beberapa situs Alkitab utama sedang bergerak melampaui model "perpustakaan daring" dan mengintegrasikan kamus Alkitab, tafsiran, dan peta ke pengalaman membaca Alkitab mereka. Dan, ini termasuk bukan hanya karya agung di wilayah publik, tetapi referensi Alkitab yang sangat baru. Misalnya, di BibleGateway.com -- yang saya akan sebutkan karena saya bekerja di sana! -- kita menggabungkan referensi Alkitab yang relevan bekerja tepat di sebelah bacaan Alkitab Anda. Tafsiran Alkitab klasik (seperti Matthew Henry) ada, demikian juga karya yang lebih baru seperti Study Bible Reformasi dan Aplikasi NIV Commentary secara menyeluruh dan besar-besaran.

2. Membuat Catatan Digital adalah (Akhirnya!) Baik

Selama bertahun-tahun, salah satu argumen terkuat yang melawan mengalihkan studi Alkitab Anda ke dalam lingkungan digital adalah kurangnya pilihan catatan digital yang baik -- catatan personel, menggarisbawahi, menyoroti, dll.. Namun, keadaan telah berubah menjadi lebih baik dalam beberapa tahun terakhir.

Jika Anda menggunakan situs web atau aplikasi Alkitab mobile seperti Bible Gateway atau YouVersion, pencatatan dibangun langsung ke pengalaman membaca -- dan mari kita mengakuinya, kita semua lebih mahir menekan catatan dengan cepat pada layar ponsel yang kecil dibanding lima tahun yang lalu. Namun, bahkan jika Anda memilih untuk tidak menggunakan alat penjelasan Alkitab tertentu seperti itu, Anda masih punya banyak pilihan bagus: OneNote dan Evernote, membuatnya mudah untuk mengambil dan mengatur catatan tentang apa yang Anda baca (dan bahkan mengonversi catatan tulisan tangan lama Anda ke dalam bentuk digital). Ada banyak plugin browser web yang memungkinkan Anda membuat catatan pada halaman web tertentu (dan fitur dibangun ke dalam browser Microsoft's Edge). Dan, jika Microsoft Surface dan iPad Pro adalah indikasi, kita mungkin melihat kebangkitan dari stylus yang pernah direndahkan, yang merupakan berita baik bagi siapa pun yang lebih memilih catatan tulisan tangan yang kuno.

3. Rencana Bacaan Digital Mempermudah untuk Pendekatan Alkitab (dan Lebih Sulit untuk Lupa Membaca Alkitab Anda)

Banyak dari kita telah mencoba (mungkin lebih dari sekali) untuk membaca Alkitab langsung semuanya, dari Kejadian sampai Wahyu. Namun, niat baik kita sering terhenti, begitu kita menyeberang ke Imamat dan kitab-kitab Perjanjian Lama lainnya, yang menakutkan serta penuh dengan hukum-hukum dan peraturan.

Rencana Bacaan Alkitab telah lama menyediakan cara untuk memacu diri Anda membaca Alkitab, dan banyak rencana seperti menghindari pendekatan membaca - dari - awal - sampai - akhir mendukung trek membaca yang lebih mudah diakses. Beberapa campuran Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru; yang lainnya fokus pada bagian Alkitab atau tema tertentu; beberapa menyuruh melalui Alkitab dengan kecepatan yang agresif dan yang lain menggunakan waktu bertahun-tahun untuk menelusuri Kitab Suci. Tidak hanya Anda akan menemukan berbagai macam rencana bacaan Alkitab secara daring, tetapi mereka menangani semua pekerjaan organisasi membaca Alkitab: mereka melayani sampai bacaan harian pribadi Anda, mengingatkan Anda ketika bacaan baru siap, membuat Anda melanjutkan membaca setelah jeda ... singkatnya, mereka mengurus detail kecil yang dapat membuat Anda tersandung. (Akan tetapi, Anda masih harus membaca bagian Alkitabnya sendiri.)

4. Itu Memperluas Peluang Anda untuk Studi

Menyediakan waktu (dan kadang-kadang ruang) untuk mempelajari Alkitab adalah selalu merupakan sebuah tantangan. Kita semua sibuk dengan pekerjaan, keluarga, sekolah, dan hobi (dan baiklah, menonton -- beruntun -- acara-acara di Netflix). Gambaran ideal tentang studi Alkitab -- duduk di ruang belajar yang tenang dan menghabiskan satu jam tenggelam ke dalam bacaan Alkitab tanpa terganggu -- tidak dapat tercapai bagi kebanyakan dari kita. Resolusi Tahun Baru seperti bangun setengah jam lebih awal setiap hari untuk membaca Alkitab lebih mudah dibuat daripada dilakukan.

Namun, Anda punya waktu untuk mempelajari Alkitab. Apakah Anda memiliki istirahat makan siang? Sebuah perjalanan naik kereta api ke tempat kerja? Setengah jam sementara anak-anak Anda berlatih sepak bola? Jendela-jendela kecil waktu tersebut adalah peluang berharga untuk membuka sebuah aplikasi Alkitab atau mengejar bacaan Alkitab Anda pada hari itu.

 

5. Ini Adalah Tempat di Mana Kita Hidup Alasan terakhir untuk memakai studi Alkitab digital adalah sesederhana ini: kita menjalani hidup digital, dan firman Allah harus hadir di sana bersama kita. Yang pasti, ada nilai yang besar dalam memutuskan hubungan dari dunia daring dan gangguannya secara berkala. Namun, juga ada banyak yang bisa diperoleh dengan memastikan bahwa Alkitab selalu dekat sebagaimana aplikasi musik, photo stream, inbox email, dan aplikasi pesan. (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:
Nama situs: Church Tech Today
Alamat URL: http://churchtechtoday.com/2016/01/22/5-digital-bible-study/
Judul asli artikel: 5 Reasons You Should Embrace Digital Bible Study
Penulis artikel: Andy Rau
Tanggal akses: 11 April 2016