Apps4God

Submitted by admin on Wed, 07/26/2017 - 12:00

Hubungan antara pelayanan dan teknologi tidak bisa langsung terlihat. Bahkan, bisa mudah sekali dipertanyakan apakah teknologi memiliki tempat di gereja.

Bagaimanapun, saat pelayanan-pelayanan di berbagai negeri terus memakai berbagai macam teknologi dalam pekerjaan mereka sehari-hari, semakin besar kebutuhan untuk melihat apa yang dikatakan firman Tuhan tentang pemakaian teknologi dalam pelayanan.

Di bawah ini, empat ayat Alkitab yang mendorong teknologi dalam pelayanan.

Lukas 8:1-11

Menabur benih sebanyak mungkin di tanah yang ada.

Bagian Alkitab ini menjelaskan perumpamaan tentang penabur. Penabur tidak membatasi diri dengan jenis-jenis tanah tertentu; sebaliknya, mereka menyebarkan benih ke mana pun, termasuk tanah yang berbatu, yang bersemak duri, atau jenis-jenis tanah lain yang dianggap kurang subur. Sebab, meskipun tidak umum, terkadang benih-benih ini bisa bertumbuh menjadi sesuatu yang indah.

Sebagai orang Kristen, kita diharapkan untuk melakukan hal yang sama. Kita seharusnya tidak pilih-pilih kepada siapa kita mengulurkan tangan, tetapi berusaha menyebarkan pesan Kristus kepada sebanyak mungkin orang. Teknologi memampukan kita terhubung dengan khalayak yang lebih besar daripada sebelum-sebelumnya.

Roma 10:14-15

Betapa indahnya kaki-kaki mereka yang membawa kabar baik.

Pada zaman Alkitab, satu-satunya cara untuk "membawa" Kabar Baik adalah dengan membawa-Nya secara fisik, berjalan dari satu tempat ke tempat lain. Namun, kemajuan teknologi telah membuka lebih banyak jalur tambahan komunikasi, yang semuanya bisa kita gunakan untuk memperkuat tingkat kita menyebarkan firman Tuhan.

Matius 28:16-20

Amanat Agung: Pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku.

Yesus memerintahkan kita untuk pergi dan menjadikan semua bangsa murid-Nya -- untuk menyebarkan firman Tuhan kepada orang-orang di mana pun mereka berada. Saat ini, orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu dengan laptop, tablet, dan iPhone mereka. Tidakkah kita seharusnya juga menggunakan teknologi yang tersedia dan menemui mereka di sana? Kita dipanggil untuk memperluas pesan (Injil) kepada orang-orang di mana pun mereka berada, dan teknologi dengan sangat tepat memampukan kita melakukan hal tersebut.

1 Korintus 12:21

Mata tidak bisa berkata kepada tangan, "Aku tidak membutuhkanmu!" Atau lagi, kepala kepada kaki, "Aku tidak membutuhkanmu!"

Setiap anggota jemaat Anda dikaruniai dengan seperangkat kemampuan dan talenta yang berbeda -- sangat penting merangkul mereka semua untuk membangun komunitas yang kuat. Jika Anda unggul dalam hal mengajar atau menggembalakan, orang lain mungkin menemukan kemampuan mereka dalam teknologi. Allah menganugerahkan karunia-karunia ini kepada masing-masing orang dengan maksud tertentu. Ciptakan lingkungan yang bisa mendorong jemaat untuk menggunakan kemampuan mereka masing-masing dengan cara untuk memuliakan Tuhan. Kita hidup di dunia yang terus-menerus berputar dan beradaptasi. Teknologi yang bermunculan tidak perlu dipertentangkan dengan iman kita. Sebaliknya, mereka sebenarnya bisa menolong kita menyebarkan firman Tuhan. Saat kita membuka Alkitab untuk mencari pimpinan Tuhan, kita belajar bahwa memanfaatkan kemajuan-kemajuan baru dapat membuat apa yang kita rencanakan cocok dengan sangat tepat -- untuk menjangkau lebih banyak jiwa. (t/Odysius)

Diterjemahkan dari:
Nama situs: BoxCast
Alamat situs: https://www.boxcast.com/blog/4-bible-verses-that-encourage-technology-in-ministry
Judul asli artikel: 4 Bible Verses That Encourage Technology in Ministry
Penulis artikel: Kyle Nickel
Tanggal akses: 23 Juni 2017