Apps4God

Submitted by admin on Wed, 08/16/2017 - 12:00

Setelah beberapa tahun mengalami pertumbuhan pesat, Facebook menembus 800 juta pengguna pada 2011. Hal ini mewakili satu dari tiga pengguna internet (dengan tidak memperhitungkan Cina, tempat Facebook dibrendel). Jika kita membandingkan pengguna Facebook dengan populasi negara, pengguna Facebook adalah "negara" ketiga terbesar di dunia.

Amerika Serikat dan Inggris telah lama menduduki peringkat pertama dan kedua dalam hal jumlah pengguna Facebook. Sampai akhir-akhir ini, Turki hampir dipastikan menjadi peringkat ketiga, tetapi Indonesia telah naik peringkat dan sekarang menjadi yang ketiga, mendorong Turki ke posisi yang keempat. Antarmuka Facebook telah diterjemahkan dalam 100 bahasa dan akan bertambah lebih banyak lagi. Banyak orang menghabiskan setidaknya setengah waktu online mereka untuk ber-Facebook, termasuk orang yang mengakses Facebook melalui ponsel. Saksikan video 4 menit berikut tentang revolusi media sosial (dan video terkait yang ditawarkan pada akhir klip ini)[link].

"Web dalam Web" yang Baru

Perusahaan-perusahaan menyadari bahwa Facebook adalah tempat pengguna web menghabiskan sebagian besar waktu mereka, dan mereka bersemangat sekali mengembangkan konten yang akan berintegrasi langsung ke Facebook. Hal itu sendiri dengan cepat meluncurkan fitur baru untuk meningkatkan kegunaan semacam ini. Nantikan untuk melihat perkembangan serupa pada masa mendatang karena Facebook hampir berubah menjadi "web dalam web" mandiri. Lebih lagi, perusahaan-perusahaan mengiklankan Facebook Fan Page mereka dibandingkan website mereka sendiri sebagai halaman arahan yang mereka ingin untuk dilihat orang terlebih dahulu.

Sebagian besar situs jejaring sosial lainnya (kecuali beberapa jaringan non-Inggris nasional atau regional) telah mengerucut ke ceruk spesialisasi yang lebih kecil. Bebo dan MySpace bersaing. Sama halnya seperti hanya ada tempat untuk satu mesin pencari definitif (Google) atau satu situs lelang/pasar (eBay), orang tertarik ke salah satu situs jejaring sosial ketika mereka tahu bahwa mereka dapat menghubungi hampir semua orang. Namun, pedoman ini berlaku untuk sebagian besar situs jejaring sosial lainnya juga.

Mengapa Hal Ini Begitu Strategis untuk Penginjilan?

Karena ....

- Siapa pun dapat membuat akun dalam hitungan detik; tidak ada pengetahuan teknologi yang dibutuhkan (meskipun ada aspek Facebook yang agak aneh dan sulit dipakai).
- Hal ini didasarkan pada relasi dan dialog – kunci untuk menyampaikan Kabar Baik dengan efektif.
- Komentar dan postingan Anda ditampilkan pada halaman teman.
- Anda dapat membuat atau bergabung dalam "Fan Pages" dan "Grup" yang dibangun di sekitar topik sekuler, dan karena itu berhubungan dengan orang lain yang memiliki ketertarikan yang sama (1 Korintus 9:19-23).
- Hal itu dapat mendongkrak kekuatan sumber daya online lain, seperti klip video dan situs penjangkauan.

Peluang di Facebook

Ada dua pendekatan yang saling tumpang-tindih: penjangkauan aktif disengaja dan bersifat inkarnasi. Meski demikian, yang tidak dapat Anda harapkan dari Facebook adalah menjadi sebuah platform linear untuk sebuah khotbah. Jika Anda membayangkan Facebook menjadi "mimbar untuk berkhotbah", Anda membuang-buang waktu dan cenderung mengecewakan banyak orang. Jika Anda melihatnya sebagai sebuah "warung untuk percakapan", Anda akan bergerak seirama dengannya.

- Jalani kehidupan kita secara terbuka dan transparan di depan teman-teman kita seperti yang kita lakukan di dunia fisik, menunjukkan kasih tanpa syarat dan bau harum yang dikatakan dalam 2 Korintus 2:15.

- Anda dapat menanggapi postingan orang lain dengan komentar yang pantas berpadanan dengan topiknya, kadang termasuk tautan ke halaman atau klip video yang sesuai. Simpan daftar portofolio halaman dan klip video yang siap untuk digunakan. Pertimbangkan halaman-halaman dalam dari "Power to Change" (nama sebuah situs Kristen - Red.) - sering salah satu halaman internal mereka akan berhubungan dengan topik tertentu yang Anda komentari: juga termasuk area untuk pria, wanita, dan mahasiswa. Selalu lakukan hal ini dengan cara yang hati-hati dan lemah lembut (1 Petrus 3:15).

- Jika banyak dari teman Anda yang tinggal dalam komunitas lokal Anda, akan tepat guna untuk menyebutkan kegiatan-kegiatan di gereja Anda dari waktu ke waktu.

- Anda dapat mengunggah video pendek Anda sendiri ke bagian video profil Facebook Anda, atau mem-posting tautan ke video YouTube dengan cara yang sama seperti menambahkan tautan ke postingan apa pun - grafis thumbnail yang bisa diklik akan otomatis ditampilkan. Video klip pendek merupakan cara yang berguna untuk memulai diskusi, apalagi jika Anda menautkan ke video yang dapat memancing pembicaraan, daripada presentasi yang bersifat menggurui dan mengakhiri diskusi.

- Area lain yang subur untuk melakukan percakapan adalah budaya populer – rilis film, musik, dan buku. Hampir semua orang tertarik untuk berbicara tentang film-film atau musik terbaru, dan luar biasanya, mereka sering bermuatan konten-konten yang mengarah pada kebenaran rohani.

- Buat atau bergabunglah ke dalam Fan Pages atau Grup pada topik yang menarik bagi orang belum percaya dan Anda, dan berpartisipasilah dengan peka. Lihatlah terutama pada "Grup" karena fitur tersebut dirancang untuk interaksi para anggota aktif, dan menggantikan kelompok diskusi email dan papan buletin yang dahulu pernah amat populer. Ada sejumlah besar Grup, beberapa di antaranya dengan keanggotaan yang sangat tinggi. Gunakan opsi pencarian Facebook untuk menemukannya. Apakah ada, misalnya, Grup yang mencakup olahraga yang Anda minati, atau masalah hidup atau penyakit yang Anda derita? Pilih Grup dengan anggota yang cukup untuk membuat percakapan yang sedang berlangsung tetap menarik.

- Kesempatan proaktif disengaja lainnya termasuk melakukan kontak dengan teman-teman dari teman, dan mengundang orang untuk bergabung ke Fan Pages atau Groups tempat Anda menjadi anggota.

- Ada sangat sedikit "Aplikasi-aplikasi" add-on yang memungkinkan kita untuk menambahkan dengan halus area penginjilan ke halaman Facebook – di sini adalah kesempatan bagi para pengembang. Baca lebih lanjut tentang "Aplikasi-aplikasi" dan hal-hal yang bisa menjadi bersifat penginjilan (*usul: yang memungkinkan untuk memberitakan Injil.)

- Belajar bahasa markup Facebook memungkinkan fitur tambahan yang akan ditambahkan ke halaman.

- Facebook menawarkan kesempatan khusus bagi lembaga misi dan saksi lintas budaya: baca lebih lanjut [link].

- Gereja harus mempertimbangkan potensi untuk membuat Fan Page [link]. Sebuah Fan Page gereja, seperti situs gereja pada umumnya, harus ramah bagi pihak luar (1 Korintus 4:5) dan bebas jargon. Berikut adalah beberapa contoh yang berguna.

- Banyak kelompok pemuda gereja mengadakan semua diskusi mereka dan menyiarkan beritanya melalui Grup Facebook karena sangat mudah jika 100% orang muda memiliki akun Facebook.

Hal yang Harus Dihindari

- Jika Anda berada dalam pelayanan yang sebagian besar teman Facebook Anda adalah pemimpin Kristen, mungkin akan bijaksana untuk dipertimbangkan agar Anda memiliki profil Facebook yang terpisah sehingga postingan tidak akan salah tempat atau tidak dimengerti bagi mereka yang belum Kristen. Baca penjelasan Mikey Lynch tentang prinsip ini. (Lihat ide untuk berbagai nama profil. Untuk menyimpan login dan logout yang konstan, gunakan browser lain seperti Chrome untuk profil kedua, yang harus dikaitkan dengan alamat email yang berbeda untuk profil pertama Anda. [link]) Selalu gunakan profil "sekuler" ini saat pemasangan, atau saat memberikan kontribusi pada Fan Pages atau Grup yang berorientasi sekuler.

- Jauhkan diri dari isu-isu politik dan sosial: pandangan apa pun yang Anda ungkapkan cenderung akan mengasingkan setidaknya setengah pengunjung halaman Anda. Pertimbangkan untuk tidak memasukkan apa-apa (atau setidaknya, apa pun referensi partai atau sudut pandang partisan) di bagian "pandangan politik" dari profil Anda. Hal ini mengingatkan catatan yang konon yang ditulis oleh sebuah keluarga kepada pengantar susu pada masa ketika susu dikirim kepada masyarakat dalam keranjang yang terbuka: "Terima kasih untuk pelayanan Anda yang sangat baik. Namun, bisakah besok Anda mengirimkan susu dan air dalam tempat terpisah."

- Dalam kolom pandangan agama di profil Facebook mereka, banyak orang yang menuliskan sesuatu seperti "pengikut Yesus" atau "pencari kebenaran" dan tidak lagi kata "Kristen" yang kini mulai menurun maknanya, atau beberapa label denominasi.

- Jangan memperlakukan orang sebagai "pakan Injil". Bangunlah hubungan tanpa syarat dengan hormat dan toleransi. Gunakan integritas. Ini adalah dialog, bukan berkhotbah. "Fokus seharusnya pada membangun hubungan yang autentik. Tanpa hal tersebut, Anda tidak hanya berisiko tidak efektif, tetapi juga merusak kesempatan yang mungkin orang Kristen lain miliki," kata Dan King dari Bibledude.com. "Itu sebabnya, hal terpenting yang perlu Anda pahami tentang media sosial adalah bahwa naturnya bersifat sosial."

- Orang akan cepat melihat ketidaktulusan dan motif campuran. Pemilik kucing tahu dengan baik kasih sayang bersyarat yang ditunjukkan oleh hewan peliharaan mereka saat diberi makan: bersikap manis untuk menjilat. Para pengguna Facebook akan kurang toleran. Mereka dengan cepat akan melihat bahwa Anda menganggap mereka sebagai "proyek" daripada seorang pribadi.

- Beberapa ahli strategi menyebut upaya tidak pantas, tidak enak didengar, argumentatif, manipulatif, atau usaha-usaha impersonal untuk meyakinkan orang tentang kebenaran dengan istilah non-penginjilan yang dingin.

- Hindari jargon Kristen. Ungkapkan kebenaran dalam bahasa alternatif yang netral.

- Jangan menghabiskan terlalu banyak waktu di Facebook, atau menggunakan waktu tersebut dengan tidak efektif.

Pelajari Sistemnya

Facebook tidak selalu bersifat intuitif untuk digunakan atau diedit. Perlu waktu untuk memahami pengaturan privasi dan implikasinya. Sadarilah bahwa apa yang Anda lihat di halaman Facebook Anda bukanlah apa yang dilihat oleh pengunjung: cobalah melihat halaman Anda menggunakan profil teman Facebook, dan melalui profil seseorang yang bukan teman Anda, untuk melihat perbedaannya.

Berbagai "aplikasi" Facebook dapat digunakan untuk memperluas apa yang ditampilkan di halaman Anda. Beberapa aplikasi kadang membutuhkan penanganan khusus untuk diinstal, dan hanya ada sedikit ruang untuk tautan tambahan pada baris menu di bagian atas. (Menambah aplikasi ke Fan Pages atau Groups bisa sangat rumit, kontra-intuitif, dan dalam beberapa kasus tidak mungkin. Namun, aplikasi lain seperti Static FBML, hanya bekerja pada Fan Pages!) Baca lebih lanjut.

Anda dapat menggabungkan postingan blog sehingga blog-blog tersebut secara otomatis akan muncul di halaman Anda, dengan mendaftarkan blog Anda ke NetworkedBlogs.com. (Hal ini aneh, tetapi mungkin untuk mendapatkan NetworkedBlogs tampil di sebuah Fan Page, dan ada beberapa aplikasi yang saat ini tidak bekerja dalam Fan Pages.) Lakukan ini hanya jika postingan blog mudah digunakan oleh pencari.

Anda juga dapat belajar bagaimana menggunakan Facebook Markup Language (FBML) untuk mengintegrasikan fitur lain ke dalam Facebook Fan Page Anda.

Ada batas harian pada jumlah orang yang dapat Anda undang untuk menjadi teman, dan batas yang sangat rendah pada jumlah pesan yang dapat Anda kirim ke bukan-teman. Seperti 'cold-calling’(ketika kita menghubungi prospek kita melalui telepon untuk membuat janji bertemu sehingga kita dapat mempresentasikan produk/jasa kita secara langsung - Red.) harus dilakukan dengan sangat peka.

Gunakan Google untuk mencari saran tentang semua area ini - dokumentasi Facebook sendiri sering bersifat tambal sulam. Beberapa mungkin Anda temukan dari mencoba-coba, misalnya: Anda hanya dapat mengundang teman dengan jumlah terbatas ke Fan Page pada satu waktu atau prosedurnya akan gagal, dan jika gambar mereka tak lagi 'berwarna abu-abu' setelah Anda mengundang mereka, artinya mereka telah menolak (bukan mengabaikan) permintaan, jadi jangan mengirim lagi karena Anda akan tampak seperti sedang melakukan spamming (pengiriman informasi atau iklan yang tidak pada tempatnya dan hal ini sangat mengganggu - Red.).

Posting Klip Video

Membagikan satu klik klip video yang memancing percakapan memiliki potensi yang sangat besar. YesHEIs.com menawarkan berbagai klip dalam bermacam bahasa untuk tujuan ini. Global Short Film Network juga memproduksi video pendek yang dapat digunakan dalam Facebook, diunduh ke ponsel, atau membaginya dengan cara lain. (t/Jing-Jing)

Diterjemahkan dari:
Nama situs: Digital Ministry Resources.com
Alamat situs: http://digitalministryresources.com/facebook-and-evangelism-is-this-our-biggest-digital-opportunity/
Judul asli artikel: Facebook and evangelism
Penulis artikel: Tidak dicantumkan
Tanggal akses: 29 September 2016