Apps4God

Submitted by admin on Fri, 09/16/2016 - 12:00

Hackathon telah menjadi sebuah kata yang populer hari-hari ini. Sepertinya, setiap perusahaan teknologi di luar sana menyelenggarakan sebuah hackathon -- gratis dan berbayar, saat akhir pekan dan sebagian kecil selama hari kerja. Tema dari gelaran tersebut berkisar dari aplikasi mobile, aplikasi cloud, IoT, augmented reality (DAQRI), dan data science. Bagi mereka yang belum pernah mengikuti Hackathon sebelumnya, acara ini memiliki sebuah tema atau topik di mana para partisipan harus mengemukakan permasalahan-permasalahan dan solusi-solusi kreatif. Para partisipan mendaftarkan diri pada acara ini dalam berbagai peran -- pengembang perangkat lunak/keras, analis bisnis, pemasar, desainer grafis, pakar UIX, spesialis domain, dll. Para hadirin berkumpul pada hari pertama untuk membentuk jaringan dan berinteraksi dengan para karyawan dari perusahaan penyelenggara, dan berbagi ide-ide. Ini diikuti dengan sebuah sesi debat terbuka di mana setiap orang diberi kesempatan untuk melontarkan sebuah ide. Tidak ada ide yang dianggap bodoh atau diremehkan. Saya harus mengatakan, tidak ada yang seperti acara ini untuk meningkatkan kepercayaan diri Anda dalam presentasi di depan publik! Setelah sesi debat berakhir, ide-ide diseleksi menggunakan pemungutan suara. Sepuluh sampai lima belas ide terbaik, tergantung dari jumlah partisipan, dipilih untuk dikerjakan dalam sisa hari berikutnya. Para mentor akan hadir selama acara untuk membantu tim memantapkan ide-ide mereka dan untuk mengarahkan mereka pada aspek-aspek yang benar untuk mengembangkan sebuah purwarupa. Akan ada banyak desas-desus di Twitter dan Facebook mengenai acara ini dengan banyak foto dan komentar yang dikirimkan. Pada hari terakhir, para juri tiba dan para partisipan berkumpul dengan antusias untuk menunjukkan apa hasil yang mereka capai selama lima puluh jam lebih. Hadiah-hadiah diberikan, diiringi dengan tepuk tangan dan sorak sorai yang meriah dari para hadirin. Makanan dan minuman melimpah untuk menjaga pikiran tetap bekerja. Tidur adalah sesuatu yang tidak Anda lakukan selama acara!

Image removed.

Jadwal di atas sepertinya terlalu berlebihan bagi orang yang belum pernah mengikutinya. Setelah menghadiri sepuluh hackathon dalam dua belas bulan terakhir (di Dublin, Irlandia), saya bisa memberi kesaksian bahwa Anda kehilangan kesadaran tentang waktu begitu acara dimulai, yang mana itu merupakan hal yang baik. Saya senang menghadiri berbagai hackathon karena alasan-alasan berikut:

Berjaringan: Ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menemukan orang-orang yang berkomitmen, yang berinvestasi dalam pengembangan diri dan pembelajaran. Anda belajar banyak melalui sebuah percakapan.

Tren industri: Gagasan baru tentang tren-tren terkini dalam industri diungkap secara terbuka untuk memacu ide-ide kreatif dan inovatif. Memiliki kumpulan berbagai macam orang, mendorong penyerbukan-silang ide-ide dari industri-industri yang berbeda, yang memungkinkan diskusi-diskusi pengungkapan-pendapat yang hidup.

Rekrutmen: Sejumlah perusahaan menggunakan satu acara hackathon sebagai sebuah peluang untuk mengidentifikasi rekrutmen potensial. Selama acara berlangsung, akan ada beberapa orang kunci dalam tiap tim yang kecemerlangannya bersinar dengan jelas. Berbagai aspek kerjasama dalam sebuah tim dihadapkan dengan ujian yang keras, mengingat setiap orang dalam sebuah tim umumnya adalah orang-orang yang belum dikenal. Untuk membangun sebuah karya purwarupa yang berguna dan membuatnya memiliki nilai jual, tidaklah mudah dilakukan tanpa manajemen waktu dan proyek yang hebat. Melihat langsung keahlian seseorang seperti ini sangatlah sulit dilakukan melalui tes dalam proses rekrutmen biasa.

Menemukan rekan bisnis: Hal ini terjadi lebih sering daripada yang mungkin dapat dibayangkan oleh seseorang. Orang-orang yang hadir dalam acara-acara seperti ini umumnya bekerja dalam beberapa proyek sekaligus, dan memiliki visi tentang bagaimana hal-hal harus dikerjakan, atau bagaimana proyek harus berjalan. Mereka mencari keahlian-keahlian pelengkap dan acara-acara semacam hackathon-hackathon adalah sebuah lahan subur untuk menemukan orang-orang dengan berbagai keahlian. Saya pernah berelasi dengan banyak orang dalam proyek-proyek yang menyangkut aplikasi mobile, situs, perangkat keras, dan visualisasi data hanya karena hackathon-hackathon! Siapa tahu, rekan kerja Anda berikutnya datang melalui seseorang yang Anda temui dalam sebuah hackathon.

Peningkatan keahlian: Acara-acara seperti ini memaksa Anda untuk melangkah keluar dari zona nyaman Anda dan berpikir di luar kotak seringkali membuat Anda menyadari akan keahlian-keahlian yang belum Anda miliki. Monotonnya kondisi kerja umumnya tidak akan mendorong Anda untuk mengeksplorasi cakrawala-cakrawala yang baru kecuali Anda adalah orang yang sangat tergerak dan termotivasi. Setelah mengerjakan pengembangan server dalam waktu yang cukup lama, saya dengan segera memahami bahwa saya perlu mengasah keahlian pengembangan apps saya, dan sejak itu, saya berusaha mengembangkan keahlian desain dan pengembangan apps.

Hackathon-hackathon dan acara-acara serupa menyediakan peluang untuk senantiasa memvalidasi diri Anda di antara melimpahnya keragaman orang yang disediakan oleh Dublin. Jika kebetulan Anda menghadiri sebuah hackathon, atau sebuah acara perusahaan rintisan di akhir pekan, atau sesuatu yang serupa dengan Dublin, kita mungkin akan berjumpa satu sama lain. Jangan malu. Datanglah dan katakan "hai". Anda tidak pernah tahu, itu mungkin awal dari sesuatu yang mengesankan. Selamat meretas! (t/Aji)

Diterjemahkan dari:
Nama situs: Creme Global
Alamat URL: http://www.cremeglobal.com/blog/why-you-should-attend-hackathons
Judul asli artikel: Why You Should Attends Hackathons
Penulis artikel: Allen Thomas Varghese
Tanggal akses: 13 September 2016