Apps4God

Submitted by admin on Fri, 06/10/2016 - 12:00

Mungkin Anda pernah melihat artikel tentang Generation Z yang beredar di seputar situs dalam minggu terakhir ini atau semacamnya. Jika Anda bekerja dengan anak-anak/remaja, Anda benar-benar harus membaca artikel ini sekarang, sebab ini akan memiliki implikasi untuk pelayanan Anda dalam 15-20 tahun mendatang. Serius.

Membaca artikel ini mendorong saya dan benar-benar memberi saya banyak harapan untuk masa depan. Hal ini juga tantanganmenantang pemikiran bahwa yang saya sudah sering mengketahui tentang seputar Generasi Y saat ini (milenium). Begitu banyak orang (termasuk saya) sering menempatkan generasi berikutnya dalam sebuah kotak yang berdasarkan daripada pandangan dunia generasi kita sendiri. Kita menyadari bahwa sering kali kita mengatakan hal-hal seperti "mereka terhubung secara berlebihan" atau "mereka narsis." Kita akan berkata, "ketika saya seusia mereka, saya menghabiskan sepanjang hari di bersepeda untuk menjelajahi lingkungan saya, dan bukannya terpaku pada layar." Kita bahkan mengejek TV, film, musik, dan media mereka yang lainnya.

Sebesar keinginan kita untuk membandingkan, maka hampir mustahil pula untuk menempatkan diri dalam keadaan mereka. Mereka dibesarkan di dunia yang berbeda daripada yang kita miliki. Ada pengaruh yang berada di luar kendali mereka yang membentuk mereka secara berbeda dari cara kita dibentuk. Cobalah menerima kenyataan bahwa mereka berbeda, sadari bahwa Anda tidak akan memahaminya, dan cobalah untuk menghargai hal itu.

Generasi baru ini, yaitu Generasi Z adalah generasi yang menarik - benar-benar berbeda dari Generasi Y. Berikut adalah beberapa temuan mengenai Generasi Z:

  • 60% lebih menginginkan pekerjaan yang memiliki dampak sosial
  • 70% lebih berpikiran kewirausahaan
  • 25% lebih sudah menjadi sukarelawan
  • 56% lebih bersifat penabung bukan pemboros

Generasi ini adalah kelompok yang sangat termotivasi bila dibandingkan dengan Generasi Y.

Berikut adalah kutipan menarik tentang generasi ini:

Gen Z adalah para prediktor/peramal, kata McCrindle: "Ke mana gen Z berjalan, ke sanalah dunia kita pergi." Apa yang menjadi penanda adalah gangguan seismik sosial dan kecemasan yang sepadan. "Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah anak-anak tahu lebih banyak daripada orang dewasa tentang sesuatu yang benar-benar penting untuk masyarakat -- yang mungkin adalah hal yang paling penting," kata Tapscott.

Generasi ini (saat ini mereka berusia 18 tahun atau lebih muda) dapat memberikan baik Generasi Y dan X kabur uang merekatantangan untuk menjadi jauh lebih baik. Mereka mungkin tidak akan memanfaatkan kekacauan yang kita tinggalkan kepada mereka. Namun, mereka kemungkinan besar akan lebih termotivasi untuk memperbaiki banyak hal-hal yang rusak pada dunia tempat mereka dilahirkan ke dalamnya.

Generasi Z saat ini sedang berada di masa prasekolah, di lingkungan-lingkungan Sekolah Dasar, dan program pelayanan mahasiswa di gereja-gereja kita. Tidak pernah ada sebelumnya (dalam masa pelayanan modern) sudah terdapat kesempatan untuk memiliki sebuah dampak. Generasi ini lebih siap untuk menjadi sukarelawan dan membuat dampak sosial daripada generasi yang lain. Kita selalu membuat ruang bagi siswa dan anak-anak untuk menjadi sukarelawan (mungkin karena kita membutuhkan mereka), tetapi kita perlu menciptakan ruang bagi sebanyak mungkin relawan karena apa yang dilakukan dalam kegiatan pelayanan relawan kita berpengaruh bagi iman mereka. Motivasi kita seharusnya tidak hanya untuk membangun tim relawan, tetapi sebagai sebuah kesempatan untuk menghubungkan iman pada apa yang begitu penting bagi sebuah generasi.

Terakhir, kita perlu untuk menarik kecerdasan generasi ini. Mereka adalah sekelompok anak-anak cerdas. Mereka tidak akan percaya sesuatu hanya karena Anda mengatakannya atau karena mereka harus melakukannya. Kita tidak dapat menggurui meremehkan kecerdasan mereka, tetapi biarkan mereka untuk mengeksplorasi iman mereka, mengajukan pertanyaan yang sulit, dan bergulat dengan kompleksitas untuk mengembangkan iman yang benar dan otentik. (t/N. Risanti)

Diterjemahkan dari:
Nama situs: Children Ministry Online
Judul asli artikel: Take a peak at the next generation
Alamat URL: http://childrensministryonline.com/take-a-peak-at-the-next-generation/
Penulis artikel: Kenny Conley Tanggal akses: 2 Juni 2016