Apps4God

IT-4-GOD Edisi 19 | November 2017
ICD Watch : Bahan-Bahan Digital Konseling Kristen
APPPS Live : App-✞ech: Tech in Asia Jakarta (TIA Jakarta)
App-✞alks: Mengetahui Lebih Banyak tentang Proyek AlkiMEDIA
Digi Min : IT FOR GOD, IT FROM GOD
[IT-4-GOD] Edisi 19 - November 2017
EDITORIAL

Shalom,

Dalam edisi IT-4-GOD edisi 19/November 2017 ini, kita akan melihat bersama-sama bagaimana teknologi sepatutnya digunakan untuk kemuliaan Allah melalui kolom Digital Ministry. Jika dunia saja gencar menggunakan teknologi untuk hal-hal yang fana, seharusnya kita semakin gencar menggunakan teknologi untuk hal-hal yang kekal, untuk membangun Kerajaan Allah. Kegiatan Tech in Asia yang diulas dalam kolom APPPS Live kiranya membuka mata kita untuk memikirkan bagaimana teknologi bermanfaat bagi kemajuan pelayanan. Karena itu, tubuh Kristus tidak boleh berpangku tangan! Banyak hal yang bisa kita lakukan bagi Tuhan.

Selain itu, silakan Anda simak ulasan bahan-bahan digital konseling Kristen dalam kolom ICDW dan hasil wawancara mengenai aplikasi AlkiMEDIA. Semua itu juga sekaligus bisa menjadi contoh bagaimana kita dapat menggunakan teknologi untuk pertumbuhan iman kita dan memuliakan nama Tuhan pada abad ke-21 ini. Kiranya menjadi berkat. Salam IT 4 God!

In Christ,

Davida Redaksi Tamu IT-4-GOD, Davida
 

INDONESIA CHRISTIAN DIGITAL WATCH (ICDW)

Bahan-Bahan Digital Konseling Kristen

Pelayanan konseling merupakan bagian integral dari pelayanan gereja/kekristenan. Pelayanan ini sangat dibutuhkan mengingat aneka pergumulan hidup yang senantiasa terjadi dalam kehidupan orang percaya. Tidak hanya membutuhkan jalan keluar serta solusi yang tepat, tetapi bimbingan serta hikmat yang sesuai dengan firman Allah menjadi kebutuhan yang diperlukan oleh setiap orang Kristen yang bergumul. Bagi Anda yang melayani di bidang konseling, berikut ini ulasan dua sumber bahan digital konseling Kristen untuk memperlengkapi pelayanan Anda.

1. Publikasi e-Konsel

e-Konsel

Dalam menjawab kebutuhan orang percaya yang melayani di bidang Konseling Kristen alkitabiah, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) menghadirkan publikasi e-Konsel. Publikasi ini berisi berbagai artikel konseling, bimbingan alkitabiah, tanya-jawab, komunitas konselor, tip, serta renungan yang bermutu, yang mendukung pelayanan Anda kepada para konseli yang membutuhkan pelayanan konseling. Bahan-bahan ini dapat Anda peroleh secara gratis dengan mendaftarkan diri sebagai pelanggan publikasi e-Konsel. Anda cukup mengirim alamat email ke < subscribe-i-kan-konsel@hub.xc.org > atau ke < konsel@sabda.org > dan Anda akan menerima publikasi ini setiap Selasa minggu kedua. Seluruh arsip publikasi e-Konsel dapat Anda akses melalui situs Christian Counseling Center Indonesia (C3I), yang merupakan pusat bahan-bahan konseling Kristen dalam bahasa Indonesia. Jangan lupa mengunjungi situs C3I untuk mendapatkan lebih banyak bahan konseling Kristen yang berkualitas!

2. Situs TELAGA (Tegur Sapa Gembala Keluarga)

TELAGA

Situs TELAGA adalah pengembangan dari pelayanan radio Lembaga Bina Keluarga Kristen (LBKK). TELAGA sendiri merupakan nama program pelayanan radio tersebut, akronim dari TEgur Sapa GembaLA KeluarGA. Situs ini dirancang untuk memudahkan pengunjung mengakses materi-materi TELAGA yang disiarkan dalam program radio. Anda dapat mendengarkan dan mengunduh (download) audio program TELAGA dalam format MP3, WMA, dan Real Audio. Jika Anda lebih senang membaca, setiap file audio juga dilengkapi dengan transkrip. Tema-tema konseling yang diulas cukup banyak, meliputi 900 topik dan masalah kejiwaan secara umum. Situs ini sangat berguna bagi para konselor ataupun orang awam untuk memahami berbagai masalah dalam kehidupan keluarga/kejiwaan dan bagaimana menolong diri sendiri atau orang lain berdasarkan hikmat firman Tuhan. Selamat berkunjung dan semoga bermanfaat.

HE Cares

Kabar gembira! Bahan-bahan konseling Kristen dalam TELAGA dan situs C3I sekarang dapat diakses melalui Aplikasi Konseling (HE Cares). Segeralah mengunduh aplikasi ini melalui Play Store! Ulasan mengenai aplikasi ini dapat Anda simak dalam IT-4-GOD Edisi 18.

 

APPPS LIVE

App-ech: Tech in Asia Jakarta (TIA Jakarta)

Tech in Asia Jakarta (TIA Jakarta)

Pada 1 -- 2 November 2017, konferensi teknologi tahunan bertajuk Tech in Asia (TIA) berlangsung di Jakarta. Acara ini adalah kegiatan umum (bukan kegiatan kekristenan) yang bertujuan untuk memamerkan produk teknologi terkini sekaligus sebagai ajang pertemuan antara para pelaku usaha rintisan (startup) dan calon konsumen/investor mereka. Pada acara ini, diadakan pula perlombaan apps yang dikembangkan oleh developer dari berbagai negara. Pemula (startup) Indonesia, Andalin, merebut juara pertama, sedangkan juara kedua diraih GYnetworks dari Korea, dan Spotdraft asal India meraih juara ketiga. Andalin merupakan layanan yang bisa membantu para pemilik UKM untuk mengimpor dan mengekspor barang ke luar negeri secara mudah. Tech in Asia dinilai memiliki peran strategis di tengah semangat pemerintah menggalakkan penguatan ekonomi digital.

[Sumber: http://batamtoday.com/home/read/100219/Startup-Indonesia-Sabet-Juara-Tech-in-Asia]

Sebagai refleksi dari kegiatan ini, gereja yang adalah tubuh Kristus, perlu belajar beberapa hal. Kita perlu belajar tentang cara kreatif, sikap untuk selalu berinovasi, dan punya semangat untuk memanfaatkan teknologi yang berdampak bagi Kerajaan Allah dan memuliakan-Nya. Bayangkan, betapa luar biasanya jika peran teknologi ini dimaksimalkan untuk memajukan pelayanan. Akan ada lebih banyak orang yang bisa mendengar dan belajar firman Tuhan melalui alat digital, lalu membagikan Kabar Baik itu kepada orang lain. Yang menjadi pertanyaan penting justru adalah bagaimana respons kita dan gereja terhadap kemajuan teknologi. Jika banyak orang berani berinvestasi demi penguatan ekonomi digital, kita juga harus berani "berinvestasi" untuk kepentingan Kerajaan Allah. Sudah bukan zamannya lagi untuk menutup diri terhadap teknologi. Terbukalah terhadap teknologi dan gunakan itu untuk memuliakan Allah. Mari kita dorong generasi digital untuk membuat terobosan-terobosan demi kemajuan pelayanan. (Aji)


App-alks: Mengetahui Lebih Banyak tentang Proyek AlkiMEDIA

Mengetahui Lebih Banyak tentang Proyek AlkiMEDIA

1. IT-4-God [IT4G]: Apa sih aplikasi AlkiMEDIA itu?

Liza [L]: AlkiMEDIA adalah aplikasi pembelajaran Alkitab berbasis media yang akan menolong penggunanya mendapat bahan-bahan Alkitab multimedia (berupa audio, video, gambar, dsb.) yang diperlukan saat melakukan penggalian Alkitab.

2. IT4G: Mengapa AlkiMEDIA penting bagi masyarakat Kristen saat ini?

L: Cara belajar saat ini berubah. Kalau hanya menggunakan teks, tidak dimungkiri generasi digital cenderung merasa bosan. Aplikasi ini diharapkan bisa membantu masyarakat Kristen era digital ini untuk membaca dan belajar Alkitab. AlkiMEDIA adalah Alkitab abad ke-21 -- Alkitab dalam bentuk audio, video, maupun gambar.

3. IT4G: Apa fungsi utama AlkiMEDIA dan bagaimana ia dapat menolong penggunanya melakukan penggalian Alkitab dengan lebih baik?

L: AlkiMEDIA berfungsi seperti katalog bahan-bahan Alkitab multimedia yang dapat menunjang proses penggalian dan penyelidikan Alkitab. AlkiMEDIA memberikan daftar lengkap bahan Alkitab multimedia untuk memudahkan pengguna dalam mencari dan menemukan bahan-bahan yang mereka perlukan saat melakukan PA.

Ada dua cara yang bisa pengguna pilih untuk mendapatkan media yang diinginkan:

  • Pencarian berdasarkan kitab/pasal/ayat Alkitab. Cara ini efektif bagi kita yang melakukan PA dengan membaca kitab secara kronologis atau berdasarkan urutan kitab dalam Alkitab, misalnya PA tentang kitab-kitab Injil (Matius -- Yohanes), PA tentang 1-2 Korintus, dsb.. Dengan cara ini, pengguna bisa menemukan bahan-bahan multimedia yang terkait dengan berbagai macam tema, tokoh, tempat, atau topik tertentu yang tercakup dalam pembahasan kitab/pasal terkait.
  • Pencarian berdasarkan topik. Cara ini lebih cocok bagi kita yang melakukan PA secara tematik, misalnya tentang kepemimpinan Kristen, tentang kesatuan dengan Kristus, tentang tokoh Alkitab, dsb.. Dengan cara ini, pengguna tinggal memasukkan kata kunci yang sesuai dengan tema PA, dan AlkiMEDIA akan menampilkan berbagai macam bahan multimedia yang terkait dengan pembahasan tema tersebut.
Selengkapnya: Mengetahui Lebih Banyak tentang Proyek AlkiMEDIA
 

DIGITAL MINISTRY

IT FOR GOD, IT FROM GOD

IT FOR GOD, IT FROM GOD

Oleh: Jeffrey Liem

Salah satu moto pelayanan Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) adalah IT 4 God, yaitu Teknologi Informasi untuk Kemuliaan Tuhan. Moto YLSA, demikian juga visi dan misi YLSA, menginformasikan kepada kita bahwa Tuhan berhak memakai teknologi demi pelebaran Kerajaan Allah.

Mengapa memakai kata "IT" (Information Technology) dan bukan hanya kata "teknologi"? Sebab, zaman ini adalah zaman informasi. Zaman sudah bergeser, dari zaman agraris ke zaman industri, dan sekarang memasuki zaman informasi. Pada konteks digital zaman ini, pelayanan YLSA ada untuk menebus dunia informasi bagi terang kebenaran firman Tuhan.

Ketika memikirkan pengertian IT 4 God, sebenarnya kita harus lebih dahulu memahami bahwa IT adalah dari Allah. Bila tidak, hal itu akan sia-sia. Bagaimana mempersembahkan sesuatu yang bukan dari Tuhan untuk memuliakan nama-Nya?

Berbicara mengenai teknologi, kita harus melihatnya dalam kerangka wawasan dunia Kristen, yaitu Penciptaan, Kejatuhan, Penebusan, serta Pemuliaan (Creation, Fall, Redemption, and Consummation). Jika kita hanya melihat teknologi dalam kerangka kejatuhan, kita akan pesimis dengan teknologi. Misalnya, kita melihat teknologi bom dan nuklir untuk berperang; kita melihat teknologi untuk mengaborsi bayi; kita melihat teknologi untuk menyiksa musuh. Semua hal ini memang bagian dari realitas kejatuhan, tetapi bukan semua realitas adalah kejatuhan.

Selengkapnya: IT FOR GOD, IT FROM GOD