Apps4God

IT-4-GOD Edisi 21 | Januari 2018
APPPS Live : App-✞ech: Aplikasi Konseling Mobile — HE Cares
App-✞ech: Tren Teknologi 2018
App-✞alks: Diskusi: Alkitab Digital dan Gereja dalam Perkembangan Teknologi
ICD Watch : Bahan-Bahan Teologi Reformed
Digi Min : Pertahankan Teknologi di Tempat yang Benar pada 2018
[IT-4-GOD] Edisi 21 - Januari 2018
EDITORIAL

Shalom Sahabat IT-4-GOD!

Penggunaan teknologi yang bijak dan kreatif dapat menolong gereja menjadi efektif dalam cara-cara yang mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya. Oleh karena itu, redaksi IT-4-GOD tidak pernah jemu menyajikan berbagai informasi seputar perkembangan teknologi guna menstimulasi ide-ide pemanfaatan teknologi bagi kemajuan kerajaan Allah di muka bumi.

Edisi perdana IT-4-GOD pada 2018 ini mencakup beberapa topik menarik yang perlu Anda simak. Silakan menyimak sajian kali ini dan temukan sesuatu yang baru untuk dibagikan kepada rekan-rekan Anda!

In Christ,

Odysius Pemimpin Redaksi IT-4-GOD, Odysius
 

INDONESIA CHRISTIAN DIGITAL WATCH (ICDW)

Bahan-Bahan Teologi Reformed

Gereja yang telah mengalami reformasi perlu terus-menerus direformasi. Inilah ide utama dari reformasi gereja oleh Martin Luther, Johanes Calvin, Ulrich Zwingli, dkk., yang pada kemudian hari menjadi cikal bakal lahirnya gerakan Reformed. Hadirnya gerakan Reformed membawa semangat baru dalam kehidupan kekristenan karena terus mendorong dilakukannya reformasi gereja supaya gereja semakin setia kepada kebenaran Kitab Suci. Pada tahun yang baru ini, kiranya tubuh Kristus terus menghidupi semangat reformasi ini agar gereja tidak semakin "mati" dalam setiap peralihan zaman. Berikut ini kami sajikan sumber-sumber digital kekristenan yang bercorak teologi Reformed. Kiranya menjadi berkat pada tahun yang baru ini.

1. Publikasi e-Reformed

Publikasi e-Reformed

Reformasi gereja masih terus bergulir dari abad ke-15 hingga saat ini. Dalam prosesnya, reformasi gereja telah melahirkan teolog-teolog andal yang menghasilkan karya-karya tulisan yang sangat membangun. Guna memperkenalkan dan membagikan karya-karya dari para teolog Reformed tersebut, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) menerbitkan publikasi elektronik yang bernama publikasi "e-Reformed" sejak 1999. Publikasi ini juga memiliki tujuan untuk mendukung pemahaman kebenaran Alkitab serta mendorong masyarakat Kristen untuk semakin mencintai firman Tuhan.

2. Situs Reformed​.​co

Situs Reformed.co

Situs Reformed​.​co merupakan situs referensi yang akan mengantar Anda menuju sumber-sumber digital bernuansa Reformed di internet. Beberapa bahan/situs yang tertera dalam situs ini dikelola oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA), sedangkan beberapa yang lainnya dikelola oleh pihak ketiga. Untuk memudahkan pengguna memilih yang paling sesuai dengan keperluan, sumber-sumber tersebut sudah dikelompokkan ke dalam tujuh kategori, yaitu: situs web, blog, forum diskusi, situs gereja, media sosial, artikel, dan milis.

Baca selengkapnya »

 

APPPS LIVE

App-ech: Aplikasi Konseling Mobile — HE Cares

Kabar gembira! Yayasan Lembaga SABDA baru saja meluncurkan aplikasi Konseling untuk Android.

Konseling

Tidak dapat dimungkiri bahwa kebutuhan akan konseling makin bertambah seiring dengan bertambah banyaknya masalah dalam kehidupan manusia. Setelah manusia jatuh ke dalam dosa, permasalahan manusia selalu ada sepanjang zaman, bahkan cenderung semakin banyak dan semakin kompleks. Sebagai orang percaya, kita mengerti bahwa solusi permasalahan manusia ada di dalam firman Tuhan. Firman Tuhanlah yang merupakan jawaban atas permasalahan kehidupan manusia, dan Konseling Alkitabiah membawa manusia yang bergumul dengan masalahnya kepada firman Tuhan.

Dalam konteks kebutuhan konseling, Yayasan Lembaga SABDA mengembangkan aplikasi konseling dengan nama HE Cares (DIA Peduli). Dengan satu praanggapan pemahaman bahwa Allah itu ada: Dia mendengar; Dia berbicara kepada kita melalui Firman-Nya; Dia peduli; kami mengumpulkan bahan-bahan alkitabiah seputar masalah konseling di dalam aplikasi HE Cares ini.

Anda bisa mengunduh aplikasi HE Cares melalui tautan berikut ini:

Download Aplikasi Konseling

Silakan mencobanya dan beri tahu kami apa yang Anda suka atau tidak suka serta bagaimana kami bisa meningkatkan aplikasi ini.


App-ech: Tren Teknologi 2018

Tidak jarang, inovasi teknologi terbaru membawa perubahan pada cara dan gaya hidup masyarakat. Karena itu, sangat penting untuk melihat teknologi apa saja yang sedang berkembang saat ini serta bagaimana kita dapat menggunakannya untuk memberi nilai tambah pada hal-hal yang kita kerjakan, khususnya dalam bidang kekristenan. Lantas, apa saja teknologi yang akan populer pada tahun 2018 ini? Berikut ini beberapa teknologi yang akan mendominasi topik pembicaraan sepanjang tahun.

  1. Internet of Things
  2. Kecerdasan buatan
  3. Augmented Reality
  4. Antarmuka nirsentuh
  5. Teknologi Smart Home

Baca selengkapnya »

Dari teknologi-teknologi tersebut, manakah yang menurut Anda akan sangat berpengaruh dalam pelayanan Anda dan gereja Anda? Manakah yang dapat Anda manfaatkan untuk meningkatkan efektivitas dan mutu pelayanan Anda dan gereja Anda?


App-alks: Diskusi: Alkitab Digital dan Gereja dalam Perkembangan Teknologi

Beberapa waktu lalu, salah satu Sahabat Apps4God melemparkan satu pertanyaan dalam Facebook App SABDA. Pertanyaan ini sangat penting untuk kita respons dan pikirkan bersama-sama, yaitu mengenai perkembangan Alkitab digital dan bagaimana gereja harus menghadapi perkembangan teknologi. Beberapa Sahabat juga membagikan pemikiran mereka mengenai pertanyaan tersebut.

Pertanyaan:

Alex Walangare

"Apakah ada kemungkinan pada masa depan, Alkitab buku tidak akan dipakai lagi dan tidak akan dicetak lagi sampai akhirnya menghilang dan semuanya serba digital? Jika kemungkinan ini terjadi, bagaimana peran gereja menghadapinya?"

— Alex Walangare

Komentar:

Andreas Agus Budijanto

"Gereja membutuhkan orang-orang yang mencintai firman (baca: Alkitab) dan bergairah untuk menularkan rasa cinta itu kepada orang-orang di sekitarnya. Bagi saya, baik apabila kita memanfaatkan semua teknologi yang ada untuk mencapai hal itu. Saya senang, saat ini melihat teman-teman sudah mempunyai gadget dan aplikasi untuk studi Alkitab."

— Andreas Agus Budijanto

Odysius Bio Temara

"Seperti halnya berbagai macam media menulis kuno menjadi ditinggalkan setelah ditemukannya kertas, saya kira akan ada saatnya nanti kertas akan benar-benar ditinggalkan dan digantikan oleh media menulis digital. Lalu, apa peran gereja dalam menghadapi perubahan ini? Sama dengan peran gereja dalam menghadapi perubahan-perubahan yang datang sebelumnya: gereja harus tetap relevan terhadap perkembangan zaman."

— Odysius B. Temara

Mari bagikan pemikiran Sahabat semua mengenai hal ini dalam komunitas App SABDA. Kiranya dapat menjadi kontribusi yang positif bagi tubuh Kristus pada zaman ini, sehubungan dengan perkembangan teknologi agar teknologi dapat digunakan utamanya untuk kepentingan firman-Nya dan kemuliaan nama-Nya.

Komunitas Apps4God
 

DIGITAL MINISTRY

Pertahankan Teknologi di Tempat yang Benar pada 2018

Pertahankan Teknologi di Tempat yang Benar pada 2018

Tempat yang benar untuk teknologi tidak akan persis sama untuk setiap keluarga, dan juga tidak sama pada tiap musim kehidupan kita. Mencari tahu tempat yang benar untuk teknologi dalam masing-masing keluarga dan tahapan kehidupan kita memerlukan kearifan, dibanding sekadar rumusan sederhana. Namun, hampir pilihan yang mana pun akan lebih baik daripada membiarkan teknologi membanjiri kita dengan pengaturan standarnya, mengambil alih hidup kita, dan menghambat pertumbuhan kita dalam hal yang benar-benar penting.

Selain itu, saya pikir ada beberapa hal yang benar pada setiap tahap kehidupan. Berikut adalah enam hal.

  1. Teknologi berada di tempat yang benar ketika ia membantu kita menjalin hubungan dengan orang-orang nyata yang kita kasihi.
  2. Teknologi berada di tempat yang benar ketika ia memicu percakapan yang baik.
  3. Teknologi berada di tempat yang benar saat ia membantu kita merawat tubuh rapuh yang kita tempati.
  4. Teknologi berada di tempat yang benar ketika ia membantu kita memperoleh keterampilan dan penguasaan bidang-bidang yang merupakan prestasi kebudayaan manusia.
  5. Teknologi berada di tempat yang benar ketika ia membantu kita menumbuhkan kekaguman bagi dunia ciptaan tempat kita menjadi bagian di dalamnya dan bertanggung jawab untuk menjadi penatalayan.
  6. Teknologi berada di tempat yang benar hanya ketika kita menggunakannya dengan tujuan dan kewaspadaan.

Baca selengkapnya »