Apps4God

IT-4-GOD Edisi 14 | Agustus 2017
ICD Watch : Kepemimpinan Kristen
APPPS Live : App-✞alks: Diskusi: Facebook sebagai Ladang Pelayanan Digital Terbesar
App-✞alks: Pelayanan Grup Facebook dari YLSA
Digi Min : Karunia Konektivitas
[IT-4-GOD] Edisi 14 - Agustus 2017
EDITORIAL

Shalom,
Apa kabar?

Redaksi IT-4-GOD tidak akan bosan mendorong Sahabat IT-4-GOD untuk terlibat dalam pelayanan digital karena dunia sedang berubah dan ladang pelayanan digital terbuka dan siap untuk digarap. Bahkan, jika Sahabat menyimak artikel dalam kolom Digital Ministry edisi ini, statistik menunjukkan bahwa lebih dari tiga perempat orang Amerika saat ini menggunakan ponsel pintar, yang berarti ada banyak jiwa sedang terhubung dalam dunia digital. Namun, masih banyak orang Kristen yang bertanya-tanya, apa yang harus dikerjakan? Bagaimana memulai pelayanan digital?

Oleh sebab itu, pada edisi kali ini, kami membagikan salah satu langkah praktis yang bisa Sahabat IT-4-GOD pakai untuk memulai pelayanan digital, yaitu dengan memanfaatkan raksasa media sosial, Facebook. Sebagai referensi tambahan, Sahabat juga bisa menyimak kembali artikel Facebook dan Penginjilan yang kami bagikan pada edisi sebelumnya. Jangan lewatkan pula ulasan bahan-bahan kepemimpinan Kristen dalam kolom ICDW edisi ini yang dapat menolong Sahabat menyiapkan diri menjadi pelayan yang memimpin generasi digital kepada Tuhan. Kiranya menjadi berkat. Salam IT 4 GOD!

In Christ,

Hilda Pemimpin Redaksi IT-4-GOD, Hilda
 

INDONESIAN CHRISTIAN DIGITAL WATCH (ICDW)

Kepemimpinan Kristen


"... tetapi jadilah teladan bagi orang-orang percaya dalam perkataan, tingkah laku, kasih, iman, dan kesucian."

(1 Timotius 4:12b, AYT)


Sebagai orang percaya, kita dituntut untuk hidup berintegritas dalam segala hal. Apalagi bila kita dipercaya menjadi seorang pemimpin Kristen, kita tidak boleh mengikuti arus dunia, sebaliknya kita harus terus belajar menjalankan kepemimpinan kita berdasarkan teladan Alkitab. Berikut ini, kami sajikan beberapa sumber bahan digital yang dapat memperlengkapi Anda untuk menjadi pemimpin yang alkitabiah.

1. Publikasi e-Leadership

CAPTION/DESKRIPSI GAMBAR

Melalui publikasi e-Leadership, Anda bisa mendapatkan sumber/bahan/materi tentang kepemimpinan Kristen yang berkualitas. Publikasi ini diterbitkan oleh YLSA (Yayasan Lembaga SABDA) dengan harapan agar di tengah masyarakat Kristen muncul para pemimpin dan pelatih kepemimpinan yang baik dan efektif dari sudut pandang prinsip iman Kristen. Selain untuk para pemimpin dan pelayan Kristen, bahan-bahan ini tentu juga bermanfaat untuk masyarakat awam Kristen supaya belajar bagaimana menjadi pemimpin yang berintegritas. Materi yang dibahas sangat beragam, mulai dari dasar-dasar kepemimpinan hingga bagaimana menjadi pemimpin pada abad ke-21. Untuk mendapatkan publikasi ini, silakan kirim e-mail kosong ke subscribe-i-kan-leadership@hub.xc.org, dan Anda akan didaftarkan untuk menerima publikasi ini secara berkala via e-mail. Kami juga mengundang Anda untuk bergabung di komunitas Facebook SABDA Leadership dan Twitter SABDA Leadership. Mari belajar bersama menjadi pemimpin yang Tuhan kehendaki!

Publikasi e-Leadership Facebook Twitter

2. Presentasi Biblical Spiritual Leadership

CAPTION/DESKRIPSI GAMBAR

Presentasi berjudul Biblical Spiritual Leadership ini dibuat oleh Dr. Jerry Smith, Th.D. untuk memaparkan materi kepemimpinan rohani yang alkitabiah. Materi ini secara garis besar bersifat dasar, tetapi penting untuk diketahui oleh para pemimpin Kristen, di antaranya:

  1. Apa definisi pemimpin?
  2. Siapa panutan bagi pemimpin?
  3. Apa itu kepemimpinan yang melayani?
  4. Apa kualifikasi seorang pemimpin yang alkitabiah?
  5. Seperti apa sikap pemimpin yang alkitabiah?
  6. Apa yang dilakukan oleh seorang pemimpin yang alkitabiah?
  7. ... dan masih banyak lagi.

Materi disajikan oleh penulis dengan menggunakan model Q&A (Question & Answer) dan didukung dengan banyak ayat Kitab Suci untuk mendasarkan argumennya. Jumlah total slide adalah 194 halaman. Anda bisa mengaksesnya melalui link berikut ini:

Presentasi Biblical Spiritual Leadership

*) Selain bahan-bahan di atas, Anda juga bisa mendapat beragam bahan kepemimpinan dari sumber-sumber lain. Berikut ini bahan-bahan yang kami rekomendasikan.

  1. Buku-buku digital kepemimpinan Kristen dalam situs Indo Lead.
  2. Resensi buku-buku kepemimpinan Kristen dalam situs Gudang Buku Kristen Online.
  3. Bahan seminar Seni Memimpin Diri oleh Bapak Robby Chandra:
    - Presentasi Seminar Seni Memimpin Diri
    - Audio Komunitas Solo Leadership
  4. Situs-situs kepemimpinan Kristen lainnya [Inggris]
    - Christian Leadership
    - ChurchLeadership.org
 

APPPS LIVE

App-alks: Diskusi: Facebook sebagai Ladang Pelayanan Digital Terbesar

CAPTION/DESKRIPSI GAMBAR

Beberapa waktu lalu diberitakan bahwa Facebook telah menghubungkan lebih dari 2 miliar pengguna di dunia. Dari angka tersebut, Indonesia adalah pasar penting bagi Facebook. Menurut data kuartal kedua 2017 (per Juli), jumlah pengguna Facebook di Indonesia mencapai 115 juta pengguna. Pengguna Facebook Indonesia masuk dalam deretan tiga negara teratas dengan jumlah teman tertinggi. Jumlah pertemanan orang Indonesia lebih dari dua kali rata-rata pertemanan yang dibuat oleh pengguna global. Orang Indonesia juga mengunggah 3 kali lebih banyak dibandingkan rata-rata global. Selain itu, sifat pengguna Facebook Indonesia adalah gemar mengunggah komentar dengan porsi 3 kali lipat lebih banyak dibandingkan rata-rata komentar pengguna global. Yang lebih menarik, berdasarkan data Facebook ternyata di Indonesia, satu dari dua orang tergabung dalam sebuah grup di Facebook.

(Sumber: http://tekno.liputan6.com/.../facebook-kini-punya-115-juta-pengguna-aktif-di-indonesia)

Melihat fakta di atas, kita dapat melihat bahwa Facebook adalah ladang pelayanan digital dan platform yang besar dan strategis pada era digital ini. Tantangannya sekarang, bagaimana menggunakan kesempatan ini untuk menjangkau mereka? Apa yang bisa kita lakukan untuk mewartakan Kabar Baik melalui media sosial Facebook sehingga para pengguna yang jumlahnya besar ini bisa mendengar tentang Kristus? Mari bagikan ide dan kesaksian Anda dalam diskusi komunitas Apps4God.

Komunitas Apps4God

App-alks: Pelayanan Grup Facebook dari Yayasan Lembaga SABDA (YLSA)

CAPTION/DESKRIPSI GAMBAR

Seperti yang telah dibahas dalam artikel sebelumnya, Facebook adalah ladang pelayanan digital dan platform yang besar dan strategis untuk menjangkau orang-orang pada era digital ini. Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) telah menyadari peluang ini sejak lama dan sudah mengerjakan banyak pelayanan digital dengan memanfaatkan Facebook. Salah satunya adalah mengadakan diskusi online, dengan memanfaatkan grup Facebook untuk mengumpulkan orang-orang yang terbeban dan bersama-sama berdiskusi untuk membahas topik tertentu sambil berbagi pemahaman dan pengalaman.

Bersyukur, baru-baru ini salah satu grup diskusi dari YLSA, yaitu Grup e-BinaAnak, telah selesai melangsungkan diskusi untuk periode Juli/Agustus. Grup diskusi yang diikuti oleh 19 peserta ini membahas artikel Mengajar Seperti Yesus: Tiga Cara Efektif dalam Memuridkan. Diskusi berjalan aktif dan peserta cukup antusias menjawab setiap pertanyaan. Anda dapat menyimak rangkuman dari grup diskusi ini dalam Arsip Diskusi e-BinaAnak 25 Juli s/d 5 Agustus 2017. Berikut ini testimoni dari salah satu peserta.

"Shalom, ternyata sudah di akhir sesi. Salah satu yang berkesan adalah tentang demonstrasi/melakukan pelajaran yang disampaikan. Ini menjadi tantangan untuk terus-menerus konsisten dan komit dalam penyampaian pengajaran kepada anak-anak. Tidak hanya kreativitas dalam mempersiapkan alat peraga, tetapi juga tentang kehidupan pribadi dalam menghidupi firman yang disampaikan. Sebagai seorang pelayan anak, ini berkesan bagi saya. Di tengah-tengah banyak pergumulan dan kompleksnya pelayanan, saya harus terus bertekad untuk menjadi alat peraga yang baik dan benar dalam mengajar anak-anak. Itu tidak mudah, tetapi teladan Yesus telah dan terus menolong untuk mampu. Terima kasih untuk diskusi ini. Terima kasih atas bimbingan dan pengajaran yang memberkati. Terima kasih untuk semua rekan yang telah berbagi pengalaman dan pengetahuan. Tuhan Yesus memberkati pelayanan kita semua. Amin. Sampai bertemu di diskusi selanjutnya." — Be Ba Li Gea

Apakah Sahabat IT-4-GOD tertarik untuk mengikuti forum diskusi yang diadakan oleh YLSA lewat Facebook? Sahabat bisa mengikuti diskusi yang diadakan oleh komunitas Apps4God ataupun beberapa forum diskusi YLSA berikut ini.

Kiranya dapat menolong kita semua untuk semakin bertumbuh dan menjadi inspirasi bagi Sahabat IT-4-GOD untuk memulai langkah praktis untuk melakukan pelayanan digital dengan memanfaatkan media sosial Facebook.

 

DIGITAL MINISTRY

Karunia Konektivitas

CAPTION/DESKRIPSI GAMBAR


"Kenallah baik-baik keadaan kawanan dombamu, dan perhatikanlah kawanan ternakmu."

(Amsal 27:23, AYT)


Dalam dunia yang sibuk sekarang ini, terkadang sulit untuk mengetahui cara menemukan kawanan domba Anda, apalagi memberikan perhatian yang mereka butuhkan. Di sinilah, teknologi menjadi teman sejati untuk pelayanan. Dengan adanya lebih dari tiga perempat orang Amerika yang saat ini menggunakan ponsel cerdas, gereja tidak bisa menolak lagi alat yang penting itu untuk menjangkau mereka secara lebih luas. Gereja sering berjuang untuk memahami betapa revolusioner dan kritisnya teknologi seluler bisa dipakai untuk misi gereja. Dengan menawarkan alat-alat yang mereka perlukan untuk mereka bisa tetap terhubung dengan gereja, supaya benar-benar menggunakan ponsel mereka, hal ini akan membuktikan bahwa gereja benar-benar paham akan jemaat mereka dan memiliki keinginan yang nyata untuk memenuhi kebutuhan mereka kapan saja dan di mana saja.

Namun, fitur-fitur apakah yang paling berpengaruh bagi Anda dan gereja Anda? Mari mengulasnya satu per satu sehingga Anda bisa memutuskannya.

Selengkapnya: Karunia Konektivitas