Apps4God

App-✞alks: Mengetahui Lebih Banyak tentang Proyek AlkiMEDIA

Submitted by admin on Fri, 11/10/2017 - 12:00
Salah satu proyek yang sedang dikembangkan oleh Yayasan Lembaga SABDA yang juga dikerjakan dalam pesta koding Code for the Kingdom Jakarta 2017 pada Oktober lalu adalah proyek AlkiMEDIA. Aplikasi ini masih dalam tahap pengembangan alpha sehingga belum ada purwarupa yang bisa dites atau diuji coba oleh pengguna secara luas. Baru-baru ini, redaksi IT-4-GOD berbincang-bincang dengan Elizabeth Nathania Witanto, salah satu kontributor utama di balik proyek AlkiMEDIA, untuk mengetahui lebih banyak terkait pengembangan aplikasi ini. Berikut ini kami sajikan hasil perbincangan tersebut kepada Sahabat.

App-✞alks: Melayani Kerajaan Allah Melalui Proyek Apps Publikasi SABDA

Submitted by admin on Fri, 05/12/2017 - 12:00

Sebelumnya, kita telah mengenal satu produk baru yang diluncurkan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA), yaitu apps Publikasi SABDA. Kali ini, kita akan berkenalan dengan salah seorang yang ikut berkontribusi dalam pengerjaan proyek tersebut. Beliau adalah Jeffrey Lim, programmer tim ITS YLSA yang telah menjadi bagian dalam komunitas Apps4God.

App-✞alks: Memprogram bagi Kerajaan (Allah)

Submitted by admin on Fri, 03/10/2017 - 12:00
Pada awal Maret 2017, salah satu Sahabat Apps4God, Sdr. Yanadi Sutan Gading, membagikan sebuah tautan di kronologi Facebook Apps4God. Tautan yang berjudul Coding for the Kingdom tersebut adalah hasil wawancara antara tim The Gospel Coalition dan Adam Murray, pengembang web senior di World Vision (organisasi nirlaba yang bergerak di bidang pemberdayaan anak - Red.).

App-✞alks: Pelayanan Digital dalam Gereja: Wawancara dengan Bapak Michael Sanders

Submitted by admin on Fri, 12/16/2016 - 12:00
Mengabarkan Injil di era digital membutuhkan alat teknologi dan cara penyampaian yang tepat supaya firman Tuhan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat zaman ini. Hal itulah yang ditekankan oleh Bapak Michael Sanders ketika tim Apps4God mewawancarai beliau mengenai peran teknologi dalam dunia pelayanan. Pak Michael adalah seorang hamba Tuhan yang memiliki panggilan pelayanan di bidang anak dan beliau giat sekali melibatkan teknologi dalam pelayanan-pelayanan yang ia lakukan. Dalam dua bulan terakhir, beliau memberikan pelatihan teknologi di GKA Abdi SABDA Solo, yaitu pelatihan untuk membuat animasi dengan software Microsoft Power Point. Selain jemaat gereja tersebut, ada juga peserta dari gereja lain, termasuk beberapa staf YLSA. Ingin tahu bagaimana pengalaman beliau melayani jemaat dengan menggunakan teknologi? Lalu, bagaimana respons gereja dan jemaat terhadap teknologi yang digunakan dalam pelayanan? Simak hasil wawancara kami dengan beliau berikut ini.

App-✞alks: Septhianto Diga Chandra dan Code for The Kingdom 2015

Submitted by admin on Mon, 10/17/2016 - 12:00
Event hackathon Code for The Kingdom Jakarta 2016 sudah semakin dekat. Kesuksesan event C4TK pada tahun sebelumnya telah melahirkan berbagai inovasi dan proyek-proyek yang ditujukan untuk menolong orang-orang Kristen masa kini untuk semakin memuliakan Tuhan melalui teknologi. Hal ini tentunya menjadi penyulut semangat kita untuk semakin kreatif dan berinovasi untuk menciptakan berbagai karya yang lebih baik untuk kemuliaan Tuhan. Dari sekian banyak orang yang terlibat dalam event C4TK 2015, tim Apps4God berkesempatan untuk berbincang-bincang dengan sdr. Septhianto Diga Chandra, salah satu peserta C4TK 2015 yang merupakan seorang Founder dan Web Developer di digachandra.com. Berikut ini isi perbincangan kami.

App-✞alks: Komunitas Media Sosial YLSA

Submitted by admin on Fri, 07/08/2016 - 12:00
Sebagian orang mungkin menganggap media sosial membawa pengaruh yang buruk, tetapi Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) melihat ini sebagai kesempatan untuk membuka ladang pelayanan baru di dunia internet. Salah satunya dengan memakainya untuk membuat grup diskusi Kristen. Pada edisi sebelumnya kita telah melihat bagaimana beberapa grup diskusi medsos YLSA dipakai untuk berdiskusi tentang hal-hal seputar Kekristenan. Berikut ini adalah sebuah wawancara singkat dengan salah satu staf dari YLSA, Santi Titik Lestari, yang mengelola grup diskusi YLSA dengan sosial media Facebook.

App-✞alks: Dampak Teknologi dan Kekristenan

Submitted by admin on Sun, 05/15/2016 - 12:00
Selain menghadiri persekutuan pemuda di GKA Abdi Sabda, tim Apps4God juga berkesempatan melakukan wawancara dengan Sdr. Yeremia Yordan Putra (mahasiswa praktik dari STT Amanat Agung) dan Sdri. Ima (pengurus bidang koinonia) di gereja GKA Abdi Sabda. Mereka berdua terlibat dalam pelayanan pemuda di GKA Abdi SABDA dan memiliki perhatian terkait dengan isu teknologi yang sejalan dengan gerakan "Apps4God". Berikut petikan wawancara yang kami lakukan.

App-✞alks: Penggunaan IT untuk Mengoptimalkan Pelayanan bagi Tuhan

Submitted by admin on Thu, 03/24/2016 - 12:00
Beberapa waktu lalu, Apps4God mengadakan wawancara dengan Bapak Pdt. Daniel Ronda (Rektor STT Jaffray Makassar). Kami tertarik untuk mewawancarai beliau karena beliau adalah salah satu hamba Tuhan yang terbuka terhadap perkembangan teknologi dan mengoptimalkannya dalam pelayanan bagi Tuhan. Kiranya hasil wawancara di bawah ini menginspirasi Sahabat App4God untuk menggunakan teknologi sebagai alat untuk lebih strategis lagi dalam melayani Tuhan di era digital ini.

App-✞alks: Pelayanan Paskah Digital

Submitted by admin on Fri, 03/18/2016 - 12:00
Setiap tahun perayaan Paskah diperingati dengan berbagai cara, baik dengan mengikuti ibadah di gereja, merenungkan firman, berpuasa, dan sebagainya. Yayasan Lembaga SABDA juga "merayakan" Paskah dengan caranya tersendiri, yaitu melalui situs Paskah Indonesia dan media sosial Paskah, kami mendorong para anggota untuk terus memaknai pengorbanan Yesus dalam hidup kita masing-masing. Tim Apps4God berkesempatan untuk mewawancarai Sdri. Setya dan Santi (staf YLSA, yang bertugas mengelola situs dan komunitas Paskah) untuk melihat dinamika pelayanan digital di Indonesia dan bagaimana mengaplikasikannya dalam lingkup pelayanan kita.

App-✞alks: Situs 1001 Jawaban, Pelayanan Masa Kini

Submitted by admin on Mon, 01/25/2016 - 12:00
Kita akan melihat satu contoh pelayanan generasi muda di zaman ini. Salah seorang mitra Apps4God, Karen dari Code for the Kingdom melayani dengan membuat situs 1001Jawaban.com sebagai responsnya pada tantangan Pertanyaan Kristen. Karen adalah seorang manajer startup, bukanlah seorang pekerja gereja penuh waktu. Namun, dia menyediakan waktu bersama timnya untuk mengadakan situs ini. Bagaimana sepak terjangnya melakukan pelayanan ini?