Apps4God

Submitted by admin on Wed, 11/02/2016 - 12:00
Apps4God  |  #Ayo_PA!
APPPS Live / #Ayo_PA!
Edisi 25 [Oktober 2016]

DAFTAR ISI

1. REPORTASE

[APPPS LIVE] App-ech: Hackathon Code for the Kingdom 2016 di Jakarta

[#Ayo_PA!] #Ayo_PA! di Hackathon C4TK

[#Ayo_PA!] #Ayo_PA! di GRII Karawaci

[#Ayo_PA!] #Ayo_PA! di PPA Berea GKI Sorogenen

2. KOMUNITAS

[APPPS LIVE] Kesan dan Pesan Panitia dan Peserta C4TK 2016, Jakarta

3. PELAYANAN / PROYEK / PROGRAM

[APPPS LIVE] App-ech: Proyek-proyek yang Dikerjakan Dalam Hackathon C4TK 2016

[APPPS LIVE] App-ech: Empat Proyek Terbaik Hackathon C4TK 2016

4. ARTIKEL+

Rencana Tuhan yang Indah Dalam Code for the Kingdom 2016 di Jakarta

EDITORIAL

Sahabat Apps4God,

Puji Tuhan! Sehubungan dengan acara Hackathon Code for the Kingdom (C4TK) 2016 di Jakarta yang diadakan pada tanggal 21 -- 23 Oktober 2016, melalui edisi APPPS Live Oktober ini Sahabat Apps4God dapat mengikuti beberapa liputan acaranya. Selain mengetahui bagaimana pelaksanaan acaranya, Anda juga dapat melihat beberapa foto dan hasil pemenang dari hackathon ini. Tidak lupa, kami mengucapkan selamat kepada mitra Apps4God, tim SABDA, yang salah satu ide proyeknya terpilih sebagai "Best Ideation"! Informasi selengkapnya dapat Anda lihat dalam edisi ini. Pada kesempatan yang sama, berita gerakan #Ayo_PA! yang disampaikan kepada jemaat di GRII Karawaci dan di PPA Sorogenen Surakarta dapat Anda simak juga laporannya dalam edisi ini.

Pesta code di Jakarta memang sudah selesai, tetapi apakah ada pekerjaan rumah yang dibawa oleh para peserta yang mengikutinya? Kami ingin mengajak Sahabat Apps4God untuk ikut mendukung dan terlibat, khususnya dalam doa, supaya setiap proyek yang dikerjakan dapat dipakai untuk menjangkau orang-orang yang belum mengenal Kristus dan kebenaran firman-Nya. Salam IT 4 GOD!

In Christ,

Davida,
Redaksi tamu APPPS LIVE / #Ayo_PA!
evie@in-christ.net

REPORTASE

[APPPS LIVE] App-ech: Hackathon Code for the Kingdom 2016 di Jakarta

Hackathon C4TK 2016 di Jakarta

Pada 21 -- 23 Oktober 2016, tim Apps4God bersama teman-teman dari Yayasan Lembaga SABDA berkesempatan untuk mengikuti acara Hackathon Code for the Kingdom (C4TK) 2016 yang diadakan di Kejora HQ, Jakarta. Selain mengutus beberapa staf untuk menjadi peserta, SABDA juga menjadi salah satu partner kegiatan ini. Acara yang dihadiri lebih dari 150 partisipan tersebut merupakan acara yang mempertemukan para developer teknologi, baik itu Hacker, Hipster, dan Hustler, untuk bersama-sama mengerjakan proyek bagi Kerajaan Tuhan. Awalnya, terdapat lebih dari 36 Project Pitch yang dipresentasikan. Namun, dengan berjalannya waktu, hanya ada 20 proyek/tim yang dikerjakan sampai akhir kegiatan. Sementara itu, proyek-proyek yang lain saling melebur atau dibatalkan karena tidak terbentuk tim. Pada kesempatan ini, tim SABDA mempresentasikan tiga ide proyek, yaitu Hari Ini Bersama Tuhan (TUDÉ), DOA, dan Alkitab yang Hidup (D'scipe). Ketika mengerjakan proyek, setiap tim mendapatkan pengarahan dari para mentor yang berkompeten di bidangnya untuk menolong peserta menentukan strategi yang tepat untuk proyek mereka. Sebagai partner, SABDA juga memberikan mentoring untuk proyek-proyek yang dikerjakan setiap tim dari sisi pelayanan digital (digital ministry). Andy Zain, Ketua Panitia C4TK Jakarta, mengatakan bahwa tujuan C4TK kali ini adalah sebagai ajang anak-anak Tuhan memberikan talentanya untuk membangun produk digital bagi kemajuan Kerajaan Allah.

Sama halnya dengan hackathon-hackathon lain, ajang C4TK juga memberikan penghargaan untuk proyek-proyek yang dinilai berdampak dan memenuhi kriteria yang ditentukan. Berikut ini adalah proyek-proyek yang terpilih untuk mendapat penghargaan terbaik.

  1. Best Ideation: Proyek D'scipe
  2. Best Overall Started Before Hackathon: Proyek Cell
  3. Best Overall Started At Hackathon: Proyek OSAD
  4. People's Choice: Proyek PUTIK

Sebagai tindak lanjut dari acara ini, panitia membentuk komunitas Kingdom Builder untuk mewadahi para ahli teknologi, wirausahawan, komunikator, dan artis Kristen yang ingin membuat perubahan dan membawa dampak bagi Kerajaan Allah di dunia ini. (Benny)

[#Ayo_PA!] #Ayo_PA! di Hackathon C4TK

Salah seorang Sahabat #Ayo_PA!, Pak Rally, yang datang di acara Hackathon Code for the Kingdom, menggunakan kesempatan yang ada untuk berbagi gerakan #Ayo_PA! kepada dua orang peserta. Awalnya, peserta tersebut ingin mendapatkan penjelasan mengenai pendalaman Alkitab dengan gadget, yang sekilas disampaikan dalam sesi Pep Talk "Digital Ministry". Pep Talk adalah presentasi singkat 30 menit di sela-sela acara yang bertujuan mendorong untuk menambah antusiasmenya dalam mengembangkan pengetahuan dalam berbagai bidang.

Pak Rally, yang sudah mendapatkan pelatihan #Ayo_PA!, langsung menyambar kesempatan berbagi dengan peserta tentang bagaimana menggunakan aplikasi Alkitab SABDA, Alkitab PEDIA, Kamus, dan Tafsiran untuk mendalami Alkitab. Setelah pelatihan singkat tersebut, Ibu Martha sangat terkesan dan kagum bagaimana teknologi sangat membantu pelayanan. Beliau langsung mempraktikkan bagaimana mendapatkan informasi tentang pengantar Alkitab, latar belakang, konteks, dan sebagainya. Beliau juga sangat bersyukur karena selama ini ia sangat ingin belajar dan bertumbuh dalam firman, ternyata sekarang kesempatan benar-benar ada di hadapannya. Bu Martha mengatakan bahwa ia akan mengajarkan cara melakukan PA ini kepada anak-anaknya dan anak-anak rohaninya. Ia yakin dengan cara baru ini, anak-anaknya akan lebih bergairah membaca dan mempelajari Alkitab.

[#Ayo_PA!] #Ayo_PA! di GRII Karawaci

#Ayo_PA! di GRII Karawaci

Kesempatan berbagi tentang pelayanan Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) yang diberikan oleh GRII Karawaci selama beberapa tahun terakhir ini selalu kami manfaatkan sebaik mungkin, terutama karena kami selalu mendapat sambutan yang hangat dari jemaat di sana. Demikian juga pada tgl. 25 Oktober yang lalu. Sebagai wakil dari YLSA, Ibu Yulia menyampaikan presentasi salah satu kegiatan pelayanan YLSA yang paling menonjol selama tahun 2016, yaitu Gerakan #Ayo_PA!. Selain menjelaskan apa itu #Ayo_PA!, Ibu Yulia juga membagikan tujuh hal penting tentang mengapa melakukan PA adalah sangat penting bagi kehidupan orang Kristen. Kami bersyukur karena presentasi #Ayo_PA! ini ternyata bertepatan dengan seminar PA Pribadi yang akan dibawakan pada bulan November di GRII Karawaci. Aplikasi-aplikasi SABDA Android akan menjadi bagian dari pelaksanaan seminar ini. Puji Tuhan! Memang tidak ada yang kebetulan dalam rencana Tuhan.

 

[#Ayo_PA!] #Ayo_PA! di PPA Berea GKI Sorogenen

#Ayo_PA! di PPA Berea GKI Sorogenen

Pada Senin, 24 Oktober 2016, tim Ayo_PA kembali mendapat kesempatan melayani di PPA Berea GKI Sorogenen. Kesempatan ini adalah kesempatan kedua, setelah kami menyampaikan materi Pendalaman Alkitab (PA) bagi Generasi Digital di PPA Berea pada tanggal 2 Mei 2016 yang lalu. Kali ini, peserta yang ikut adalah menti PPA usia 12 -- 22 tahun. Sebagian besar peserta, khususnya yang membawa HP, dapat mengikuti presentasi yang diberikan dengan baik. Terlihat dari ketekunan mereka mengikuti satu per satu langkah-langkah melakukan PA dengan metode PA S.A.B.D.A. dan langkah-langkah menggunakan berbagai aplikasi untuk melakukan PA. Para mentor juga memberikan sambutan yang baik atas kedatangan tim #Ayo_PA!. Di akhir acara, salah satu mentor menekankan kepada anak-anak yang hadir untuk rajin membaca firman Tuhan dan mempelajarinya karena firman Tuhan adalah amunisi bagi mereka untuk hidup sesuai dengan kehendak Tuhan. Ibu Tutik, salah satu mentor, bahkan mengusulkan untuk tindak lanjut di kesempatan lain agar tim SABDA juga mengajarkan keterampilan multimedia kepada anak remaja PPA Berea. (Ayu)

Selengkapnya

KOMUNITAS

 

[APPPS LIVE] Kesan dan Pesan Panitia dan Peserta C4TK 2016, Jakarta

Pada acara Hackathon C4TK 2016 di Jakarta, hadir lebih dari 150 individu yang berperan sebagai panitia, peserta, mentor, juri, media partner, maupun pengunjung yang sekadar datang untuk menyaksikan pesta code bagi kemuliaan nama Tuhan. Berikut ini, tim APPPS Live telah merangkum beberapa kesan dari mereka yang berpartisipasi dalam acara tersebut.

Andy Zain

"Code for the Kingdom adalah satu acara, di mana kita mencoba mengundang semua anak Tuhan yang punya berbagai talenta yang berbeda-beda untuk kumpul dan sama-sama bekerja membangun aplikasi, program, atau website dalam format digital ... dengan sisi pandang Alkitab."

[Andy Zain, Ketua Panitia]

Karen Kamal

"Tahun ini, saya melihat lebih banyak lagi partner, yang terpisah-pisah di seluruh Indonesia, bisa bersama-sama tergabung di Code for the Kingdom ini dengan satu visi ... untuk memajukan penginjilan."

[Karen Kamal, Panitia]

Sidney Mohede

"Had the honor of being a judge for Code for the Kingdom Jakarta 2016. 151 participants from Jakarta, Bandung, Surabaya, Solo, Makassar, Papua. With 36 ideas, 20 team pitching, and 3 days of programming apps. Love seeing their talents, ideas, innovations, and energy! Great job everyone!"

[Sidney Mohede, Juri]

Derby Raitei

"C4TK adalah program yang sangat luar biasa di mana anak-anak Tuhan bisa berkumpul dan menggunakan talenta serta ide-ide untuk membuat suatu TEROBOSAN demi kemuliaan Tuhan ...."

[Derby Raitei, peserta]

Ronald Ishak

"Code for the Kingdom membawa orang-orang untuk menggunakan talenta mereka untuk memuliakan nama Tuhan. [Acara ini] membuktikan bahwa kalau kita mendapatkan panggilan dari Tuhan, terus percaya, Tuhan yang akan memberikan melebihi ekspektasi kita."

[Ronald Ishak, peserta]

Handrich Kongdro

"Saya ikut C4TK ini senang banget, sih. Karena [di sini] kami bisa melihat bagaimana anak-anak yang nggak pernah kenal, tetapi punya talenta yang beda-beda dan "comes up" di satu tempat yang sama dan bisa menghasilkan sesuatu yang "wow", "amazing". Dan, senang banget kalau bisa melihat kegiatan-kegiatan seperti ini di mana ada anak-anak Tuhan yang benar-benar cinta Tuhan, tetapi juga excellent dan pengen make something, makes a difference, makes a change ...."

[Handrich Kongdro, peserta]

Benyamin Ramli

"Menurutku, C4TK adalah suatu opportunity yang susah didapatkan di dunia kita sekarang. Bahwa kita bisa melakukan apa yang diajarkan Tuhan di dalam dunia pekerjaan."

[Benyamin Ramli, peserta]

Bara Okta

"Bersyukur bisa terlibat dalam preparation proyek di SABDA maupun pengerjaan proyek di Jakarta dan mendapatkan pengalaman lebih banyak tentang IT Ministry."

[Bara Okta, staf SABDA]

Hadi Pramono

"C4TK adalah aktivitas bersama orang-orang dengan latar belakang kemampuan yang berbeda untuk membagikan ide, berdiskusi, dan menciptakan produk untuk Kerajaan Allah."

[Hadi Pramono, staf SABDA]

Elizabeth Nathania

"Bersyukur sekali bisa ikut C4TK, bertemu dengan orang-orang yang mempunyai visi yang sama, yaitu menggunakan skills yang dimiliki untuk kemuliaan Tuhan. IT4GOD!"

[Elizabeth Nathania, staf SABDA]

Samuel Wibowanto

"Sangat terberkati dengan kegiatan ini. [Saya sekarang tahu] bahwa ada teman-teman seiman yang mau membangun dan memberkati tubuh Kristus bersama-sama. Secara acara juga sangat asyik, soalnya bisa bertemu dengan teman-teman dari dunia IT juga."

[Samuel Wibowanto, peserta]

Benny Lin

"Di C4TK, saya belajar bahwa teknologi dapat dimanfaatkan dengan cara yang luar biasa oleh Tuhan untuk memajukan Kerajaan-Nya di dunia ini."

[Benny Lin, staf SABDA]

Jeffrey Lim

"Anak-anak Tuhan datang dari segala interdenominasi, dari berbagai daerah, ada yang coding, design, dan ada yang di posisi atas, ada yang bekerja. Namun, semua berkumpul untuk membuat sesuatu yang berharga dan mengembangkan kreativitas karena kita tahu bahwa kreativitas berasal dari Tuhan, Tuhan itu Creator, dan ketika kita diciptakan menurut gambar dan rupa Allah, kita diciptakan sebagai manusia yang kreatif. 'Creative Creator creates creative creature'."

[Jeffrey Lim, teman SABDA]

PELAYANAN / PROYEK / PROGRAM

 

[APPPS LIVE] App-ech: Proyek-proyek yang Dikerjakan Dalam Hackathon C4TK 2016

Proyek-proyek yang dikerjakan dalam Hackathon C4TK 2016

Dalam Hackathon C4TK di Jakarta pada 21 -- 23 Oktober 2016, ada dua puluh ide proyek yang akhirnya dikerjakan oleh para peserta yang hadir saat itu. Apa saja proyek tersebut?

  1. TUDÉ**: Aplikasi yang memuat berbagai topik supaya orang-orang hidup, mengenal, dan mengasihi Allah setiap hari. (....)
  2. DirectChurch: Perangkat lunak pembangun situs yang mudah (digunakan) dan sesuai untuk organisasi gereja. (....)
  3. GospelToTribe: Proyek penerjemahan Alkitab ke dalam lebih dari 700 bahasa di Indonesia. (....)
  4. D'scipe** (Best Ideation): Aplikasi mobile yang memperlengkapi murid-murid untuk berinteraksi dengan Alkitab secara visual. (....)
  5. RICH -- Ribka Ishak Couple Harvest: Aplikasi perjodohan Kristen. (....)
  6. Cell (Best Overall Started Before Hackathon): Aplikasi mobile ... dengan fitur-fitur yang secara khusus didesain untuk kelompok sel. (....)
  7. Ouch -- Our Church: Aplikasi yang memungkinkan komunikasi antara gereja dan jemaat menjadi lebih mudah. (....)
  8. MamaCare: Platform untuk memberdayakan seorang ibu rumah tangga yang ingin menyumbangkan talentanya dan mendapatkan penghasilan bagi dirinya. (....)
  9. Merij: Platform daring bagi para pasangan yang sudah menikah. (....)
  10. Kepotisme: Platform tanya jawab di mana pertanyaan-pertanyaan dibuat, dijawab, disunting, dan diorganisasi oleh komunitas para pengguna sendiri. (....)
  11. P3KU: Aplikasi mobile yang menyediakan instruksi-instruksi lengkap untuk melakukan pertolongan pertama dalam situasi darurat. (....)
  12. Rumah Curhat: Aplikasi mobile yang memungkinkan komunikasi antara konselor dan tim konselor. (....)
  13. Putik (People's Choice): Aplikasi streaming musik Kristen. (....)
  14. God's Words: Aplikasi penghimpun konten rohani yang akan menyesuaikan (isi) berdasarkan emosi pengguna dengan kecerdasan buatan. (....)
  15. I4TK: Platform yang menghubungkan donor Kristen dan gereja-gereja lokal yang membutuhkan pendanaan. (....)
  16. Christ Fest: Platform "virtual reality" yang memberi pengalaman keterlibatan yang lebih dalam pada kisah Alkitab, doa, atau khotbah, kapan pun (dan) di mana pun. (....)
  17. 1000 Prayers**: Aplikasi yang menyediakan panduan dan platform bagi orang percaya untuk berdoa dan terkoneksi dengan pendoa-pendoa lain. (....)
  18. OSAD -- One Share A Day (Best Overall Started At Hackathon): Aplikasi proyek sosial yang mendorong orang-orang untuk melakukan sedikitnya satu hal baik dalam seminggu melalui berbagai tantangan. (....)
  19. Pupa: Sistem untuk mempersiapkan dan mendukung para orangtua tunggal supaya arif dan mapan dalam kehidupan. (....)
  20. Fostera: Platform untuk mewujudnyatakan doa Anda bagi anak asuh melalui pendekatan emosional dan finansial. (....)

Deskripsi singkat setiap proyek dapat Anda lihat selengkapnya di situs Apps4God. Kiranya kedua puluh proyek ini dapat menjadi inspirasi bagi Sahabat Apps4God. Dalam kolom selanjutnya, Anda dapat membaca penjelasan lebih lengkap mengenai proyek yang mendapat penghargaan terbaik, yaitu proyek nomor 4, 6, 13, dan 18. Mungkin Anda juga memiliki ide yang bagus untuk dibagikan? Silakan berbagi dalam komunitas Apps4God.

**: Proyek yang melibatkan tim SABDA.

Selengkapnya

[APPPS LIVE] App-ech: Empat Proyek Terbaik Hackathon C4TK 2016

Empat Proyek Terbaik Hackathon C4TK 2016

Dari dua puluh proyek yang dikerjakan sejak tanggal 21 -- 23 Oktober 2016 di C4TK Jakarta, dipilihlah empat proyek terbaik. Para juri C4TK yang berasal dari latar belakang profesional maupun investor memilih empat proyek terbaik tersebut berdasar beberapa kriteria berikut:

  1. Kingdom Impact - bagaimana produk tersebut berdampak terhadap Kerajaan Allah di dunia ini.
  2. Viability - apakah proyek tersebut cukup realistis untuk dilanjutkan.
  3. Innovation/Originality - apakah produk ini unik dan asli.
  4. Completeness - sudah sejauh apa proyek tersebut diselesaikan dalam waktu 48 jam hackathon.

Kriteria yang lainnya adalah desain dan presentasi akhir. Berdasar kriteria tersebut, dipilih empat proyek terbaik berdasar kategori Best Ideation, Best Overall Started at Hackathon, Best Overall Started Before Hackathon, dan People's Choice.

1. Best Ideation: Proyek D'scipe

D'scipe adalah aplikasi yang menolong orang Kristen untuk berinteraksi dengan Alkitab secara visual, menyenangkan, dan kontekstual dengan generasi digital. Awalnya, proyek yang diusulkan oleh tim SABDA ini dinamakan Alkitab Yang Hidup. Proyek ini bertujuan Redesigning Bible Engagement Experience .... Di tengah-tengah dunia yang sudah mulai berpindah dari media teks ke visual, dari telepon ke chat, bagaimana kita dapat mendesain Alkitab supaya lebih hidup, bahkan kita bisa berinteraksi dengan Alkitab? Memperkenalkan juga @disciple_bot, yang dapat dicoba melalui Telegram App.

Try it: @disciple_bot via Telegram (Android, iOS, Windows Phone) atau lewat mobile web

Selengkapnya

2. Best Overall Started Before Hackathon: Proyek Cell

Cell adalah aplikasi untuk mengorganisir informasi di dalam suatu kelompok sel (komsel), dengan fitur-fiturnya yang didesain khusus untuk mengakomodasi kebutuhan dari komsel-komsel .... Aplikasi ini memiliki fitur seperti Timeline, Chatroom, Poll, Calendar, File sharing, Gallery, dan Payment organizer. Selain itu, app ini juga memfasilitasi komsel yang ingin digabungkan maupun dipisah.

Download prototype APK: http://bit.ly/C4TK-CELL

Selengkapnya

3. Best Overall Started At Hackathon: Proyek OSAD

OSAD adalah aplikasi proyek sosial yang bertujuan untuk mendorong orang Kristen melakukan setidaknya satu perbuatan baik dalam seminggu sebagai tantangan. Pengguna akan mendapatkan nilai yang dapat disumbangkan untuk kegiatan Corporate Social Responsibility bagi setiap tantangan yang selesai.

Selengkapnya

4. People's Choice: Proyek PUTIK

PUTIK adalah sebuah aplikasi untuk streaming musik Kristen yang dirancang untuk individual, kelompok sel, maupun gereja, khususnya mempersiapkan daftar puji-pujian dengan menyediakan suatu direktori musik yang dapat digunakan dalam persekutuan. Banyak fitur yang tersedia di app ini, antara lain custom playlist, perpustakaan lagu, song recognition, lirik, dan kord lagu ....

Prototype: http://getputik.com/

Selengkapnya

ARTIKEL+

 

Rencana Tuhan yang Indah Dalam Code for the Kingdom 2016 di Jakarta

Oleh: Liza

Rencana Tuhan yang Indah dalam C4TK 2016 di Jakarta

Pada tanggal 21 -- 23 Oktober 2016, tim SABDA mengikuti Hackathon Code for the Kingdom di Jakarta. Bersyukur karena ini kali kedua SABDA mengikuti acara ini. Untuk saya pribadi, ini adalah kali pertama saya mengikutinya. Saya senang dan bersyukur diberi kesempatan untuk ikut. Tahun ini, ada 7 orang yang mewakili SABDA, yaitu saya dan Bara (mengerjakan proyek DOA bersama tim 1000 Prayers), Hadi dan Benny (mengerjakan proyek Alkitab Yang Hidup, yang akhirnya diberi nama proyek D'Scipe), Teddy dan Jaya (mengerjakan proyek Hari Ini Bersama Tuhan, yang akhirnya diberi nama proyek TUDÉ), dan Ibu Yulia (sebagai presentator proyek utama dari SABDA dan mentor untuk pelayanan digital). Beberapa teman SABDA yang berada di sekitar Jakarta juga hadir untuk mendukung kami, salah satunya Pak Jeffrey, yang terlibat dalam proyek Tude. Acara ini dihadiri lebih dari 150 orang dari berbagai kota, Surabaya, Jakarta, Bandung, Solo, Makassar, dan Papua ....

Pada acara ini, ada tiga peran yang bisa dipilih oleh setiap peserta yang datang. Pertama, Hacker, yaitu para programmer, yang diharapkan memiliki kemampuan coding dan programming, baik kemampuan di bidang desktop, web, maupun mobile developer. Kedua, Hipster, yaitu grafis designer, dengan kemampuan untuk mendesain UI/UX yang menarik. Terakhir adalah Hustler, yaitu project manager dari tiap tim, kemampuan yang harus dimiliki adalah berkomunikasi dengan baik dan mengatur (manage) tim. Selanjutnya, tiap orang diberi kesempatan untuk mencari anggota atau memilih orang untuk masuk ke timnya .... Pada hari terakhir, presentasi final hanya ada 20 proyek dari 36 proyek yang dipresentasikan sebelumnya. Jadi, ada proyek-proyek yang batal dikerjakan. Salah satu faktor adalah kurangnya anggota dan akhirnya memilih untuk bergabung dengan tim lain. Para juri di acara ini adalah lima orang hebat. Mereka sudah menjadi berkat di bidangnya masing-masing, yaitu Ps. Sidney Mohede (penyanyi sekaligus pastor di JPCC), George Hendrata (dari Endeavor Indonesia dan Djarum Group), Wendy Phodi (dari YesHeIs dan CV Global), John Drexler (dari Sovereign's Capital), dan William Eka (dari Skystar Capital) .... Bersyukur sekali, proyek D'scipe, yang dikerjakan oleh tim SABDA bekerja sama dengan Handrich, Christel, dan Ivan, mendapat penghargaan Best Ideation Only Project.

Selama acara ini, saya belajar banyak hal, seperti bagaimana mengolaborasikan ide yang kita miliki/rencanakan dengan ide orang lain yang mirip atau bahkan berbeda. Selain itu, saya diingatkan kembali bahwa rencana Tuhan benar-benar "unpredictable". Rencana saya belum tentu sama dengan rencana Tuhan. Namun, rencana Tuhan pasti yang terbaik bagi setiap orang yang percaya kepada-Nya. Sungguh, suatu pengalaman yang tak terkatakan pula bisa bertemu dengan orang-orang yang rindu memberikan yang terbaik untuk Tuhan melalui talenta mereka di bidang teknologi.

Selengkapnya