Apps4God

IT-4-GOD Edisi 15 | September 2017
ICD Watch : Penulisan Kristen -- Ulasan Bahan-Bahan
APPPS Live : App-✞alks: Diskusi: Pelayanan Digital Melalui Media Video
App-✞alks: Sharing tentang Gereja dan Teknologi
Digi Min : Empat Cara Mudah Membuat Tayangan Video di Facebook
[IT-4-GOD] Edisi 15 - September 2017
EDITORIAL

Shalom,

Penjangkauan jiwa-jiwa bagi Kristus menuntut cara-cara yang kreatif. Artinya, kita perlu menggunakan metode apa pun yang tersedia, kapan pun waktunya, untuk memberitakan Injil kepada siapa pun. Berkat teknologi digital dan internet, kemungkinan untuk penjangkauan kreatif menjadi tidak terbatas. Kita bisa menulis tentang Kabar Baik dan mem-posting-nya di blog atau media sosial, seperti Facebook (lihat edisi sebelumnya). Kita bisa menggunakan desain grafis untuk membuat dan membagikan berbagai pesan atau kutipan yang bisa memberkati dan memotivasi orang lain. Atau, dengan mengikuti tren yang sedang berkembang saat ini, kita juga bisa mengemas pesan kita dalam bentuk audiovisual (video).

Edisi IT-4-GOD kali ini menyajikan lebih banyak referensi untuk menolong Sahabat mengerjakan pelayanan digital sesuai bidang pilihan masing-masing. Kiranya sajian kali ini bisa mendukung Sahabat IT-4-GOD untuk memberikan yang terbaik bagi kemuliaan Tuhan dalam pelayanan Anda, entah itu dalam bidang penulisan Kristen maupun pembuatan konten multimedia alkitabiah.

In Christ,

# Staf Redaksi IT-4-GOD, Odysius
 

INDONESIAN CHRISTIAN DIGITAL WATCH (ICDW)

Penulisan Kristen -- Ulasan Bahan-Bahan

Membagikan Kabar Baik dan prinsip-prinsip kekristenan kepada orang lain tidak selalu harus melalui komunikasi verbal. Kita juga bisa membagikannya melalui karya tulis, blog, atau posting-an di media sosial. Akan tetapi, agar tulisan kita bisa menjadi saluran berkat bagi orang lain, tentunya kita perlu belajar bagaimana membuat tulisan yang menarik dan dapat menjangkau orang untuk mengenal Kristus. Untuk itu, kami mengulas beberapa sumber digital seputar dunia penulisan Kristen yang kiranya bisa memperlengkapi Sahabat untuk melayani melalui bidang penulisan.

1. Publikasi e-Penulis

Publikasi e-Penulis adalah publikasi elektronik yang menyajikan artikel seputar dunia penulisan, pelayanan literatur Kristen, tip tentang keterampilan tulis-menulis, dan juga analisis bahasa. Melalui publikasi ini, Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) rindu untuk mengambil bagian membekali para penulis Kristen supaya mereka dapat menjadi berkat bagi sesama dan dapat memuliakan Tuhan melalui karya tulisan mereka. Publikasi ini terbit satu bulan sekali dan dikirimkan melalui email secara GRATIS. Untuk berlangganan, silakan kirimkan email ke subscribe-i-kan-penulis@hub.xc.org. Tersedia pula situs Pelitaku, yang di dalamnya juga terdapat bahan-bahan dari publikasi e-Penulis yang telah dikategorikan sehingga memudahkan pengunjung situs. Di situs ini tersedia juga forum diskusi untuk bisa berdiskusi seputar kepenulisan. Selain melalui media email dan situs, Anda juga bisa mendapatkan bahan-bahan e-Penulis lewat Aplikasi Publikasi SABDA. Aplikasi ini berisi tulisan-tulisan Kristen dari 21 publikasi yang diterbitkan oleh YLSA. Silakan mengunduh secara GRATIS di Play Store. Semoga bermanfaat.

Publikasi e-Penulis Situs Pelitaku Aplikasi Publikasi SABDA

2. Situs Christian Writing Today

Situs Christian Writing Today adalah situs yang dibangun dengan tujuan untuk menyebarkan nilai-nilai kekristenan melalui karya tulis dan menjangkau beragam pembaca dari berbagai latar belakang dalam konteks yang mereka mengerti. Melalui situs ini, Anda akan mendapatkan banyak materi seputar dunia kepenulisan Kristen, di antaranya berita terbaru seputar tren kepenulisan, teknik dan gaya hidup menulis, penerbitan mandiri, inspirasi, ulasan buku-buku Kristen, dan bahan-bahan kepenulisan Kristen. Situs ini cocok sekali untuk Anda yang ingin membuat sebuah karya tulis Kristen mulai dari nol hingga dipublikasikan kepada masyarakat umum. Semua bahan itu bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui menu-menu utama yang terletak di bagian header. Selamat berkunjung dan memperbanyak referensi Anda tentang dunia literatur Kristen.

Situs Christian Writing Today

Selain melalui sumber-sumber di atas, Anda juga bisa mengunjungi beberapa sumber dan komunitas seputar kepenulisan Kristen berikut ini.

  1. Bahan presentasi:
  2. Komunitas Kristen untuk berlatih menulis:
  3. Situs-situs kepenulisan Kristen [Inggris]:
 

APPPS LIVE

App-alks: Diskusi: Pelayanan Digital Melalui Media Video

Pengguna internet di Indonesia maupun seluruh dunia makin banyak menghabiskan datanya untuk menonton video. Tren ini diprediksi terus meningkat hingga 2022.

"Pada 2016, 50 persen trafik data berasal dari video, sedangkan pada 2022, 75 persen konsumsi data berasal dari video," kata Ronni Nurmal, Vice President, Head of Network Product Unit Ericsson Indonesia & Timor Leste.

Selengkapnya: Video Diprediksi Sumbang 75 Persen Trafik Data pada 2022

(Sumber: http://tekno.liputan6.com/.../video-diprediksi-sumbang-75-persen-trafik-data-pada-2022)

Dari fakta di atas, kita disadarkan bahwa media video sudah dan akan menjadi media yang paling strategis untuk menjangkau orang-orang, terutama mereka para generasi digital native yang juga disebut generasi multimedia. Pertanyaannya, apakah kita, orang-orang percaya dan gereja, sudah siap dan memperlengkapi diri untuk menciptakan video-video yang dapat dipakai untuk menjangkau mereka? Langkah apa yang bisa dikerjakan untuk menjangkau mereka melalui multimedia? Gagasan-gagasan seperti apa yang bisa kita bagikan dalam media video yang akan kita ciptakan? Berikut ini adalah beberapa pendapat Sahabat Apps4God.

"Memang tidak bisa dimungkiri dampak media video. Namun, pengamatan saya sejauh ini biasanya yang booming adalah video yang viral atau Insta Story. Tidak jarang, kuota terpakai habis untuk menilik Insta Story orang lain. Sesungguhnya, era Insta Story menurut saya bisa digunakan untuk menjangkau generasi digital. Tentunya, kontennya harus berdasarkan Alkitab, tetapi kemasannya sesuai dengan era masa kini."

Amidya Tri Agusti

"Saat ini, video bernuansa kristiani sangat sedikit. Kita kurang banyak menciptakan video di kalangan kita sendiri. Saya adalah pendeta di desa kecil. Karena tingkat pendidikan jemaat rendah, maka cara saya untuk menarik minat anggota jemaat adalah menampilkan video-video ilustrasi. Namun, saat dicari di YouTube atau media lain, sangat miskin sekali video bernuansa Kristen. Kadang, saya membuat sendiri dengan edit seadanya atau malah membuat video iklan-iklan sekuler sebagai ilustrasi."

Erwin Panggabean

Bagaimana dengan pembaca setia IT-4-GOD? Mari bagikan ide dan pendapat Sahabat dalam komunitas Apps4God!

Komunitas Apps4God

Sehubungan dengan video Kristen yang kreatif, SabdaSpace mengadakan lomba membuat vlog dengan tema "Masa Depan Blog?". Saat ini sudah terkumpul tujuh vlog yang pemenangnya akan kami umumkan pula dalam IT-4-GOD mendatang.


App-alks: Sharing tentang Gereja dan Teknologi

Redaksi mengucap syukur karena semakin banyak orang telah menangkap visi pelayanan IT-4-GOD. Berikut ini adalah sharing dari Dee Clarista yang kiranya bisa menguatkan dan memotivasi Sahabat semua untuk semakin menghidupi visi IT-4-GOD, yaitu semakin banyak orang yang menggunakan teknologi bagi kemuliaan Allah dan perluasan Kerajaan-Nya.

"Di tengah zaman modern ini, gereja harus tetap kokoh mengomunikasikan pesan Injil. Batu karang gereja adalah pesan Injil. Metode bisa berubah (harus berubah), tetapi berita Injil tidak berubah, jangan terbalik. Jika gereja tidak mau mengubah metode, tetapi mengganti pesan Injil, maka gereja tidak berdiri di atas batu karang.

Salah satu caranya, misalnya, memberitakan Injil melalui media. Gunakan multimedia dan tidak anti terhadap perkembangan teknologi, belajar gunakan PowerPoint secara kreatif, jangan melulu 'point-point tanpa power'.

Jadilah gereja yang kreatif, dinamis, dan menarik, tetapi tetap teguh di atas batu karang. Bukan jadi gereja yang kelihatan baik, tetapi sesungguhnya tidak memiliki kehidupan di dalamnya."

#Happy sunday
#Thanks God

Dee Clarista

Bagaimana dengan Sahabat yang lain? Apakah Sahabat punya cerita atau pendapat yang ingin dibagikan sehubungan dengan pelayanan pada era digital? Mari berbagi bersama dalam komunitas Apps4God.

Komunitas Apps4God
 

DIGITAL MINISTRY

Empat Cara Mudah Membuat Tayangan Video di Facebook

Ada begitu banyak pilihan ketika berbicara tentang dunia pembuatan konten. Bagi para hamba Tuhan, mencoba mencari tahu, bahkan dari mana harus memulai, bisa menjadi tugas yang menakutkan. Mungkin beberapa hamba Tuhan merasa tidak punya banyak waktu yang bisa dipakai untuk membuat video dokumenter yang panjang atau mendesain infografis yang rumit. Namun, membuat konten seharusnya tidak perlu menjadi proses yang sedemikian menakutkan.

Sebagai murid Kristus, kita memiliki pesan yang paling penting untuk dibagikan. Karena itu, kita perlu memakai setiap kesempatan untuk bisa membagikannya. Jadi, memang kualitas itu penting, tetapi tidak berarti apa yang kita bagikan harus sebagus karya da Vinci. Sering kali, semakin sederhana konten Anda, semakin relevan dengan komunitas Anda. Berikut ini ada empat cara mudah untuk memasang konten di Facebook dengan menggunakan video.

  1. Merekam Renungan Pagi
  2. Tayangan Tanya-Jawab Langsung dengan Pendeta
  3. Membagikan Kisah Hidup Jemaat
  4. Mem-posting Cuplikan Khotbah Minggu Lalu
Selengkapnya: Empat Cara Mudah Membuat Tayangan Video di Facebook
Diterjemahkan dari:
Nama situs : Concordia Technology Solutions
Alamat situs : https://www.concordiatechnology.org/blog/2017/02/4-easy-ways-to-use-video-on-social-media
Judul asli artikel : 4 Easy Ways to Use Video on Facebook
Penulis artikel : Andrew Osborne
Tanggal akses : 22 Mei 2017