Apps4God

App-✞alks: Diskusi: Hubungan Kita dengan Firman Tuhan dan Teknologi

Submitted by admin on Fri, 06/16/2017 - 12:00
Bagaimana hubungan orang percaya Indonesia dengan firman Tuhan saat ini? Apakah alat-alat teknologi menolong kita membaca dan mendalami firman Tuhan secara disiplin? Berikut ini adalah beberapa tanggapan dan pendapat dari anggota komunitas #Ayo_PA! terhadap isu tersebut.

App-✞alks: Diskusi Pemanfaatkan Big Data dalam Pelayanan

Submitted by admin on Fri, 05/26/2017 - 12:00
Kini, kita hidup di dunia dalam big data. Informasi dan aktivitas yang kita lakukan dalam sistem internet terekam menjadi rekaman pola perilaku kita, dan diolah menjadi informasi yang menolong pengambilan keputusan sesuai minat kita. Pemanfaatan big data di Indonesia, yang menonjol sejauh ini tampak pada bidang perdagangan elektronik (e-commerce). Namun, sebenarnya big data amat bisa dioptimalkan untuk memecahkan masalah dalam berbagai bidang lain, seperti: pertanian, pendidikan, kesehatan, pemerintahan, tidak terkecuali dalam pelayanan dan gereja. Dengan dukungan data, pengambilan keputusan bisa lebih akurat dan berdasar, bukan sekadar kira-kira atau mengandalkan perasaan.

App-✞alks: Diskusi: Menyikapi Dukungan Pemerintah dalam Teknologi

Submitted by admin on Fri, 05/12/2017 - 12:00
Pada 8 Mei 2017, komunitas Apps4God membagikan sebuah posting dari halaman Facebook Presiden Joko Widodo yang berisi foto diri beliau bersama Bpk. B.J. Habibie. Dari posting ini, kita bisa melihat bahwa pemerintah makin melihat kepentingan teknologi. Pintu kesempatan terbuka lebar. Namun, bukan hanya untuk kepentingan pribadi, terlebih bagi kemuliaan Tuhan. Berikut ini adalah tanggapan yang diberikan oleh beberapa anggota komunitas Apps4God mengenai hal ini.

App-✞alks: Melayani Kerajaan Allah Melalui Proyek Apps Publikasi SABDA

Submitted by admin on Fri, 05/12/2017 - 12:00

Sebelumnya, kita telah mengenal satu produk baru yang diluncurkan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA), yaitu apps Publikasi SABDA. Kali ini, kita akan berkenalan dengan salah seorang yang ikut berkontribusi dalam pengerjaan proyek tersebut. Beliau adalah Jeffrey Lim, programmer tim ITS YLSA yang telah menjadi bagian dalam komunitas Apps4God.

App-✞alks: Kesaksian Pdt. Erwin Panggabean: Pelayanan Teknologi bagi Anak-Anak di Gereja

Submitted by admin on Mon, 03/20/2017 - 12:00
Puji Tuhan, redaksi IT-4-GOD bersyukur untuk kesaksian Pdt. Erwin Panggabean, HKBP Hutagodang, Labuhanbatu Selatan, tentang gerejanya yang menyadari kepentingan teknologi pada era digital ini.

App-✞alks: Diskusi: Apakah Jemaat Baca Alkitab, Sebanyak Memeriksa Ponsel?

Submitted by admin on Fri, 03/17/2017 - 12:00
Dalam misa Minggu pertama pra-Paskah yang digelar di alun-alun St. Petrus, Vatikan, Paus Fransiskus mendorong umat Katolik untuk memperlakukan Alkitab mereka sebagaimana mereka memperlakukan ponsel yang selalu dibawa ke mana pun dan kerap diperiksa sepanjang hari. Kemudian, Paus mengajukan pertanyaan yang tak terduga kepada jemaat, “Apa yang akan terjadi kalau kita memperlakukan Alkitab sebagaimana kita memperlakukan ponsel kita? Kalau kita selalu membawa Alkitab, setidaknya Alkitab berukuran kecil, apa yang akan terjadi?”

App-✞alks: Diskusi untuk Menyiasati Dampak Negatif Teknologi

Submitted by admin on Wed, 03/15/2017 - 12:00
Kita percaya bahwa teknologi adalah baik dan bisa kita pakai untuk memuliakan Tuhan. Namun kita pun perlu menyadari bahwa teknologi pun bisa dipakai untuk berbuat dosa dan merugikan orang lain. Seperti halnya yang kini marak terjadi di Indonesia: penyebaran berita tidak benar (hoax), penipuan via online, dan munculnya berbagai kecanduan seperti kecanduan Game Online, Screen Addicted, Nomophobia, dan masih banyak lagi.

App-✞alks: Memprogram bagi Kerajaan (Allah)

Submitted by admin on Fri, 03/10/2017 - 12:00
Pada awal Maret 2017, salah satu Sahabat Apps4God, Sdr. Yanadi Sutan Gading, membagikan sebuah tautan di kronologi Facebook Apps4God. Tautan yang berjudul Coding for the Kingdom tersebut adalah hasil wawancara antara tim The Gospel Coalition dan Adam Murray, pengembang web senior di World Vision (organisasi nirlaba yang bergerak di bidang pemberdayaan anak - Red.).