Apps4God

IT-4-GOD Edisi 12 | Juli 2017
ICD Watch : Bahan Presentasi Pengaruh Media Digital
APPPS Live : App-✞alks: Campaign #IT4GOD dalam Rangka Ulang Tahun Apps4God
App-✞alks: "Hadiah" Ulang Tahun Apps4God dalam IMAGOHACK7
App-✞ech: Liputan IMAGOHACK7
Digi Min : Empat Ayat Alkitab yang Mendorong Teknologi dalam Pelayanan
[IT-4-GOD] Edisi 12 - Juli 2017
EDITORIAL

Tanggal 23 Juli 2017 menandai dua tahun pelayanan Apps4God bagi masyarakat Kristen di Indonesia. Bersyukur karena selama dua tahun terakhir, Apps4God bisa mendukung pelayanan tubuh Kristus dengan menyajikan info-info seputar teknologi terkini serta penggunaannya untuk gereja/jemaat Tuhan dan untuk kemuliaan Tuhan. Semuanya itu hanya dimungkinkan oleh kasih anugerah Tuhan dan dukungan dari rekan-rekan sekalian. Kiranya Apps4God bisa terus mengikuti pesatnya kemajuan teknologi dan semakin bisa memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat Kristen di Indonesia.

Edisi IT-4-GOD kali ini secara khusus akan berbagi cerita perayaan ulang tahun ke-2 gerakan App4God yang dilaksanakan dalam bentuk campaign #IT4GOD untuk membakar semangat anggota Apps4God dalam pergerakan teknologi bagi Tuhan. Ikutilah liputan acara hackathon IMAGOHACK7, sharing para peserta, serta hadiah spesial untuk ulang tahun Apps4God dalam acara tersebut. Untuk menambah wawasan tentang bagaimana seharusnya orang percaya menggunakan media digital, simak pula ulasan kami tentang dua presentasi bertema Pengaruh Media Digital di kolom ICDW. Atau barangkali masih ada di antara kita yang belum yakin apakah kita harus memanfaatkan teknologi dalam pelayanan, bacalah ayat-ayat Alkitab yang mendukung gagasan ini dalam artikel berjudul Empat Ayat Alkitab yang Mendorong Teknologi dalam Pelayanan di kolom Digital Ministry. Kiranya bahan-bahan ini bisa memberkati Sahabat sekalian.

Selamat menikmati sajian kami. Tuhan Yesus memberkati.

In Christ,

Odysius Staf Redaksi IT-4-GOD, Odysius
 

INDONESIAN CHRISTIAN DIGITAL WATCH (ICDW)

Bahan Presentasi Pengaruh Media Digital

Pada era digital ini, media digital telah sangat dimungkinkan untuk menjadi sarana pendukung pertumbuhan rohani dan pelebaran Kerajaan Allah. Namun demikian, media digital juga dapat menghadirkan rangkaian dampak negatif jika tidak digunakan dengan bijak. Pada kesempatan ini, redaksi mengulas dua bahan presentasi yang membahas baik buruknya penggunaan media digital, dan bagaimana seharusnya kita, sebagai orang percaya, memandang kemajuan teknologi ini. Kiranya bermanfaat dan bisa dipakai sebagai bahan dalam pelayanan Sahabat.

1. Presentasi "Media Digital: Kawan atau Lawan?"

CAPTION/DESKRIPSI GAMBAR

Slide berjudul Media Digital: Kawan atau Lawan? ini dibagikan oleh Yayasan Lembaga SABDA (YLSA) untuk memaparkan tantangan penggunaan media digital bagi orang percaya. Seluruh presentasi berjumlah 66 slide. Materi-materi awal lebih banyak berisi tentang kelebihan dan juga risiko penggunaan media digital. Sementara materi berikutnya menjelaskan tentang pandangan alkitabiah terhadap teknologi, dan bagaimana seharusnya respons kita terhadap media digital dalam konteks pengabaran Injil. Sahabat bisa menyimak materi ini secara daring atau mengunggahnya secara GRATIS dengan terlebih dahulu membuat akun di situs SlideShare.

Presentasi "Media Digital: Kawan atau Lawan?"

2. Presentasi "Manfaat dan Bahaya Media Digital"

CAPTION/DESKRIPSI GAMBAR

Sesuai dengan judulnya, bahan PPT ini mengulas manfaat dan bahaya penggunaan media digital, dan dibuat sebagai salah satu materi presentasi dari kampanye #Ayo_PA! yang dicetuskan oleh YLSA. Bahan ini sangat simpel karena hanya terdiri dari 18 slide. Anda akan dipandu mulai dari memahami definisi media digital, profil generasi pengguna teknologi, hingga masuk ke konten utama. Kemudian, ditutup dengan quote-quote menarik mengenai penggunaan teknologi bagi pertumbuhan iman. Walaupun materinya sedikit, pemaparannya cukup jelas dan padat sehingga cocok untuk Anda yang ingin mendapatkan pemahaman secara cepat. Anda juga bisa membagikan materi ini kepada teman-teman Sahabat dengan mengeklik tombol Share di atas logo SABDA.

Presentasi "Manfaat dan Bahaya Media Digital"

Selain dua presentasi di atas, Sahabat juga bisa memanfaatkan beberapa presentasi berikut:

 

APPPS LIVE

App-alks: Campaign #IT4GOD dalam Rangka Ulang Tahun Apps4God

CAPTION/DESKRIPSI GAMBAR

Bulan Juli adalah bulan spesial bagi gerakan Apps4God karena pelayanan Apps4God berulang tahun. Dan, tahun 2017 ini, Apps4God menginjak usia yang kedua, tepatnya pada 23 Juli 2017. Pada perayaan tahun sebelumnya, tim Apps4God membuat video pendek berisi pelayanan Apps4God dan ucapan yang diberikan oleh sahabat Apps4God. Terinspirasi dari campaign yang dilakukan Presiden Jokowi pada pekan Pancasila, kali ini Apps4God mengadakan campaign dengan mengajak Sahabat App4God membuat status atau posting di media sosial (Facebook, Twitter, dan Instagram) dengan tagar #IT4GOD. Bersyukur karena campaign yang dilaksanakan selama 17 -- 23 Juli 2017 ini berjalan sukses dan berhasil menyulut api semangat Sahabat Apps4God untuk dengan berani mendeklarasikan dukungan mereka terhadap visi pelayanan Apps4God, Teknologi bagi kemuliaan Tuhan atau IT4God. Berikut adalah beberapa posting yang dikirimkan oleh Sahabat Apps4God.

"Banyak keluhan bahwa orangtua lebih memperhatikan gadget daripada anak sendiri apalagi terhadap orang lain. Namun, dengan memanfaatkan teknologi informasi secara bertanggung jawab apalagi untuk memperbanyak pengetahuan dan pemahaman tentang firman Tuhan, dipastikan bahwa relasi orangtua dan anak-anaknya akan semakin kuat karena dilandasi dengan pemahaman firman Tuhan yang benar. Demikian juga relasi dengan sesama pasti akan semakin baik. #IT4GOD."

Hijayas Uthan Mode

"Tuhan mengizinkan kita untuk hidup pada era teknologi. Jadikan teknologi dan media sosial untuk memuliakan, memberitakan betapa Tuhan Yesus baik, dan Ia berdaulat atas kehidupan umat manusia. #IT4GOD."

John Ardi

"Mempelajari Alkitab tak lagi membutuhkan setumpuk buku tebal nan mahal. Hanya dengan satu gadget, kita dapat membuka beragam versi terjemahan Alkitab, tafsiran, kamus, leksikon, peta, renungan, dll.. GRATIS!!! Selamat ultah #Apps4God #IT4GOD #sabda."

Andreas Agus Budijanto

Masih banyak lagi kiriman yang sangat memberkati dari Sahabat Apps4God. Silakan menyimaknya di komunitas Apps4God.

Komunitas Apps4God

App-alks: "Hadiah" Ulang Tahun Apps4God dalam IMAGOHACK7

CAPTION/DESKRIPSI GAMBAR

Dalam dua tahun pelayanan Apps4God, kami bersyukur karena ada banyak kesempatan yang Tuhan bukakan untuk mewartakan tentang IT4GOD bersama Sahabat dan mitra pelayanan Apps4God. Puji Tuhan! Pada ulang tahun yang kedua ini, ada hadiah untuk Apps4God yang sungguh mendorong kami makin giat menyuarakan IT4GOD agar melaluinya kebenaran firman Tuhan dapat hadir dan hidup bagi lebih banyak orang. Apakah itu?

Dalam event IMAGOHACK7 pada 7 -- 9 Juli 2017 (lihat liputan dalam tulisan selanjutnya), mitra pelayanan Apps4God, yaitu SABDA, mengutus Jeffrey Liem untuk mengikuti acara tersebut. Dua minggu sebelum acara ini dimulai, kami sudah menyiapkan proyek untuk lebih dimatangkan dalam event ini. Proyek tersebut adalah Talk 2 Me Bible, yaitu aplikasi Android yang membacakan pasal dari Alkitab dengan perintah suara dari bahasa Indonesia dan dapat membacakan 45 versi Alkitab (sekitar 35 bahasa suku di Indonesia). Ketika Jeffrey memaparkan tentang proyek ini dalam event IMAGOHACK7, beberapa peserta memutuskan untuk berkolaborasi mengerjakannya. Selanjutnya, nama proyek ini menjadi AlkitaB BicarA (ABBA). Puji Tuhan! Kerja keras Jeffrey bersama rekan-rekan berbuah manis. Proyek ABBA meraih peringkat kedua dari tiga belas proyek yang dikerjakan selama IMAGOHACK7. Prestasi ini sungguh menggembirakan karena hal ini menunjukkan bahwa aplikasi yang konten utamanya adalah firman Tuhan mendapat perhatian yang serius dari para coaching, juri, dan peserta yang hadir. Biarlah hal ini makin memuliakan nama-Nya!

Berikut ini adalah cuplikan sharing dari Jeffrey dan Yuwono Dinata yang terlibat dalam pengembangan proyek ABBA.

"Saya sungguh bersyukur boleh menghadiri event hackhaton IMAGOHACK7 yang diselenggarakan oleh CBN (Cahaya bagi Negeri) .... Dan, 2 minggu sebelum acara ini dimulai, saya sudah menyiapkan proyek untuk lebih dimatangkan dalam event ini. Proyek yang saya sediakan adalah Talk 2 Me Bible, yaitu aplikasi Android yang membacakan pasal dari Alkitab dengan perintah suara dari bahasa Indonesia ....

Seiring dengan berjalannya waktu dan mentoring dengan beberapa mentor, nama aplikasi Talk 2 Me Bible berubah nama beberapa kali .... Akhirnya, diputuskan final namanya menjadi “ABBA”, yaitu “AlkitaB BicarA” ....

Pada Minggu, 9 Juli 2017, akhirnya semua grup harus mengumpulkan proyek mereka. Dan, tibalah penilaian juri untuk tiga belas proyek yang ada. Kemudian, akhirnya diumumkan bahwa pemenang (champion) pada IMAGOHACK7 kali ini adalah proyek yang namanya “Bloodstopper”, yaitu satu proyek aplikasi kesehatan tentang bagaimana menghentikan darah ketika ada luka. Pemenang kedua adalah proyek kami, yaitu “ABBA”. Dan, proyek yang dipilih oleh orang banyak adalah “Vocapello”, yaitu proyek aplikasi Android untuk penerjemahan banyak bahasa suku. Seorang juri memberikan satu respons dan pertanyaan yang baik, yaitu aplikasi ABBA sementara ini bersifat online streaming. Bagaimana aplikasi ini dapat dipakai di tempat-tempat yang tidak ada koneksi Internet? Dan, ini adalah PR (home work) kami untuk memikirkan secara offline streaming, misalnya dengan teknologi media server menggunakan access point device di titik-titik daerah yang memerlukannya ....

Kami juga berdoa kepada Tuhan untuk kelanjutan proyek ini. Kiranya proyek ABBA bukan prototype saja, tetapi benar-benar bisa dipakai untuk menjadi berkat bagi kemuliaan nama Tuhan. Soli Deo Gloria!" [Jeffrey Liem]

Selengkapnya

"Universitas Ciputra (UC) mengikuti IMAGOHACK7, sebuah acara hackathon yang berlangsung selama 3 hari, di mana anak-anak Tuhan berkolaborasi untuk mengaktivasi talenta-talenta di bidang kreatif, media, dan teknologi yang diselaraskan dengan nilai-nilai Kerajaan Allah untuk menjawab tantangan di 7 area kehidupan sehingga melahirkan terobosan inovatif sebagai solusi nyata dalam kehidupan masyarakat.

Peserta dari Universitas Ciputra yang berangkat adalah Ian Budi Kurniawan, Axel, Christian, Abia, Redo, Hanc Christian, David Boy Tonara, dan saya sendiri, Yuwono Marta Dinata ....

Acara ini membuka wawasan tentang bagaimana berkolaborasi dengan orang yang baru pertama kali kita temui, menghasilkan ide bersama-sama, dan memperbanyak network untuk menambah jaringan pertemanan. Acara ini juga memberikan pengalaman yang luas untuk membentuk tim yang solid dengan berbagai macam tantangannya, bersama-sama berusaha selama 36 jam -- untuk memberikan sumbangan meskipun masih kecil untuk negara dan kemuliaan Tuhan --, dan belajar untuk bagaimana membuat start up." [Yuwono Marta Dinata]

Selengkapnya

App-ech: Liputan IMAGOHACK7

Serunya IMAGOHACK7: Anak-Anak Tuhan Berkolaborasi untuk Membuat Terobosan

CAPTION/DESKRIPSI GAMBAR

Sudah saatnya anak-anak Tuhan memberi dampak dalam berbagai bidang kehidupan dengan cara yang kreatif dan inovatif, tidak lagi dibatasi oleh tembok gereja atau organisasi. Inilah yang menjadi visi lahirnya IMAGOHACK7 yang berlangsung pada 7 -- 9 Juli 2017 di kantor Kejora, Slipi.

Diikuti oleh 160 peserta dari 20 organisasi dari berbagai daerah, IMAGOHACK7 yang berkonsep hackathon ini berlangsung seru. Peserta tidak dibatasi usia. Buktinya, peserta paling muda berumur 14 tahun hingga mereka yang telah berusia di atas 50 tahun. Namun, satu hal yang menyatukan mereka adalah mereka memiliki kerinduan yang sama untuk menghasilkan sesuatu yang berdampak langsung dalam hidup banyak orang melalui karya-karya mereka. Peserta terdiri dari programmer (hacker), designer (hipster), dan para pemikir/pemberi ide (hustler).

....

Pemenang pertama adalah prototype alat untuk menghentikan pendarahan bernama Bloodstoper, runner up adalah aplikasi Alkitab suara untuk orang berkebutuhan khusus yang diberi nama ABBA. Sebagai pemenang favorit berdasarkan pilihan peserta adalah Vocapello, yaitu aplikasi permainan edukatif untuk belajar bahasa daerah.

Wow, keren bukan? Ternyata, ada banyak anak Tuhan yang bertalenta dan ketika berkolaborasi bisa menghasilkan sebuah karya yang luar biasa dan berdampak. Kalau Anda juga mau bergabung dengan komunitas IMAGOHACK7, masih ada kesempatan loh. Ikuti IMAGO Conference yang akan diadakan pada Kamis, 24 Agustus 2017, di Nafiri Convention Hall, Central Park, Jakarta. Untuk melakukan pendaftaran, kamu dapat langsung mengunjungi website www.imagoplanet.com sekarang juga!

Selengkapnya
Diambil dan diedit dari:
Nama situs : Jawaban.com
Alamat situs : https://www.jawaban.com/.../serunya_imagohack7_saat_anak-anak_tuhan_kaloborasi_untuk_bikin_terobosan
Judul asli artikel : Serunya IMAGOHACK7 Saat Anak-anak Tuhan Kaloborasi untuk Bikin Terobosan
Penulis artikel : Puji Astuti
Tanggal akses : 20 Juli 2017
 

DIGITAL MINISTRY

Empat Ayat Alkitab yang Mendorong Teknologi dalam Pelayanan

CAPTION/DESKRIPSI GAMBAR

Hubungan antara pelayanan dan teknologi tidak bisa langsung terlihat. Bahkan, bisa mudah sekali dipertanyakan apakah teknologi memiliki tempat di gereja. Bagaimanapun, saat pelayanan-pelayanan di berbagai negeri terus memakai berbagai macam teknologi dalam pekerjaan mereka sehari-hari, semakin besar kebutuhan untuk melihat apa yang dikatakan firman Tuhan tentang pemakaian teknologi dalam pelayanan.

Di bawah ini, empat ayat Alkitab yang mendorong teknologi dalam pelayanan.

  1. Lukas 8:1-11 -- Teknologi menolong kita untuk menyebarkan pesan Kristus kepada sebanyak mungkin orang.
  2. Roma 10:14-15 -- Kemajuan teknologi membuka jalur-jalur komunikasi lain, yang bisa kita gunakan untuk menyebarkan firman Tuhan.
  3. Matius 28:16-20 -- Teknologi menolong kita dalam menjalani panggilan kita untuk memperluas pesan (Injil).
  4. 1 Korintus 12:21 -- Sebagai tubuh Kristus, kita dapat memanfaatkan kemajuan-kemajuan baru (teknologi) untuk menjangkau lebih banyak jiwa.
Empat Ayat Alkitab yang Mendorong Teknologi dalam Pelayanan